Surat As-Saffat Ayat 83

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

۞ وَإِنَّ مِن شِيعَتِهِۦ لَإِبْرَٰهِيمَ

Arab-Latin: Wa inna min syī'atihī la`ibrāhīm

Artinya: Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh).

« As-Saffat 82As-Saffat 84 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Berkaitan Surat As-Saffat Ayat 83

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 83 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir penting dari ayat ini. Ada aneka ragam penjabaran dari kalangan ahli tafsir terhadap kandungan surat As-Saffat ayat 83, misalnya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

83-87 Diantara pengikut nuh yang berjalan diatas manhaj dan agamanya adalah nabiyullah Ibrahim, saat dia datang kepada tuhannya dengan membawa hati yang bersih dari segala akidah sesat dan akhlak tercela saat dia berkata kepada bapaknya dan kaumnya dengan penuh pengingkaran “apa yang kalian sebah selain Allah itu? apakah kalian ingin menyembah tuhan-tuhan buatan dan meninggalkan ibadah kepada Allah yang berhak untuk disembah semata? lalu apa dugaan kalian terhadap apa yang akan dilakukan oleh raabbul alamin bila kalian menyekutukannNya dengan menyembah selainNya?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

83-84. Dan orang yang termasuk penolong Nabi Nuh atas agamanya adalah Nabi Ibrahim, ketika dia datang dan memenuhi seruan Allah dengan hati yang bersih dan suci dari segala kepercayaan batil dan akhlak tercela.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

83. Sesungguhnya Ibrahim termasuk seagama dengan Nuh yang sejalan dengannya dalam menyerukan pengesaan Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

83. وَإِنَّ مِن شِيعَتِهِۦ لَإِبْرٰهِيمَ (Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh))
Yakni Ibrahim termasuk pemeluk agamanya serta sama-sama menjalankan dakwah kepada Allah serta mengajak kepada keimanan dan mengesakan-Nya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

83. Sesungguhnya di antara orang yang mengikuti jalannya, memiliki dasar agama, keimanan dan ilmu tauhid yang sama, yaitu Ibrahim AS, sang sahabat.


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

83-84. Maksudnya, sesungguhnya termasuk golongan Nabi Nuh, dan orang yang sejalan dengannya dalam kenabian, kerasulan, menyeru manusia kepada Allah, dan dikabulkan doanya, adalah Nabi Ibrahim al-Khalil, “ketika datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci,” dari syirik, syubhat, dan syahwat yang merupakan penghalang untuk memandang yang haq dan mengamalkannya. Apabila hati seorang manusia sudah suci, maka ia suci (selamat) dari segala keburukan dan ia pun pasti meraih segala kebaikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-87
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongannya (Nuh) (83)) dia berkata yaitu termasuk pemeluk agamanya.
Mujahid berkata, berada dalam tuntunan dan sunnahnya ((Ingatlah) ketika ia datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci (84)) Al-Hasan berkata bahwa yang dimaksud adalah yang bersih dari kemusyrikan.
Firman Allah SWT: ((ingatlah) ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya, "Apakah yang kamu sembah itu?” (85)) Nabi Ibrahim mengingkari penyembahan mereka kepada berhala dan tandingan-tandingan itu. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Apakah kamu menghendaki sembahan-sembahan selain Allah dengan jalan berbohong? (86) Maka apakah anggapanmu terhadap Tuhan semesta alam? (87)) Qatadah berkata bahwa makna yang dimaksud adalah tidaklah dugaan kalian terhadap apa yang akan Dia lakukan terhadap kalian jika kalian menjumpaiNya, sedangkan kalian telah menyembah kepada selainNya?


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 83: Allah menyebutkan siapa yang mengikuti perjalanan Nuh dan menempuk jalannya dalam istiqamah dan dakwah, dia yaitu Ibrahim. Sebab ia (Ibrahim) mengikuti jalan Nuh dalam kenabian, karena Ibrahim bersungguh-sungguh (berdakwah) kepada kaumnya dan menjumpai penderitaan dan celaan sebagaimana Nuh, dan dia bersabar sebagaimana sabarnya Nuh.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maksudnya, Nabi Ibrahim ‘alaihis salam termasuk golongan Nabi Nuh ‘alaihis salam dalam keimanan kepada Allah dan pokok-pokok agama meskipun jarak zaman antara keduanya berjauhan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 83

Di antara para rasul yang kami utus kepada umat terdahulu adalah nabi ibrahim. Dan sungguh, nabi ibrahim adalah termasuk golongannya, yaitu penerus ajaran dan agama nabi nuh. 84. Nabi ibrahim adalah kekasih Allah. Ingatlah ketika dia datang kepada tuhannya dengan hati yang suci bersih dari keyakinan batil dan akhlak tercela sehingga dalam hatinya hanya ada ketaatan dan kecintaan kepada Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjelasan dari berbagai ahli tafsir terkait makna dan arti surat As-Saffat ayat 83 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk ummat. Sokonglah dakwah kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Tersering Dicari

Kami memiliki banyak topik yang tersering dicari, seperti surat/ayat: At-Taubah 122, At-Takwir, Al-Isra 26-27, Al-Hujurat 10-12, At-Taubah 105, Al-Insyiqaq. Juga Al-Baqarah 148, Ath-Thalaq 2-3, Al-Alaq 1-5, At-Tahrim 8, Al-Insyirah 8, Al-Mu’minun.

  1. At-Taubah 122
  2. At-Takwir
  3. Al-Isra 26-27
  4. Al-Hujurat 10-12
  5. At-Taubah 105
  6. Al-Insyiqaq
  7. Al-Baqarah 148
  8. Ath-Thalaq 2-3
  9. Al-Alaq 1-5
  10. At-Tahrim 8
  11. Al-Insyirah 8
  12. Al-Mu’minun

Pencarian: surat al kahfi arab saja pdf, tulisan arab al kafirun, ali 'imran 191, al-ikhlas ayat 1, an nisa ayat 36 menjelaskan tentang

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: