Surat As-Saffat Ayat 18

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُلْ نَعَمْ وَأَنتُمْ دَٰخِرُونَ

Arab-Latin: Qul na'am wa antum dākhirụn

Artinya: Katakanlah: "Ya, dan kamu akan terhina"

« As-Saffat 17As-Saffat 19 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Terkait Dengan Surat As-Saffat Ayat 18

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 18 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam kandungan menarik dari ayat ini. Didapati beragam penjelasan dari banyak mufassirun terhadap makna surat As-Saffat ayat 18, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

katakanlah kepada mereka (wahai rasul), ”ya kalian pasti dibangkitkan dalam keadaan hina dina.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

18-20. Hai Rasulullah, katakanlah kepada mereka: “Benar, kalian akan dibangkitkan setelah kematian dalam keadaan tunduk terhina. Kebangkitan kalian hanya membutuhkan satu tiupan saja dari malaikat, kemudian semua makhluk akan berdiri dan saling menatap, dan menyaksikan kengerian hari kiamat. Ketika itu mereka akan mengetahui kebenaran sesungguhnya dan mengakuinya; mereka akan berkata: “Binasa dan merugilah kita, ini merupakan hari pembalasan.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

18. Katakanlah -wahai Rasul- untuk menjawab mereka, “Benar, kalian dibangkitkan sesudah jasad kalian menjadi tanah dan tinggal tulang-tulang yang lapuk, demikian juga nenek moyang kalian terdahulu, kalian semuanya akan dibangkitkan dalam keadaan hina dina.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

18. قُلْ نَعَمْ وَأَنتُمْ دٰخِرُونَ (Katakanlah: “Ya, dan kamu akan terhina”)
Benar, kalian semua akan dibangkitkan dalam keadaan rendah dan terhina.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

17-18. Apakah bapak-bapak kami terdahulu juga akan dibangkitkan bersama kami?! Wahai Rasulallah, katakanlah kepada mereka: “Betul, kalian semua akan dibangkitkan dan kalian akan menjadi orang-orang yang kecil dan rendah”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah “Iya, dan kalian akan terhina”} rendah dan hina


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

18. Setelah sedemikian rupa puncak sikap yang mereka miliki, maka Allah memerintah RasulNya agar menjawab mereka dengan jawaban yang mengandung pemberian ancaman (menakut-nakuti) terhadap mereka, seraya berfirman, “Katakanlah, ‘Ya’,” kalian dan bapak-bapak kalian terdahulu akan dibangkitkan, “dan kamu akan terhina,” nista lagi tercela, kalian tidak bisa bertahan dan kalian tidak sulit bagi kukuasaan Allah.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-19
Allah Swt. berfirman, "Tanyakanlah kepada orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan, manakah yang lebih kuat kejadiannya, mereka ataukah langit, bumi dan segala sesuatu yang ada pada keduanya, yaitu para malaikat, setan, dan makhluk-makhluk yang besar-besar?" Ibnu Mas'ud membacanya dengan bacaan (am man adadna) karena sesungguhnya mereka mengakui bahwa semua makhluk itu lebih kuat kejadiannya daripada mereka. Apabila kenyataannya demikian, lalu mengapa mereka mengingkari hari kebangkitan? Padahal mereka menyaksikan hal-hal yang lebih besar daripada apa yang mereka ingkari?, Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar, daripada penciptaan manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui (57)) (Surah Ghafir) Kemudian Allah menjelaskan bahwa mereka diciptakan dari sesuatu yang lemah. Jadi Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dari tanah liat)
Mujahid, Sa'id bin Jubair, dan Adh-Dhahhak berkata, bahwa itu adalah tanah liat yang baik yang sebagiannya dapat disatukan dengan sebagian lain.
Ibnu Abbas dan, Ikrimah berkata bahwa itu adalah tanah liat yang licin dan baik.
Qatadah berkata bahwa itu adalah tanah liat yang menempel di tangan.
Firman Allah SWT: (Bahkan kamu menjadi heran (terhadap keingkaran mereka) dan mereka menghinakan kamu (12)) yaitu bahkan kamu wahai Muhammad merasa heran terhadap kedustaan orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan, padahal kamu percaya dan membenarkan hal-hal menakjubkan yang diberitahukan Allah SWT, yaitu kembalinyatubuh-tubuh setelah matinya. Mereka itu berbeda dengan perkaramu, karena sangat mendustakan hal itu sehingga mereka memperolok-olok apa yang kamu beritahukan kepada mereka tentang hal itu.
Qatadah berkata bahwa nabi Muhammad SAW merasa heran dan orang-orang yang tersesat menghinakannya (Dan apabila mereka melihat sesuatu tanda) yaitu dalil yang jelas yang menunjukkan kepada hal itu (mereka sangat menghinakan) Mujahid dan Qatadah berkata bahwa mereka memperolok-oloknya (Dan mereka berkata, "Ini tiada lain adalah sihir yang nyata” (15)) yaitu, sesungguhnya yang kaamu sampaikan ini tidak lain hanya sihir yang nyata ("Apakah apabila kami telah mati dan telah menjadi tanah serta menjadi tulang belulang, apakah benar-benar kami akan dibangkitkan (kembali)? (16) Dan apakah bapak-bapak kami yang terdahulu (akan dibangkitkan pula)?" (17)) Mereka menganggap mustahil dan mendustakannya (Katakanlah, "Ya, dan kamu akan terhina” (18)) yaitu, katakanlah kepada mereka, wahai Muhammad, bahwa benar kalian akan dibangkitkan pada hari kiamat setelah kalian menjadi tanah dan tulang belulang, (sedangkan saat itu kalian dalam keadaan terhina) yaitu dalam keadaan hina di bawah kekuasaan yang Maha besar, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri) (Surah An-Naml: 87) dan (Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina) (Surah Ghafir: 60)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Maka sesungguhnya kebangkitan itu hanya dengan satu teriakan saja; maka tiba-tiba mereka melihatnya (19)) yaitu sesungguhnya hal itu hanya satu perintah dari Allah SWT. Dia menyeru mereka sekali agar mereka keluar dari bumu, maka serta merta mereka berdiri di hadapanNya seraya melihat kengerian yang terjadi di hari kiamat.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 18: 18-19. Katakan kepada mereka wahai Nabi : Betul, semuanya akan dibangkitkan setelah kematian kalian dan kalian akan terhina. Ketahuilah bahwasanya hari kebangkitan yang kalian ingkari ini tidak membutuhkan secara langsung dari Allah, maka cukup dengan sekali tiupan maka kalian akan bangkit menunggu atas keputusan kalian di padang mahsyar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni kamu dan nenek moyang kamu akan dibangkitkan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 18

Wahai nabi Muhammad, katakanlah kepada mereka, 'ya, Allah akan membangkitkan seluruh umat manusia, dan kamu akan dibangkitkan di hadapan-Nya dalam keadaan rendah dan terhina. '19. Membangkitkan makhluk yang sudah mati bukanlah hal yang sulit bagi Allah. Maka sesungguhnya kebangkitan itu hanya dengan satu teriakan saja, yaitu tiupan sangkakala israfil, maka seketika itu pula mereka melihatnya. Mereka akan menyaksikan betapa dahsyat hari kiamat dan azab Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjabaran dari beragam pakar tafsir mengenai kandungan dan arti surat As-Saffat ayat 18 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi ummat. Sokonglah usaha kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Banyak Dicari

Nikmati ratusan materi yang banyak dicari, seperti surat/ayat: At-Takwir, Al-Hujurat 10-12, Ath-Thalaq 2-3, At-Taubah 105, Al-Alaq 1-5, Al-Mu’minun. Ada juga Al-Baqarah 148, At-Tahrim 8, Al-Insyirah 8, Al-Insyiqaq, At-Taubah 122, Al-Isra 26-27.

  1. At-Takwir
  2. Al-Hujurat 10-12
  3. Ath-Thalaq 2-3
  4. At-Taubah 105
  5. Al-Alaq 1-5
  6. Al-Mu’minun
  7. Al-Baqarah 148
  8. At-Tahrim 8
  9. Al-Insyirah 8
  10. Al-Insyiqaq
  11. At-Taubah 122
  12. Al-Isra 26-27

Pencarian: alif mim, surat as saf, ayat al ala, barang siapa bersyukur maka akan ditambah nikmatnya, al quran surat al isra ayat 32

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: