Surat As-Saffat Ayat 14

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَإِذَا رَأَوْا۟ ءَايَةً يَسْتَسْخِرُونَ

Arab-Latin: Wa iżā ra`au āyatay yastaskhirụn

Artinya: Dan apabila mereka melihat sesuatu tanda kebesaran Allah, mereka sangat menghinakan.

« As-Saffat 13As-Saffat 15 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Terkait Dengan Surat As-Saffat Ayat 14

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 14 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasi kumpulan penjelasan dari kalangan ahli tafsir mengenai makna surat As-Saffat ayat 14, di antaranya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan apabila mereka melihat mukjizat yang membuktikan kenabianmu, mereka meperolok-oloknya dan merasasa aneh.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

14. Dan jika mereka melihat tanda kekuasaan Allah yang menakjubkan dan mukjizat yang kuat, baik itu dalam bentuk ayat qur’aniyah maupun kauniyah, yang menunjukkan kebenaran kenabian dan dakwahmu, dan kepastian datangnya hari kebangkitan; maka mereka akan sangat terheran dan mencela, bukan malah beriman dan mendapat manfaat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. Jika mereka menyaksikan satu mukjizat dari mukjizat-mukjizat Nabi -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- yang menunjukkan kebenaran beliau, mereka sangat merendahkan dan memperolok-oloknya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. وَإِذَا رَأَوْا۟ ءَايَةً (Dan apabila mereka melihat sesuatu tanda kebesaran Allah)
Yakni melihat salah satu mukjizat Rasulullah.

يَسْتَسْخِرُونَ(mereka sangat menghinakan)
Yakni benar-benar menghina.
Pendapat lain mengatakan yakni mereka mengajak orang lain untuk ikut menghina.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

14. Dan ketika mereka melihat mukjizat yang menunjukkan pada kebenaran Rasulalla SAW, mereka akan melebih-lebihkannya sebagai bentuk sindiran dan ejekan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Apabila mereka melihat suatu tanda mereka menghina} mereka berlebihan dalam menghina


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14. Dan di antara yang mengherankan juga adalah bahwa mereka apabila telah dikemukakan dalil-dalil kepada mereka dan mereka diingatkan dengan ayat-ayat yang biasanya orang-orang yang berakal dan para pakar tunduk kepadanya, maka mereka memperolok-olokkannya dan merasa heran.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-19
Allah Swt. berfirman, "Tanyakanlah kepada orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan, manakah yang lebih kuat kejadiannya, mereka ataukah langit, bumi dan segala sesuatu yang ada pada keduanya, yaitu para malaikat, setan, dan makhluk-makhluk yang besar-besar?" Ibnu Mas'ud membacanya dengan bacaan (am man adadna) karena sesungguhnya mereka mengakui bahwa semua makhluk itu lebih kuat kejadiannya daripada mereka. Apabila kenyataannya demikian, lalu mengapa mereka mengingkari hari kebangkitan? Padahal mereka menyaksikan hal-hal yang lebih besar daripada apa yang mereka ingkari?, Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar, daripada penciptaan manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui (57)) (Surah Ghafir) Kemudian Allah menjelaskan bahwa mereka diciptakan dari sesuatu yang lemah. Jadi Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dari tanah liat)
Mujahid, Sa'id bin Jubair, dan Adh-Dhahhak berkata, bahwa itu adalah tanah liat yang baik yang sebagiannya dapat disatukan dengan sebagian lain.
Ibnu Abbas dan, Ikrimah berkata bahwa itu adalah tanah liat yang licin dan baik.
Qatadah berkata bahwa itu adalah tanah liat yang menempel di tangan.
Firman Allah SWT: (Bahkan kamu menjadi heran (terhadap keingkaran mereka) dan mereka menghinakan kamu (12)) yaitu bahkan kamu wahai Muhammad merasa heran terhadap kedustaan orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan, padahal kamu percaya dan membenarkan hal-hal menakjubkan yang diberitahukan Allah SWT, yaitu kembalinyatubuh-tubuh setelah matinya. Mereka itu berbeda dengan perkaramu, karena sangat mendustakan hal itu sehingga mereka memperolok-olok apa yang kamu beritahukan kepada mereka tentang hal itu.
Qatadah berkata bahwa nabi Muhammad SAW merasa heran dan orang-orang yang tersesat menghinakannya (Dan apabila mereka melihat sesuatu tanda) yaitu dalil yang jelas yang menunjukkan kepada hal itu (mereka sangat menghinakan) Mujahid dan Qatadah berkata bahwa mereka memperolok-oloknya (Dan mereka berkata, "Ini tiada lain adalah sihir yang nyata” (15)) yaitu, sesungguhnya yang kaamu sampaikan ini tidak lain hanya sihir yang nyata ("Apakah apabila kami telah mati dan telah menjadi tanah serta menjadi tulang belulang, apakah benar-benar kami akan dibangkitkan (kembali)? (16) Dan apakah bapak-bapak kami yang terdahulu (akan dibangkitkan pula)?" (17)) Mereka menganggap mustahil dan mendustakannya (Katakanlah, "Ya, dan kamu akan terhina” (18)) yaitu, katakanlah kepada mereka, wahai Muhammad, bahwa benar kalian akan dibangkitkan pada hari kiamat setelah kalian menjadi tanah dan tulang belulang, (sedangkan saat itu kalian dalam keadaan terhina) yaitu dalam keadaan hina di bawah kekuasaan yang Maha besar, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri) (Surah An-Naml: 87) dan (Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina) (Surah Ghafir: 60)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Maka sesungguhnya kebangkitan itu hanya dengan satu teriakan saja; maka tiba-tiba mereka melihatnya (19)) yaitu sesungguhnya hal itu hanya satu perintah dari Allah SWT. Dia menyeru mereka sekali agar mereka keluar dari bumu, maka serta merta mereka berdiri di hadapanNya seraya melihat kengerian yang terjadi di hari kiamat.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 14: 12-17. Bahkan engkau juga merasa aneh wahai Nabi atas pengingkaran mereka kaummu akan kebangkitan, keanehan dari mereka yang mengolok-olokmu atas apa yang telah engkau kabarkan kepada mereka dari hari kebangkitan dan pembalasan. Maka jika engkau telah mengkabarkan kepada mereka, mereka tidak mengambil manfaat. Maka jika mereka melihat bukti-bukti kemukjizatanmu, mereka mengolok-olokmu dan sombong. Kemudian mereka berkata dengan sombong : Tidaklah yang telah datangkan darimu wahai Muhammad kecuali hanyalah sihir yang nyata. Kemudian mereka berkata mengomentari atas hari kebangkitan dan pembalasan dengan berkata : Apakah jika kami telah mati dan menjadi jasad, kemudia tinggallah tulang-belulang yang berantakan, maka apakah kami akan dibangkitan untuk kali yang lain ??, dan juga apakah bapak-bapak kami juga akan dibangkitkan yang mereka semua telah mati sebelum kami ??


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Termasuk hal yang mengherankan pula adalah ketika mereka diberitahukan dalil-dalil dan alasannya serta ditunjukkan ayat yang menunjukkan kebenarannya, namun mereka malah mengolok-oloknya.

Seperti terbelahnya bulan sebagai mukjizat bagi Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 14

Dan apabila mereka melihat suatu tanda kebesaran Allah berupa mukjizat yang diberikan kepada nabi, seperti terbelahnya rembulan dan semisalnya, mereka memperolok-olokkan-Nya. 15. Dan mereka berkata dengan nada sinis, 'wahai Muhammad, apa yang engkau tunjukkan ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penafsiran dari kalangan ahli ilmu berkaitan isi dan arti surat As-Saffat ayat 14 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk kita. Bantu kemajuan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dibaca

Kami memiliki berbagai halaman yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Insyiqaq, Al-Mu’minun, Al-Baqarah 148, Al-Insyirah 8, Al-Isra 26-27, Al-Hujurat 10-12. Ada juga At-Takwir, At-Taubah 105, At-Tahrim 8, At-Taubah 122, Ath-Thalaq 2-3, Al-Alaq 1-5.

  1. Al-Insyiqaq
  2. Al-Mu’minun
  3. Al-Baqarah 148
  4. Al-Insyirah 8
  5. Al-Isra 26-27
  6. Al-Hujurat 10-12
  7. At-Takwir
  8. At-Taubah 105
  9. At-Tahrim 8
  10. At-Taubah 122
  11. Ath-Thalaq 2-3
  12. Al-Alaq 1-5

Pencarian: ayat kursi beserta terjemahannya, surat at thaha ayat 1-8 beserta artinya, quran surah ad dhuha, alfil artinya, makna surat al maidah ayat 3

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: