Surat As-Saffat Ayat 12

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

بَلْ عَجِبْتَ وَيَسْخَرُونَ

Arab-Latin: Bal 'ajibta wa yaskharụn

Artinya: Bahkan kamu menjadi heran (terhadap keingkaran mereka) dan mereka menghinakan kamu.

« As-Saffat 11As-Saffat 13 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Surat As-Saffat Ayat 12

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 12 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai pelajaran penting dari ayat ini. Terdokumentasi pelbagai penjelasan dari para mufassirun terkait kandungan surat As-Saffat ayat 12, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Bahkan kamu (wahai rasul) merasa heran dengan pengingkaran mereka terhadap kebangkitan, dan yang lebih mengherankan dari pengingkaran mereka tersebut adalah bahwa mereka memperolok-olokmu dan menghina ucapanmu,


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

12. Hai Rasulullah, kamu terheran oleh keingkaran dan pendustaan mereka terhadap hari kebangkitan, karena itu sungguh mengherankan. Dan yang lebih buruk dari keingkaran mereka adalah mereka juga menghinamu dan menghina dakwahmu. Mereka tidak hanya ingkar tapi juga melakukan penghinaan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

12. Sungguh kamu -wahai Rasul- kagum kepada kodrat Allah dan pengaturan-Nya terhadap urusan-urusan makhluk-Nya. Kamu juga heran dengan pendustaan kaum musyrikin terhadap Kebangkitan. Begitu kuatnya pendustaan kaum musyrikin tentang Kebangkitan, maka mereka selalu melecehkan apa yang kamu katakan tentangnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

12. بَلْ عَجِبْتَ (Bahkan kamu menjadi heran)
hai Muhammad, Bahkan kamu heran dari kekuasaan Allah.

وَيَسْخَرُونَ(dan mereka menghinakan kamu)
Akibat keherananmu.
Atau mereka menghinamu karena mempercayai hari kebangkitan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

12. Wahai Nabi bahkan kamu heran dengan pendustaan mereka terhadapmu dan pengingkaran mereka terhadap hari kebangkitan dan kekuasaan Allah SWT. Mereka mengolok-olok ajakanmu. (Bal) adalah untuk berpindah dari satu tujuan pembicaraan ke pembacaraan lain. Maknanya adalah Jangan meminta kepada mereka wahai Nabi karena sesungguhnya mereka itu para penentang. Lihatlah saja perbedaan antara kamu dan mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Bahkan kamu heran dan mereka selalu menghinamu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

12. “Bahkan kamu menjadi heran” wahai rasul, atau wahai manusia, kepada pendustaan orang yang mendustakan kebangkitan, setelah kamu memperlihatkan kepada mereka ayat-ayat (tanda-tanda, bukti) yang luar biasa dan dalil-dalil yang lurus itu. Ini benar-benar sangat aneh dan mengherankan, sebab ia sudah termasuk hal yang tidak diingkari lagi, “dan” lebih mengherankan dari keingkaran mereka dan lebih kentara lagi, adalah bahwa mereka “menghinakan” orang yang datang dengan membawa berita tentang kebangkitan. Tidak cukup bagi mereka hanya sekedar mengingkari, hingga mereka tambah dengan memperolok-olokkan perkataan yang haq.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-19
Allah Swt. berfirman, "Tanyakanlah kepada orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan, manakah yang lebih kuat kejadiannya, mereka ataukah langit, bumi dan segala sesuatu yang ada pada keduanya, yaitu para malaikat, setan, dan makhluk-makhluk yang besar-besar?" Ibnu Mas'ud membacanya dengan bacaan (am man adadna) karena sesungguhnya mereka mengakui bahwa semua makhluk itu lebih kuat kejadiannya daripada mereka. Apabila kenyataannya demikian, lalu mengapa mereka mengingkari hari kebangkitan? Padahal mereka menyaksikan hal-hal yang lebih besar daripada apa yang mereka ingkari?, Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar, daripada penciptaan manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui (57)) (Surah Ghafir) Kemudian Allah menjelaskan bahwa mereka diciptakan dari sesuatu yang lemah. Jadi Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya Kami menciptakan mereka dari tanah liat)
Mujahid, Sa'id bin Jubair, dan Adh-Dhahhak berkata, bahwa itu adalah tanah liat yang baik yang sebagiannya dapat disatukan dengan sebagian lain.
Ibnu Abbas dan, Ikrimah berkata bahwa itu adalah tanah liat yang licin dan baik.
Qatadah berkata bahwa itu adalah tanah liat yang menempel di tangan.
Firman Allah SWT: (Bahkan kamu menjadi heran (terhadap keingkaran mereka) dan mereka menghinakan kamu (12)) yaitu bahkan kamu wahai Muhammad merasa heran terhadap kedustaan orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan, padahal kamu percaya dan membenarkan hal-hal menakjubkan yang diberitahukan Allah SWT, yaitu kembalinyatubuh-tubuh setelah matinya. Mereka itu berbeda dengan perkaramu, karena sangat mendustakan hal itu sehingga mereka memperolok-olok apa yang kamu beritahukan kepada mereka tentang hal itu.
Qatadah berkata bahwa nabi Muhammad SAW merasa heran dan orang-orang yang tersesat menghinakannya (Dan apabila mereka melihat sesuatu tanda) yaitu dalil yang jelas yang menunjukkan kepada hal itu (mereka sangat menghinakan) Mujahid dan Qatadah berkata bahwa mereka memperolok-oloknya (Dan mereka berkata, "Ini tiada lain adalah sihir yang nyata” (15)) yaitu, sesungguhnya yang kaamu sampaikan ini tidak lain hanya sihir yang nyata ("Apakah apabila kami telah mati dan telah menjadi tanah serta menjadi tulang belulang, apakah benar-benar kami akan dibangkitkan (kembali)? (16) Dan apakah bapak-bapak kami yang terdahulu (akan dibangkitkan pula)?" (17)) Mereka menganggap mustahil dan mendustakannya (Katakanlah, "Ya, dan kamu akan terhina” (18)) yaitu, katakanlah kepada mereka, wahai Muhammad, bahwa benar kalian akan dibangkitkan pada hari kiamat setelah kalian menjadi tanah dan tulang belulang, (sedangkan saat itu kalian dalam keadaan terhina) yaitu dalam keadaan hina di bawah kekuasaan yang Maha besar, sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri) (Surah An-Naml: 87) dan (Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina) (Surah Ghafir: 60)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Maka sesungguhnya kebangkitan itu hanya dengan satu teriakan saja; maka tiba-tiba mereka melihatnya (19)) yaitu sesungguhnya hal itu hanya satu perintah dari Allah SWT. Dia menyeru mereka sekali agar mereka keluar dari bumu, maka serta merta mereka berdiri di hadapanNya seraya melihat kengerian yang terjadi di hari kiamat.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 12: 12-17. Bahkan engkau juga merasa aneh wahai Nabi atas pengingkaran mereka kaummu akan kebangkitan, keanehan dari mereka yang mengolok-olokmu atas apa yang telah engkau kabarkan kepada mereka dari hari kebangkitan dan pembalasan. Maka jika engkau telah mengkabarkan kepada mereka, mereka tidak mengambil manfaat. Maka jika mereka melihat bukti-bukti kemukjizatanmu, mereka mengolok-olokmu dan sombong. Kemudian mereka berkata dengan sombong : Tidaklah yang telah datangkan darimu wahai Muhammad kecuali hanyalah sihir yang nyata. Kemudian mereka berkata mengomentari atas hari kebangkitan dan pembalasan dengan berkata : Apakah jika kami telah mati dan menjadi jasad, kemudia tinggallah tulang-belulang yang berantakan, maka apakah kami akan dibangkitan untuk kali yang lain ??, dan juga apakah bapak-bapak kami juga akan dibangkitkan yang mereka semua telah mati sebelum kami ??


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni bahwa engkau wahai Rasul dan manusia yang berpikir cerdas pasti akan heran terhadap pendustaan orang-orang kafir terhadap kebangkitan padahal telah jelas bukti dan dalilnya baik secara naqli maupun ‘aqli (akal) yang seharusnya tidak menerima lagi adanya pengingkaran.

Lebih mengherankan lagi ketika mereka menghinakan orang yang memberitakan tentang kebangkitan. Mereka tidak cukup sampai mengingkari bahkan ditambah dengan menghinakan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 12

Wahai nabi Muhammad, bahkan engkau menjadi heran atas keingkaran mereka terhadap risalahmu, hari kebangkitan, dan kekuasaan Allah, dan mereka menghinakan engkau karena keherananmu itu dan mereka pun menyepelekan hari kebangkitan. 13. Dan apabila mereka diberi peringatan sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur'an, mereka tidak mengindahkannya, bahkan berpaling darinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penafsiran dari banyak ulama tafsir berkaitan makna dan arti surat As-Saffat ayat 12 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita. Sokonglah syi'ar kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dibaca

Tersedia berbagai topik yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: At-Taubah 122, Al-Mu’minun, Al-Hujurat 10-12, At-Taubah 105, Al-Insyirah 8, Al-Insyiqaq. Termasuk At-Tahrim 8, At-Takwir, Al-Isra 26-27, Al-Alaq 1-5, Ath-Thalaq 2-3, Al-Baqarah 148.

  1. At-Taubah 122
  2. Al-Mu’minun
  3. Al-Hujurat 10-12
  4. At-Taubah 105
  5. Al-Insyirah 8
  6. Al-Insyiqaq
  7. At-Tahrim 8
  8. At-Takwir
  9. Al-Isra 26-27
  10. Al-Alaq 1-5
  11. Ath-Thalaq 2-3
  12. Al-Baqarah 148

Pencarian: surah ke 7 dalam al quran, al hashr, surat al baqarah akhir, surat al hasyr 3 ayat terakhir, innalillahi wa inna ilaihi rojiun bahasa arab

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: