Surat Al-Ahzab Ayat 11

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

هُنَالِكَ ٱبْتُلِىَ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَزُلْزِلُوا۟ زِلْزَالًا شَدِيدًا

Arab-Latin: Hunālikabtuliyal-mu`minụna wa zulzilụ zilzālan syadīdā

Artinya: Disitulah diuji orang-orang mukmin dan digoncangkan (hatinya) dengan goncangan yang sangat.

« Al-Ahzab 10Al-Ahzab 12 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Surat Al-Ahzab Ayat 11

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Ahzab Ayat 11 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir penting dari ayat ini. Terdapat bermacam penjabaran dari beragam mufassir terhadap makna surat Al-Ahzab ayat 11, sebagiannya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dalam keadaan yang sangat mencekam tersebut, iman orang-orang yang beriman diuji dan orang-orang diseleksi, orang Mukmin dibedakan dari orang munafik, mereka ditimpa goncangan yang sangat karena ketakutan dan kecemasan, supaya iman mereka terbukti dan keyakinan mereka bertambah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

11. Dalam keadaan demikian di perang Khandaq, orang-orang beriman mendapat ujian dengan apa yang mereka dapatkan dari kepungan musuh-musuh mereka, dan mereka gemetar dengan amat sangat karena ketakutan, dengan ujian ini jelaslah mana orang-orang mukmin dan mana orang-orang munafik.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. هُنَالِكَ ابْتُلِىَ الْمُؤْمِنُونَ (Disitulah diuji orang-orang mukmin)
Yakni diuji dengan peperangan, kelaparan, pengepungan, dan pertempuran; agar menjadi jelas siapa diantara mereka yang benar-benar beriman dan siapa yang munafik.

وَزُلْزِلُوا۟ زِلْزَالًا شَدِيدًا(dan digoncangkan (hatinya) dengan goncangan yang sangat)
Sebagian mereka tergoncang dalam jiwanya dan sebagian tergoncang dalam agamanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

11. Itulah cobaan yang diujikan kepada orang-orang mukmin dengan hal-hal yang berat seperti ketakutan kelaparan dan pengepungan agar dapat diketahui mana orang yang mukmin tapi munafik. Serta banyak diuji dengan ketakutan yang sangat, banyaknya musuh, dan pengepungan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Di situlah orang-orang mukmin diuji} ketika itulah diuji {dan diguncangkan} diguncangkan {dengan guncangan} dengan guncangan {yang dahsyat


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

9-11. Allah mengingatkan hamba-hambaNya yang beriman tentang nikmatNya kepada mereka dan mendorong mereka untuk mensyukurinya, yaitu ketika bala tentara negeri Makkah dan hijaz mendatangi mereka dari atas mereka, sedangkan bala tentara negeri Nejed dari arah bawah mereka; dan mereka pun bersepakat dan saling berjanji untuk menghabisi Rasul dan para sahabat. Dan ini terjadi dalam perang Khandaq, dan mereka didukung oleh beberapa kelompok kaum Yahudi yang berada di sekitar Madinah. Mereka pun datang dengan tentara yang sangat besar dan pasukan sekutu. Rasulullah pun membuat parit mengelilingi Madinah. Maka pasukan sekutu mengepung Madinah dan nkeadaan pun makin menjadi sangat genting, hati terasa menyesak ke tenggorokan hingga prasangka buruk dari banyak orang (kaum Mukminin) telah mencapai puncaknya saat mereka melihat keadaan yang sangat menjepit dan berbagai kesengsaraan bertubi-tubi.
Pengepungan terhadap kota Madinah ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan keadaannya seperti yang dijelaskan oleh Allah, “dan ketika tidak tetap lagi penglihatan (mu), dan hatimu naik menyesak samppai ke tenggorokan dan kamu menyangka terhadap Allah dengan bermacam-macam prasangka,” maksudnya, prasangka-prasangka buruk, yaitu bahwa Allah tidak akan menolong agamaNya dan tidak akan menyempurnakan kalimatNya, “di situlah orang-orang Mukmin dijuji,” dengan cobaan yang sangat berat,
“dan digoncangkan dengan goncangan yang sangat,” dengan rasa takut, rasa gelisah dan kelaparan, agar iman mereka tampak dan keyakinan mereka bertambah. Maka benar-benar tampaklah, dengan segala puji bagi Allah, keimanan dan kuatnya keyakinan mereka yang membuat mereka mengungguli umat-umat terdahulu dan yang akan datang kemudian.
Dan di saat kesempitan makin hebat dan kesengsaraan makin mencekik, maka iman mereka pun menjadi ainul yaqin.
"Dan tatkala orang-orang mukmin melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata: "Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita". Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. Dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan". (Al-Ahzab:22).
Saat itulah kemunafikan kaum munafik menjadi jelas dan apa yang mereka sembunyikan selama ini menjadi nyata, Allah berfirman,


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-13
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang keadaan itu, yaitu ketika golongan yang bersekutu tinggal di sekitar Madinah, dan orang-orng muslim terkepung oleh mereka dalam keadaan yang sangat susah dan sulit. Rasulullah SAW ada di antara mereka; dan mereka mendapat ujian dan cobaan, serta diguncangkan oleh guncangan yang dahsyat. Maka pada saat itulah tampaklah kemunafikan dan orang-orang yang di dalam hatinya terdapat penyakit kemunafikan mengungkapkan apa yang ada pada diri mereka: (Dan (ingatlah) ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya berkata, "Allah dan Rasul-Nya tidak menjanjikan kepada kami melainkan tipu daya” (12)) Adapun orang-orang munafik, mereka menampakkan kemunafikannya, dan orang-orang yang di dalam hatinya masih terdapat keraguan atau iman yang lemah, maka mereka menghela napas karena waswas yang ada pada dirinya dan keimannya yang masih lemah dalam menghadapi keadaan yang sangat sulit.
Kaum lainnya berkata sebagaimana yang difirmankan Allah: (Dan (ingatlah) ketika segolongan di antara mereka berkata, "Hai penduduk Yatsrib") yaitu Madinah.
Firman Allah SWT: (tidak ada tempat bagi kalian) yaitu di sini yaitu di sisi Nabi SAW (maka kembalilah kalian) ke rumah dan tempat tinggal kalian (Dan sebagian dari mereka minta izin kepada Nabi (untuk kembali pulang))
Yaitu mereka beralasan untuk kembali ke tempat tinggal mereka yang mana itu terbuka, yaitu tidak ada yang menghalang-halanginya dari serangan musuh, padahal mereka takut kepada musuh. Allah SWT berfirman: (Dan rumah-rumah itu sekali-kali tidak terbuka) yaitu tidaklah seperti yang mereka sangkakan (mereka tidak lain hanyalah hendak lari) yaitu, lari dari medan perang.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Ahzab ayat 11: Allah menguji orang-orang yang beriman dengan ujian yang berat, dan dari peristiwa ini nampaklah mukmin yang jujur dan munafik yang buruk.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Agar tampak jelas, siapa yang ikhlas dan siapa yang tidak.

Ketika itu kelihatan sekali –wal hamdulillah- keimanan kaum mukmin, iman mereka menjadi bertambah dan keyakinan mereka meningkat sehingga mereka mengungguli kaum mukmin di masa lalu dan di masa mendatang. Ketika itu, kaum mukmin berkata, “Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya, dan benarlah Allah dan Rasul-Nya.” Peristiwa itu malah menambah iman mereka. Berbeda dengan orang-orang munafik, mereka malah berkata, “Yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada Kami hanya tipu daya belaka.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Ahzab Ayat 11

Orang-orang mukmin terpana melihat besarnya jumlah pasukan kafir. Di situlah orang-orang mukmin diuji dan sengaja digoncangkan hatinya dengan goncangan yang dahsyat agar terlihat jelas siapa di antara mereka yang benar-benar beriman dan siapa yang munafik. 12. Dan ingatlah ketika orang-orang munafik yang sengaja menyembu-nyikan kekafirannya dan orang-orang yang hatinya berpenyakit serta lemah imannya berkata, 'apa yang dijanjikan Allah dan rasul-Nya kepada kami hanya tipu daya belaka. Dia pasti tidak akan mampu menolong pasukan mukmin. ' mereka berkata demikian karena mereka melihat jumlah pasukan kafir jauh lebih besar daripada pasukan mukmin.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjabaran dari banyak ahli ilmu terkait isi dan arti surat Al-Ahzab ayat 11 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita semua. Dukunglah perjuangan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dibaca

Telaah ratusan topik yang paling banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Insyirah 8, At-Takwir, Ath-Thalaq 2-3, Al-Baqarah 148, Al-Hujurat 10-12, At-Taubah 122. Ada juga Al-Alaq 1-5, Al-Mu’minun, Al-Isra 26-27, At-Tahrim 8, At-Taubah 105, Al-Insyiqaq.

  1. Al-Insyirah 8
  2. At-Takwir
  3. Ath-Thalaq 2-3
  4. Al-Baqarah 148
  5. Al-Hujurat 10-12
  6. At-Taubah 122
  7. Al-Alaq 1-5
  8. Al-Mu’minun
  9. Al-Isra 26-27
  10. At-Tahrim 8
  11. At-Taubah 105
  12. Al-Insyiqaq

Pencarian: quran surat al-imran ayat 190, ayat 39, yasin ayat 69, annahl ayat 90, إن أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ وَإِنْ أَسَأْتُمْ artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: