Surat As-Sajdah Ayat 2

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

تَنزِيلُ ٱلْكِتَٰبِ لَا رَيْبَ فِيهِ مِن رَّبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Tanzīlul-kitābi lā raiba fīhi mir rabbil-'ālamīn

Artinya: Turunnya Al-Quran yang tidak ada keraguan di dalamnya, (adalah) dari Tuhan semesta alam.

« As-Sajdah 1As-Sajdah 3 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Dengan Surat As-Sajdah Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat As-Sajdah Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir penting dari ayat ini. Didapatkan bermacam penjabaran dari para ahli tafsir berkaitan isi surat As-Sajdah ayat 2, misalnya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Al-Qur’an yang dibawa oleh Muhammad ini, tidak ada keraguan bahwa ia diturunkan dari sisi Allah, Tuhan seluruh makhluk.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

2. Al-Qur’an al-Adzim ini turun dengan beransur-ansur dari Tuhan seluruh makhluk dengan sebenar-benarnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. Al-Qur`ān yang dibawa oleh Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- ini diturunkan kepadanya dari Rabb semesta ,alam tidak ada keraguan di dalamnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

2. لَا رَيْبَ فِيهِ (tidak ada keraguan di dalamnya)
Yakni tidak diragukan bahwa al-Qur’an diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dan ia bukanlah kedustaan, sihir, perdukunan, atau dongeng-dongeng orang terdahulu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

2. Tidak ada keraguan dalam penurunan Al-quran, Al-quran diturunkan dari Allah


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Turunnya kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya} tidak ada keraguan di dalamnya {berasal dari Tuhan semesta alam


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

2. Allah mengabarkan bahwa sesungguhnya kitab suci al-Quran ini adalah diturunkan dari Rabb semesta alam, yang telah mengatur (dan membimbing) mereka dengan nikmat-nikmatNya. Dan di antara nikmat yang terbesar yang dengannya Dia membimbing mereka adalah kitab suci al-Quran ini, yang di dalamnya terdapat segala yang dapat memperbaiki keadaan (dan kondisi) mereka dan menyempurnakan akhlak mereka, dan bahwa sesungguhnya tiada keraguan sedikit pun di dalamnya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-3
Telah dijelaskan pembahasan tentang huruf-huruf hijaiyah di permulaan surah Al-Baqarah dengan pembahasan yang tidak perlu diulangi lagi di sini.
Firman Allah SWT: (Turunnya Al-Qur’an yang tidak ada keraguan padanya) Tidak ada keraguan dan kebimbangan, bahwa sesungguhnya Al-Qur'an itu diturunkan (dari Tuhan semesta alam) Kemudian Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang orang-orang musyrik: (Tetapi mengapa mereka (orang-orang kafir) mengatakan, "Dia (Muhammad) mengada-adakannya”) yaitu membuat-buat Al-Qur'an itu dari dirinya sendiri (Sebenarnya Al-Qur’an itu adalah kebenaran (yang datang) dari Tuhanmu, agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang belum datang kepada mereka orang yang memberi peringatan sebelum kamu; mudah-mudahan mereka mendapat petunjuk) yaitu mengikuti kebenaran


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Sajdah ayat 2: Allah mengabarkan bahwa Al Qur’an yang datang kepada Muhammad ﷺ ini tidak ada keraguan dan kerancuan di dalamnya, ia turun dari sisi Allah, Tuhan seluruh alam, tidak sebagaimana yang dikatakan orang-orang musyrik bahwa Al Qur’an adalah sihir, dukun atau cerita orang-orang terdahulu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberitahukan, bahwa kitab yang mulia ini turun dari-Nya Tuhan seluruh alam, yang mengurus mereka dengan nikmat-nikmat-Nya, dan di antara pengurusan-Nya kepada mereka adalah dengan menurunkan kitab Al Qur’an ini, di mana di dalamnya terdapat sesuatu yang memperbaiki keadaan mereka, menyempurnakan akhlak mereka, dan bahwa tidak ada keraguan di dalamnya. Meskipun begitu, orang-orang yang mendustakan Rasul lagi berlaku zalim malah berkata, bahwa Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam mengada-ada dari dirinya sendiri. Ini merupakan keberanian yang besar dalam mengingkari firman Allah, dan menuduh Beliau dengan tuduhan yang paling dusta. Oleh karena itu, pernyataan mereka dibantah oleh Allah sebagaimana pada ayat ketiga.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Sajdah Ayat 2

1-2. Alif l'm m'm. Hanya Allah yang mengetahui hakikat maknanya. Allah-lah yang menurunkan Al-Qur'an, suatu mukjizat yang tidak dapat ditandingi. Turunnya Al-Qur'an itu tidak ada keraguan padanya, yaitu dari tuhan yang menguasai, mengatur, dan merawat seluruh alam. Al-qur'an bukan ciptaan manusia, tidak terkecuali nabi Muhammad. Al-qur'an juga bukan syair, apalagi sihir. 3. Terbukti dengan nyata bahwa Al-Qur'an bukanlah ciptaan manusia, tetapi mengapa mereka, orang kafir, tanpa bukti-bukti yang kuat mengatakan, 'dia, Muhammad, telah mengada-adakannya. Lupa-kah mereka bahwa secara logis maupun realitas sejarah mustahil rasulullah mengarang Al-Qur'an' karena itu Allah menjawab, 'tidak, Al-Qur'an itu kebenaran yang datang dari tuhanmu, agar engkau, wahai nabi Muhammad, memberi peringatan kepada kaum yang belum pernah didatangi orang yang memberi peringatan sebelum engkau bahwa azab Allah akan menimpa siapa saja yang kafir dan mendurhakai-Nya; dan agar melalui Al-Qur'an pula mereka mendapat petunjuk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjabaran dari beragam mufassirin terhadap isi dan arti surat As-Sajdah ayat 2 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita bersama. Support kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dikaji

Tersedia berbagai materi yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Isra 26-27, Al-Alaq 1-5, Al-Baqarah 148, At-Taubah 122, Al-Mu’minun, At-Taubah 105. Serta Al-Insyiqaq, At-Takwir, Al-Insyirah 8, Al-Hujurat 10-12, At-Tahrim 8, Ath-Thalaq 2-3.

  1. Al-Isra 26-27
  2. Al-Alaq 1-5
  3. Al-Baqarah 148
  4. At-Taubah 122
  5. Al-Mu’minun
  6. At-Taubah 105
  7. Al-Insyiqaq
  8. At-Takwir
  9. Al-Insyirah 8
  10. Al-Hujurat 10-12
  11. At-Tahrim 8
  12. Ath-Thalaq 2-3

Pencarian: kafaru artinya, ayat al maidah ayat 32, al-imran ayat 92, al araf ayat 200, qs al luqman ayat 18

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: