Surat Luqman Ayat 30

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ذَٰلِكَ بِأَنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلْحَقُّ وَأَنَّ مَا يَدْعُونَ مِن دُونِهِ ٱلْبَٰطِلُ وَأَنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْكَبِيرُ

Arab-Latin: żālika bi`annallāha huwal-ḥaqqu wa anna mā yad'ụna min dụnihil-bāṭilu wa annallāha huwal-'aliyyul-kabīr

Artinya: Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang batil; dan sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.

« Luqman 29Luqman 31 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Terkait Surat Luqman Ayat 30

Paragraf di atas merupakan Surat Luqman Ayat 30 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah penting dari ayat ini. Didapatkan beberapa penjelasan dari para mufassir berkaitan isi surat Luqman ayat 30, di antaranya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Semua itu merupakan bukti besarnya kuasa Allah dan agar kalian mengetahui dan mengakui bahwa Allah adalah Haq pada dzat, sifat-sifat dan perbuatan-perbuatanNya, dan bahwa apa yang kalian sembah selain Allah adalah batil, dan bahwa Allah adalah Mahatinggi dengan Dzat-Nya, kedudukanNya, dan kekuasaan-Nya di atas seluruh makhluk-Nya, juga Mahabesar atas segala sesuatu, dan segala sasuatu selainNya tunduk kepadaNya. Hanya Dia semata yang berhak untuk disembah, bukan selainNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

30. Fenomena dari siang dan malam itu tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia, agar kalian beriman dan yakin bahwa Allah adalah Tuhan Yang Haq yang wajib disembah Semata, dan segala patung dan berhala yang disembah manusia adalah batil. Allah Maha Tinggi di atas seluruh makhluk, Dia memiliki kebesaran pada Dzat dan sifat-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

30. Pengaturan dan ketentuan itu menjadi saksi bahwa Allah sajalah yang Mahabenar, bahwa Dia Mahabenar dalam Żat, sifat dan perbuatan-Nya, bahwa apa yang disembah oleh orang-orang musyrik selain Allah adalah batil, tidak mempunyai dasar; dan menjadi saksi bahwa Allah Mahatinggi dalam Żat-Nya, keperkasaan dan kekuasaan-Nya di atas seluruh makhluk-makhluk-Nya, tidak ada yang lebih tinggi dari-Nya, Yang Mahabesar dari segala sesuatu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

30. ذٰلِكَ بِأَنَّ اللهَ هُوَ الْحَقُّ (Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang hak)
Yakni Allah melakukan hal ini agar mereka mengatahui bahwa Allah adalah Tuhan yang sesungguhnya.

وَأَنَّ مَا يَدْعُونَ مِن دُونِهِ الْبٰطِلُ(Dialah yang hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang batil)
Yakni berhala atau yang lainnya yang mereka jadikan sekutu Allah.

وَأَنَّ اللهَ هُوَ الْعَلِىُّ(dan sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Tinggi)
Di atas ‘arsy-Nya yang berada di atas langit, dan Maha Tinggi dengan kuasa dan keagungan-Nya.

الْكَبِيرُ (lagi Maha Besar)
Yakni memiliki keagungan dalam ketuhanan dan kekuasaan-Nya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

30. Itu semua yang disebut adalah bukti keluasan ilmu Allah, kesempurnaan kekuasaan-Nya, dan kesempurnaan segala penciptaan-Nya. Agar mereka tahu bahwa Allah adalah Maha Benar dalam Dzat-Nya, Yang paling berhak untuk disembah. Adapun berhala-berhala yang disembah oleh orang-orang musyrik hakikatnya adalah tidak ada, jika dibandingkan deng Dzat Ketuhanan Allah. Allah Maha Tinggi, Maha Tinggi atas segala ciptaan-Nya, Maha Mengalahkan/Menguasai atas segala sesuatu. Maha Agung, Yang Menguasai Kerajaan yang sebenarnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Demikian itu karena sesungguhnya Allahlah yang Maha Benar, dan apa saja yang mereka seru selain Allah itu palsu, dan sesungguhnya Allahlah Yang Maha tinggi lagi Maha besar


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


30. “Demikianlah,” yang Dia jelaskan kepada kalian dari keagunganNya dan sifat-sifatNya itu adalah, “karena sesungguhnya Allah, Dia-lah yang haq,” pada DZat dan sifat-sifatNya; dan agamaNya pun haq, para RasulNya haq, janjiNya haq, ancamanNya haq dan beribadah kepadaNya haq. “Dan bahwasanya apa saja yang mereka seru selain dariNya itulah yang batil,” pada dzat dan sifat-sifatnya. Kalau saja bukan penciptaan Allah padanya, tentu ia tidak akan pernah ada, dan kalau saja bukan karena karuniaNya, tentu tidak akan ada yang tersisa darinya. Maka kalau ia batil (palsu) maka menyembahnya pun tentu lebih batil dan lebih batil lagi. “Dan bahwa Allah Dia-lah Yang Mahatinggi,” dengan DzatNya di atas seluruh makhlukNYa, yang Mahatinggi sifat-sifatNya (Maha tidak mungkin) kalau dianalogikan dengan sifat-sifat siapa pun di antara makhlukNYa, dan Dia Tinggi (menguasai) manusia dan mengendalikan mereka, “lagi Mahabesar,” yang milikNya-lah kebesaran pada DzatNya dan sifat-sifatNya, dan milikNya-lah kebesaran di dalam jiwa penghuni langit dan bumi.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 29-30
Allah SWT memberitahukan bahwa: (Allah memasukkan malam ke dalam siang) yaitu mengambil sebagian darinya ke dalam siang sehingga siang menjadi panjang, dan malam menjadi pendek. Hal ini terjadi pada musim panas, karena di musim panas itu siang hari sangat panjang. Kemudian mulai berkurang, dan malam hari menjadi panjang dan siang hari menjadi pendek. Hal ini terjadi pada musim dingin (dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan) Dikatakan, maknannya adalah sampai pada tujuan yang ditetapkan. Dikatakan juga bahwa maknannya sampai hari kiamat. Kedua pendapat itu benar. Pendapat pertama dikuatkan dengan hadits Abu Dzar yang terdapat di dalam hadits shahih Bukhari Muslim bahwa Rasulullah SAW bersabda:”"Wahai Abu Dzar, apakah kamu mengetahui ke manakah matahari ini pergi?” Aku menjawab, "Allah dan RasulNya lebih mengetahui” Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya matahari ini pergi dan sujud di bawah 'Arsy kemudian ia meminta izin kepada Tuhannya. Maka sudah dekat masanya akan dikatakan kepada matahari,"Kembalilah kamu ke arah kamu datang”
Firman Allah: (dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan) sebagaimana firmanNya: (Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi) (Surah Al-Hajj: 70) Makna ini menunjukkan bahwa Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui segala sesuatu, sebagaimana firmanNya: (Allah yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan ilmu Allah benar-benar meliputi segala sesuatu (12)) (Surah Ath-Thalaq)
Firman Allah SWT: (Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang bathil) yaitu sesungguhnya Dia menampakkan kepada kalian tanda-tanda kekuasaanNya agar kalian dapat menyimpulkan darinya bahwa Dialah Dzat yang hak yaitu benar adaNya dan Tuhan yang sebenarnya, dan bahwa semua yang selain Dia itu bukan apa-apa. Maka sesungguhnya Dia Maha Kaya dari selainNya, dan segala sesuatu membutuhkanNya, karena semua yang ada di langit dan di bumi merupakan makhluk dan hamba-hambaNya. Tidak ada seorangpun dari mereka yang dapat menggerakkan suatu dzarrah pun kecuali dengan izinNya. Seandainya semua penduduk bumi berkumpul untuk menciptakan seekor lalat, maka mereka tidak akan mampu melakukannya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang batil, dan sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar (30)) yaitu Maha Tinggi, tidak ada yang lebih tinggi daripada Dia, dan Maha Besar daripada segala sesuatu, dan segala sesuatu tunduk dan hina di hadapanNya


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Luqman ayat 30: Allah menjelaskan bahwa ciptaan dan penjagaan-Nya dan seluruh sifat-Nya yang agung, menunjukkan bahwa Allah adalah sesembahan yang disembah dengan benar tanpa selain-Nya, dan seluruh sesembahan yang di ibadahi selain Allah adalah bathil. Sungguh Allah, Dialah yang maha tinggi dzat-Nya dan berkuasa. Allah yang maha tahu yang memiliki kebesaran pada dzat dan sifat-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dia telah menerangkan sebagian di antara keagungan dan sifat-sifat-Nya.

Maksudnya, zat-Nya hak (benar), sifat-Nya hak, agama-Nya hak, para rasul-Nya hak, janji-Nya hak, ancaman-Nya hak, dan beribadah hanya kepada-Nya itulah yang hak.

Baik zatnya maupun sifatnya. Kalau Allah tidak mewujudkannya, tentu ia tidak ada. Oleh karena ia adalah batil, maka menyembahnya adalah kebatilan yang paling batil.

Zat-Nya Mahatinggi di atas semua makhluk, sifat-Nya pun tinggi, sehingga tidak bisa dibandingkan dengan sifat makhluk, Dia berada di atas makhluk-Nya dan mengungguli mereka.

Dia memiliki kebesaran baik zat-Nya maupun sifat-Nya. Dia pun dibesarkan dan diagungkan di hati para penduduk langit dan bumi.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Luqman Ayat 30

Allah menjelaskan tujuan dari penjelasan bukti-bukti kebesaran dan keesaan-Nya. Demikianlah, perjalanan alam semesta yang menakjubkan itu, karena sesungguhnya penciptanya adalah Allah; dialah tuhan yang maha esa yang layak disembah dengan sebenarnya, dan apa saja yang mereka seru dan sembah selain Allah adalah batil. Dan sesungguhnya Allah, dialah yang mahatinggi zat-Nya, mahabesar kekuasaan-Nya. 31. Allah memaparkan fenomena-fenomena di bumi yang menjadi bukti kekuasaan dan keesaan-Nya. Wahai orang yang berakal, tidakkah engkau memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dan tidak tenggelam dengan berkat rahmat Allah melalui pengetahuan yang dia anugerahkan kepadamu sehingga bisa mengangkut barang-barang yang engkau butuhkan sebagai nikmat Allah, agar dengan itu semua diperlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda kebesaran-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran-Nya bagi setiap orang yang sangat sabar dalam menghadapi ujian-Nya dan banyak bersyukur atas nikmat-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penafsiran dari kalangan pakar tafsir berkaitan isi dan arti surat Luqman ayat 30 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk ummat. Dukung kemajuan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Sering Dicari

Terdapat ratusan topik yang paling sering dicari, seperti surat/ayat: At-Taubah 105, Al-Alaq 1-5, Al-Baqarah 148, Al-Insyirah 8, Al-Hujurat 10-12, At-Taubah 122. Ada pula Al-Insyiqaq, Al-Isra 26-27, At-Takwir, Al-Mu’minun, Ath-Thalaq 2-3, At-Tahrim 8.

  1. At-Taubah 105
  2. Al-Alaq 1-5
  3. Al-Baqarah 148
  4. Al-Insyirah 8
  5. Al-Hujurat 10-12
  6. At-Taubah 122
  7. Al-Insyiqaq
  8. Al-Isra 26-27
  9. At-Takwir
  10. Al-Mu’minun
  11. Ath-Thalaq 2-3
  12. At-Tahrim 8

Pencarian: qs ali imran ayat 3, yasin translate, surat lailatul qadr, at taubah 121, fa bi ayyi ālā i rabbikumā tukażżibān artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: