Surat Ar-Rum Ayat 25

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَن تَقُومَ ٱلسَّمَآءُ وَٱلْأَرْضُ بِأَمْرِهِۦ ۚ ثُمَّ إِذَا دَعَاكُمْ دَعْوَةً مِّنَ ٱلْأَرْضِ إِذَآ أَنتُمْ تَخْرُجُونَ

Arab-Latin: Wa min āyātihī an taqụmas-samā`u wal-arḍu bi`amrih, ṡumma iżā da'ākum da'watam minal-arḍi iżā antum takhrujụn

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan iradat-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur).

« Ar-Rum 24Ar-Rum 26 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Mengenai Surat Ar-Rum Ayat 25

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 25 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai hikmah menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan berbagai penjelasan dari kalangan ulama berkaitan makna surat Ar-Rum ayat 25, sebagiannya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan diantara tanda-tanda yang menunjukkan kebesaran Allah dan kesempurnaan KuasaNya adalah tegaknya langit dan bumi, ketenangan dan kekokohan keduanya dengan perintahNya, keduanya tidak goncang dan langit tidak runtuh menimpa bumi. Kemudian saat Allah memanggil kalian untuk hari kebangkitan pada Hari Kiamat, maka kalian akan keluar dari kubur dengan cepat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

25. Dan termasuk dari tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah langit yang tetap kokoh tanpa tiang dan bumi yang teguh tidak bergoncang, dan langit tidak runtuh menimpa bumi. Kemudian ketika Allah menyeru kalian untuk bangkit dari bumi, maka kalian akan keluar dari kubur masing-masing.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

25. Di antara tanda-tanda-Nya yang agung yang menunjukkan kekuasaan-Nya dan keesaan-Nya, adalah berdirinya langit tanpa terjatuh dan bumi tanpa keruntuhan dengan perintah-Nya. Kemudian jika Dia memanggil kalian dengan seruan dari tanah dengan ditiupnya sangkakala oleh Malaikat, tiba-tiba kalian keluar dari kubur kalian untuk mendapatkan perhitungan dan pembalasan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

25. وَمِنْ ءَايٰتِهِۦٓ أَن تَقُومَ السَّمَآءُ وَالْأَرْضُ بِأَمْرِهِۦ ۚ (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan kehendak-Nya)
Yakni tegak dan kokohnya langit dan bumi dengan kehendak dan kuasa Allah yang tegak dan kokoh tanpa tiang yang menyanggah keduanya dan tanpa asas yang mengokohkan keduanya.

ثُمَّ إِذَا دَعَاكُمْ دَعْوَةً مِّنَ الْأَرْضِ إِذَآ أَنتُمْ تَخْرُجُونَ(Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur))
Keluar tanpa menunggu atau berhenti, sebagaimana orang yang dipanggil oleh orang yang saat ditaati.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

25. Dan di antara dalil-dalil kekuasaanNya adalah berdirinya langit dan bumi di tempatnya masing-masing ruang angkasa sesuai iradat dan kekuasaan Allah tanpa menggunakan pilar dan penyangga. Lalu ketika Allah SWT memanggil kalian dari bumi dengan satu kebangkitan dan tiupan sangkakala, seketika kalian akan keluar dalam keadaan hidup dengan cepat. Qiyamuhuma maknanya adalah bahwa keduanya (langit dan bumi) tetap berdiri kokoh dengan kondisi seperti itu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Di antara tanda-tanda Nya adalah berdirinya langit dan bumi} tegaknya langit dan bumi tanpa pilar {sesuai dengan perintahNya. Kemudian apabila Dia memanggil kalian dengan sekali panggilan dari bumi} kubur {seketika itu kalian keluar


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

25. maksudnya, di antara tanda-tandaNya yang sangat besar adalah bahwa langit dan bumi ini tegak, terpancang dan kokoh karena perintahNya, hingga keduanya tidak goyah, dan langit tidak jatuh menimpa bumi. Jadi kekuasaanNYa sangat besar yang denganNya Dia menahan langit dan bumi sehingga tidak binasa, dan dengannya pula Dia kuasa apabila Dia menyeru manusia dengan satu seruan dari bumi, maka dengan seketika mereka keluar.
“sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,” (ghafir:57)


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 24-25
Allah SWT berfirman: (Dan di antara tanda-tanda-Nya) yang menunjukkan kebesaranNya bahwa Dia (memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan) yaitu terkadang kalian merasa takut dengan apa yang akan terjadi setelahnya berupa hujan lebat dan badai yang menghancurkan, dan terkadang kalian berharap setelah melihat kilatannya, dan yang datang setelahnya itu turunnya hujan yang diperlukan. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan Dia menurunkan air hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya) yaitu, setalah bumi tandus, tidak ada tumbuhan yang ada padanya sedikitpun. Setelah air hujan datang: (hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah) (Surah Al-Hajj: 5) Pada yang demikian itu terdapat pelajaran dan petunjuk yang jelas tentang hari kebangkitan dan hari kiamat. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan perintah-Nya) sebagaimana firmanNya SWT: (Dan Dia menahan (benda-benda) langit yang jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya) (Surah Al-Hajj: 65) Kemudian jika hari kiamat terjadi, bumi dan langit akan diganti dengan bumi dan langit yang lain. Lalu orang-orang mati dikeluarkan dari kuburnya dalam keadaan hidup dengan perintah Allah SWT dan setelah Dia memanggil mereka. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur)) sebagaimana Allah SWT berfirman: (yaitu pada hari Dia memanggil kamu, lalu kamu mematuhi-Nya sambil memuji-Nya, dan kamu mengira bahwa kamu tidak berdiam (di dalam kubur) kecuali sebentar saja (52)) (Surah Al-Isra’)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 25: Allah mengabarkan bahwa pada ayat yang mulia ini terdapat ketetapan dan keberadaan langit dan bumi dengan keadaan yang demikian agar tetapnya alam, dan juga menjadi baik segala urusan makhluk-Nya. Langit tidaklah menindih bumi, begitu juga bumi tidaklah berguncang kecuali dengan izin-Nya, semua itu adalah karena karunia dari Allah dan kasih sayang dari-Nya. Kemudian jika kalian diseru pada hari pembalasan dan hisab, maka kalian akan bersegera, bergegas dengan cepat menjawab seruan tersebut (kalian tidak dapat berbuat selainnya).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sehingga tidak terjadi kegoncangan, dan langit tidak menimpa bumi. Kekuasaan-Nya yang besar mampu menahan langit dan bumi agar tidak lenyap.

Yaitu dengan tiupan sangkakala kedua oleh malaikat Israfil untuk bangkit dari kubur. Hal itu adalah mudah bagi Allah, karena Dia mampu menciptakan langit dan bumi yang lebih besar daripada manusia.

Dalam keadaan hidup. Itu pun termasuk tanda-tanda kekuasaan-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 25

Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah berdirinya langit tanpa penyangga dan bumi yang terhampar dengan kehendak-Nya. Kemudian, apabila kamu wafat dan dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi pada hari kiamat, seketika itu kamu keluar dari kubur untuk menghadap Allah guna menjalani proses hisab dengan seadil-adilnya. 26. Mahasuci dan terpujilah Allah karena hanya milik-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya kepada-Nya tunduk, patuh dan siap sedia melaksanakan perintah-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjabaran dari para ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Ar-Rum ayat 25 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk ummat. Bantulah dakwah kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Tersering Dikunjungi

Kaji banyak halaman yang tersering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Insyiqaq, Al-Isra 26-27, Al-Baqarah 148, Ath-Thalaq 2-3, At-Takwir, At-Tahrim 8. Termasuk At-Taubah 105, Al-Hujurat 10-12, Al-Mu’minun, Al-Insyirah 8, At-Taubah 122, Al-Alaq 1-5.

  1. Al-Insyiqaq
  2. Al-Isra 26-27
  3. Al-Baqarah 148
  4. Ath-Thalaq 2-3
  5. At-Takwir
  6. At-Tahrim 8
  7. At-Taubah 105
  8. Al-Hujurat 10-12
  9. Al-Mu’minun
  10. Al-Insyirah 8
  11. At-Taubah 122
  12. Al-Alaq 1-5

Pencarian: al baqarah ayat 239, waqodo robbuka alla ta'budu ilahiyah wabil walidaini ihsana, surat al mulk ayat 13, al mulk ayat 9, surah yasin ayat 38

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: