Surat Ar-Rum Ayat 24

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦ يُرِيكُمُ ٱلْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا وَيُنَزِّلُ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَيُحْىِۦ بِهِ ٱلْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَآ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Arab-Latin: Wa min āyātihī yurīkumul-barqa khaufaw wa ṭama'aw wa yunazzilu minas-samā`i mā`an fa yuḥyī bihil-arḍa ba'da mautihā, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy ya'qilụn

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya.

« Ar-Rum 23Ar-Rum 25 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Dengan Surat Ar-Rum Ayat 24

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 24 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran berharga dari ayat ini. Tersedia beberapa penjabaran dari kalangan pakar tafsir mengenai makna surat Ar-Rum ayat 24, misalnya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan diantara bukti-bukti Kuasa Allah adalah bahwa Dia memperlihatkan kilat, sehingga kalian takut kepada halilintar namun berharap hujan. Dan Allah menurunkan hujan dari awan, dengannya Dia menghidupkan bumi setelah kematian dan kekeringannya. Sesungguhnya yang demikian itu mengandung dalil atas kesempurnaan kuasa Allah dan besarnya hikmah serta kebaikanNya bagi siapa yang memilki akal yang digunakannya untuk mendapat peunjuk.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

24. Dan termasuk dari tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepada kalian cahaya kilat sehingga kalian takut tertimpa bahaya darinya, namun kalian juga berharap keberkahannya berupa hujan yang Allah turunkan dari awan agar dapat menumbuhkan tanah yang tandus. Sungguh karunia yang besar itu merupakan tanda-tanda yang dapat disaksikan oleh orang yang memahami keagungan Allah Yang Maha Memberi Rezeki.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

24. Di antara tanda-tanda-Nya yang agung yang menunjukkan kekuasaan-Nya dan keesaan-Nya, bahwa Dia menampakkan kepada kalian kilat di langit dan mengumpulkan bagi kalian di dalam kilat itu perasaan takut terhadap halilintar dan harapan akan turunnya hujan. Dan Dia menurunkan air hujan bagi kalian dari langit, dan Dia hidupkan bumi setelah kering dengan tumbuhnya tumbuh-tumbuhan di bumi. Sesungguhnya di dalam hal itu terdapat bukti-bukti dan tanda-tanda yang jelas bagi kaum yang berakal. Mereka menjadikannya dalil atas keberadaan kebangkitan setelah kematian untuk perhitungan dan pembalasan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

24. وَمِنْ ءَايٰتِهِۦ يُرِيكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, Dia memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan)
Yakni ketakutan dari petir dan harapan turunnya hujan, serta takut dari hawa dingin yang merusak tanaman dan berharap turunnya hujan yang menumbuhkan tanaman.

وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً فَيُحْىِۦ بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَآ ۚ( dan Dia menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya)
Yakni menghidupkan bumi dengan tanaman yang tumbuh setelah kematiannya dengan matinya tanaman.

إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ(Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya)
Untuk menjadikan tanda-tanda ini sebagai hal yang menunjukkan kekuasaan Allah yang amat besar.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

24. Dan di antara kekuasaanNya yaitu bahwa Allah SWT memperlihatkan kilat kepada kalian (percikan listrik akibat gesekan awan) yang menimbulkan ketakutan atas petir dan harapan terhadap hujan. Lalu Dia menurunkan hujan dari langit melalui awan, kemudian Dia menghidupkan bumi setelah kegersangannya. Sesungguhnya dalam hal itu adalah petunjuk atas kekuasaan Allah SWT bagi kaum yang mau berpikir tentang dalil-dalil atas kekuasaanNya yang sangat luar biasa.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Di antara tanda-tandaNya ialah bahwa Dia memperlihatkan kilat kepadalian untuk (membuat) ketakutan dan harapan} ketakutan terhadap petir dan harapan terhadap hujan {Dia menurunkan air dari langit, lalu dengannya} dengan hujan {Dia menghidupkan bumi setelah mati. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mengerti


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

24. maksudnya, dan diantara tanda-tandaNya adalah Dia menurunkan hujan kepada kalian, yang dengannya negeri dan manusia menjadi hidup. Dan Dia memperlihatkan kepada kalian mukadimah-mukadimahnya (tanda-tanda awal) berupa petir dan kilat yang ditakuti (oleh malaikat), namun diharapkan. “sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda” yang menunjukkan betapa meratanya karuniaNya, betapa luasnya ilmuNya, betapa sempurnanya kecermatanNya dan keagungan hikmahNya; dan bahwa Dia dapat menghidupkan kembali orang-orang yang sudah mati, sebagaimana Dia kuasa menghidupkan kembali tanah setelah sebelumnya kering kerontang (tandus, mati), “bagi kaum yang mempergunakan akalnya,” maksudnya, bagi orang-orang yang mempunyai akal dan pikiran yang dengannya mereka dapat memahami apa yang didengarnya, dilihatnya dan dihafalnya, dan dengannya akal itu dapat membuktikan terhadap sesuatu yang telah menjadi dalilnya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 24-25
Allah SWT berfirman: (Dan di antara tanda-tanda-Nya) yang menunjukkan kebesaranNya bahwa Dia (memperlihatkan kepadamu kilat untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan) yaitu terkadang kalian merasa takut dengan apa yang akan terjadi setelahnya berupa hujan lebat dan badai yang menghancurkan, dan terkadang kalian berharap setelah melihat kilatannya, dan yang datang setelahnya itu turunnya hujan yang diperlukan. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan Dia menurunkan air hujan dari langit, lalu menghidupkan bumi dengan air itu sesudah matinya) yaitu, setalah bumi tandus, tidak ada tumbuhan yang ada padanya sedikitpun. Setelah air hujan datang: (hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah) (Surah Al-Hajj: 5) Pada yang demikian itu terdapat pelajaran dan petunjuk yang jelas tentang hari kebangkitan dan hari kiamat. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mempergunakan akalnya)
Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan perintah-Nya) sebagaimana firmanNya SWT: (Dan Dia menahan (benda-benda) langit yang jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya) (Surah Al-Hajj: 65) Kemudian jika hari kiamat terjadi, bumi dan langit akan diganti dengan bumi dan langit yang lain. Lalu orang-orang mati dikeluarkan dari kuburnya dalam keadaan hidup dengan perintah Allah SWT dan setelah Dia memanggil mereka. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur)) sebagaimana Allah SWT berfirman: (yaitu pada hari Dia memanggil kamu, lalu kamu mematuhi-Nya sambil memuji-Nya, dan kamu mengira bahwa kamu tidak berdiam (di dalam kubur) kecuali sebentar saja (52)) (Surah Al-Isra’)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 24: Di antara tanda yang menunjukkan atas kuasa dan keagungan Allah bahwasanya petir menunjukkan kepada kalian akan sebuah ketakutan yang menimpa kalian dengan kilatan yang mengerikan, dan hujan yang menjadikan ketenangan kalian sehingga dapat menjadi manfaat bagi kalian, dengan turunnya hujan tersebut bumi menjadi hidup setelah kering dan gersang serta menumbuhkan pertaniaan. Sungguh semua itu adalah tanda yang menunjukkan atas kuasa Allah dan keagungan-Nya; Bagi kaum yang menggunakan akal mereka dan memikirkan atas segala tanda itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni termasuk tanda-tanda yang menunjukkan merata ihsan-Nya, luas ilmu-Nya, sempurna kerapian-Nya, besarnya hikmah-Nya adalah apa yang disebutkan pada ayat di atas.

Bagi musafir karena takut kepada halilintar.

Bagi yang mukim karena ingin hujan turun.

Yakni mengerti apa yang didengar dan dilihatnya, dan dari sana mereka dapat mengetahui sesuatu yang ditunjukkan olehnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 24

Dan di antara tanda-tanda kebesaran dan rahmat-Nya adalah bahwa dia memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan khususnya di saat kamu dalam perjalanan dan di sisi lain ia menjadi harapan akan turunnya hujan bagi kamu yang dilanda kekeringan. Dan dia menurunkan air hujan dari langit, yakni arah atas, lalu dengan air itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati dan kering. Hujan itu juga menjadi bukti karunia-Nya kepada manusia dan binatang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan-Nya bagi kaum yang mengerti atau mau berpikir bahwa hari kebangkitan itu niscaya adanya. 25. Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah berdirinya langit tanpa penyangga dan bumi yang terhampar dengan kehendak-Nya. Kemudian, apabila kamu wafat dan dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi pada hari kiamat, seketika itu kamu keluar dari kubur untuk menghadap Allah guna menjalani proses hisab dengan seadil-adilnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjabaran dari berbagai ulama tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Ar-Rum ayat 24 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita semua. Sokong perjuangan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dilihat

Telaah berbagai topik yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Hujurat 10-12, At-Taubah 105, At-Takwir, Al-Insyirah 8, At-Tahrim 8, Al-Isra 26-27. Ada pula Al-Insyiqaq, Al-Baqarah 148, At-Taubah 122, Ath-Thalaq 2-3, Al-Alaq 1-5, Al-Mu’minun.

  1. Al-Hujurat 10-12
  2. At-Taubah 105
  3. At-Takwir
  4. Al-Insyirah 8
  5. At-Tahrim 8
  6. Al-Isra 26-27
  7. Al-Insyiqaq
  8. Al-Baqarah 148
  9. At-Taubah 122
  10. Ath-Thalaq 2-3
  11. Al-Alaq 1-5
  12. Al-Mu’minun

Pencarian: surah al baqarah ayat 80, ayat 172 al baqarah, attalaq ayat 3, al baqarah 209, surat al baqarah ayat 94

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: