Surat Ar-Rum Ayat 23

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦ مَنَامُكُم بِٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ وَٱبْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِۦٓ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

Arab-Latin: Wa min āyātihī manāmukum bil-laili wan-nahāri wabtigā`ukum min faḍlih, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yasma'ụn

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

« Ar-Rum 22Ar-Rum 24 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Terkait Surat Ar-Rum Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir berharga dari ayat ini. Ada beragam penafsiran dari banyak mufassirun terkait makna surat Ar-Rum ayat 23, misalnya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan diantara bukti Kuasa ini adalah bahwa Allah menjadikan tidur sebagai istirahat bagi kalian di malam atau siang hari, karena dengan tidur, istirahat terwujud dan kelelahan hilang. Dan Dia menjadikan siang hari untuk kalian sebagai waku menyebar mencari rizki. Sesungguhnya yang demikian itu merupakan bukti atas kesempurnaan Kuasa Allah dan terlaksananya kehendakNya bagi kaum yang mendengar nasihat dengan pendengaran yang mengandung perenungan, berpikir dan mengambil pelajaran.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

23. Dan termasuk tanda-tanda kekuasaan Allah adalah tidur kalian di kegelapan malam dan di siang hari sebagai istirahat bagi tubuh kalian, dan menjadikan siang bagi kalian sebagai waktu mencari rezeki dari karunia Allah.

Sungguh pengaturan Allah itu merupakan tanda-tanda yang menunjukkan keesaan-Nya bagi orang-orang yang mendengar ayat-ayat dan pelajaran kemudian mengambil manfaat darinya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

23. Di antara tanda-tanda-Nya yang agung yang menunjukkan kekuasaan-Nya dan keesaan-Nya, yaitu tidur kalian di waktu malam dan tidur kalian di siang hari untuk beristirahat dari letihnya pekerjaan kalian. Di antara tanda-tanda-Nya bahwa Dia menjadikan siang agar kalian bergerak di muka bumi untuk mencari rezeki dari Rabb kalian. Sesungguhnya di dalam hal itu benar-benar terdapat bukti-bukti bagi kaum yang mendengarkan dengan pendengaran yang penuh perhatian dan penerimaan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. وَمِنْ ءَايٰتِهِۦ مَنَامُكُم بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari)
Yakni kalian tidur di malam hari dan terkadang di siang hari untuk beristirahat.

وَابْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِۦٓ ۚ( dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya)
Yakni pada siang dan malam hari. Karena siang dan malam hari mungkin untuk melakukan itu. Dan tidur mirip dengan kematian, sedangkan bekerja dan berusaha mirip dengan kehidupan setelah kematian.

إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ(Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan)
Yakni orang-orang yang mendengarkan ayat-ayat dan pelajaran dengan penuh perhatian, sehingga mereka dapat menggunakannya sebagai bukti atas hari kebangkitan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Dan di antara ayat-ayat Allah SWT atau dalil-dalil kekuasaanNya adalah tidur kalian di malam hari untuk beristirahat dan usaha kalian (pencarian kalian) untuk mendapat rejeki dan penghidupan di siang hari. Sesungguhnya dalam hal itu ada dalil-dalil yang jelas atas adanya kebangkitan bagi kaum yang mau mendengarkan nasehat dengan merenungi dan memikirkannya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Di antara tanda-tandaNya ialah tidur kalian pada waktu malam dan siang serta usaha kalian mencari sebagian dari karuniaNya} pencarian kalian dari rezekiNya di waktu siang {Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

23. maksudnya, mendengarkan dengan penuh perenungan dan menghayati makna-maknanya. Tanda-tanda itu ada pada semua itu. Sesungguhnya yang demikian itu membuktikan (menunjukkan) rahmat Allah, sebagaimana difirmankanNya dalam ayat lain, “dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepadaNya,” (al-qahahsh:73)
Dan menunjukkan akan kesempurnaan hikmah (kebijaksanaan)Nya, sebab, hikmahNya menuntut ketenangan manusia pada suatu waktu agar mereka bisa beristirahat dan berkumpul. Dan pertebaran mereka pada satu waktu untuk menunaikan berbagai maslahat agama dan dunia mereka, dan itu semua tidak akan bisa dilaksanakan secara sempurna kecuali dengan adanya silih bergantinya siang dan malam; dan Yang Esa melakukan semua itu adalah yang berhak diibadahi.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 22-23
Allah SWT: (Di antara tanda-tanda kekuasaanNya) yang menunjukkan atas kekuasaanNya yang Maha Agung (Dia menciptakan langit dan bumi) yaitu, Dia menciptakan langit yang tinggi, luas, berkilauan planet-planet dan bintang-bintangnya, baik yang tetap maupun beredar, dan menciptakan bumi yang datar dan padat, serta apa yang ada padanya berupa gunung-gunung, lembah-lembah, laut, padang pasir, hewan-hewan, dan pepohonan.
Firman Allah SWT: (dan berlain-lainan bahasamu) yaitu bahasa-bahasa, dimana mereka ada yang berbahasa Arab, ada yang dari bangsa Tartar yang memiliki bahasa lain, ada yang berbahasa Persia, ada yang berbahasa Romawi, ada yang berbahasa Franj, ada yang berbahasa Berber, ada yang berbahasa Takruri, ada yang berbahasa Habasyah, ada yang berbahasa Hindu, ada yang berbahasa non Arab, ada yang berbahasa Shaqalibah, ada yang berbahasa Khazar, ada yang berbahasa Armin, ada yang berbahasa Kurdi sampai bahasa-bahasa lain yang tidak diketahui selain Allah yang beragam dan berbeda bahasa dan warna kulit anak cucu Adam yang merupakan ciri khas mereka. Semua penduduk bumi (yaitu di dunia sejak Allah menciptakan nabi Adam sampai hari kiamat) semuanya mempunyai dua mata, dua alis, satu hidung, kelopak mata, mulut, dan pipi, namun seseorang dari mereka tidak serupa dengan yang lain. Tetapi masing-masing pasti mempunyai ciri yang membedakan dengan yang lainnya, baik dalam hal rupa, bentuk, atau bahasa yang jelas dan yang samar, yang diketahui saat direnungi. Setiap wajah mereka mempunyai pola dan bentuk yang berbeda satu sama lain. Seandainya ada segolongan yang mempunyai ciri yang sama dalam yang lain dalam hal ketampanan atau keburukan rupa, maka pasti ada perbedaan di antara masing-masing di antara mereka dengan yang lain. (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui) (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya) yaitu di antara tanda-tanda kekuasaanNya adalah Allah menjadikan tidur di malam dan siang hari yang dengannya kamu bisa mendapatkan istirahat, berhenti melakukan aktifitas, dan menghilangkan kelelahan dan keletihan. Dia menjadikan siang hari bagi kalian untuk bertebaran dan berusaha, dan ini merupakan lawan dari tidur (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan) yaitu merenungkannya


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 23: Di antara tanda yang menunjukkan kuasa-Nya atas hari kebangkitan adalah bahwasanya Allah hidupkan kalian siang dan malam, terkadang untuk siang Allah jadikan waktu untuk istirahat, kemudian jika telah muncul siang, kalian menyebar untuk berusaha mencari rezeki dan penghidupan kalian. Sungguh tidur kalian adalah sebagaimana permisalan hari kebangkitan ketika kalian bangun dari tidur kalian. Tanda ini akan menjadi bermanfaat bagi mereka yag mendengar dengan pendengaran yang penuh penghayatan dan pemahaman serta pembahasan akan sesuatu yang hakiki.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Apa yang disebutkan dalam ayat tersebut adalah dalil yang menunjukkan kasih sayang Allah Subhaanahu wa Ta'aala dan sempurnanya hikmah-Nya, karena hikmah-Nya menghendaki agar manusia diam pada waktu tertentu untuk beristirahat dan bertebaran lagi pada waktu yang lain untuk maslahat agama dan dunia mereka, dan hal itu tidaklah sempurna kecuali dengan adanya pergantian malam dan siang. Zat yang sendiri mengatur itu Dialah yang berhak diibadahi.

Yakni mendengarkan sambil memikirkan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 23

Allah menciptakan pergantian siang dan malam sebagai bukti kekuasaan dan rahmat-Nya. Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya yang lain ialah tidurmu untuk istirahat pada waktu malam setelah kamu beraktivitas pada siang hari, dan pada siang hari kamu beraktivitas kembali, dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya berupa rezeki yang telah diatur oleh-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran dan keesaan-Nya bagi kaum yang mendengarkan dengan saksama agar dapat menumbuhkan sifat kanaah (menerima dengan ikhlas segala karunia-Nya) dan kemantapan jiwa serta kesadaran penuh atas kemahakuasaan-Nya. 24. Dan di antara tanda-tanda kebesaran dan rahmat-Nya adalah bahwa dia memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan khususnya di saat kamu dalam perjalanan dan di sisi lain ia menjadi harapan akan turunnya hujan bagi kamu yang dilanda kekeringan. Dan dia menurunkan air hujan dari langit, yakni arah atas, lalu dengan air itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati dan kering. Hujan itu juga menjadi bukti karunia-Nya kepada manusia dan binatang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan-Nya bagi kaum yang mengerti atau mau berpikir bahwa hari kebangkitan itu niscaya adanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penjabaran dari banyak mufassirun mengenai makna dan arti surat Ar-Rum ayat 23 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita. Bantulah usaha kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Banyak Dikunjungi

Nikmati berbagai halaman yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 148, Ath-Thalaq 2-3, At-Tahrim 8, Al-Mu’minun, Al-Insyiqaq, Al-Hujurat 10-12. Termasuk Al-Insyirah 8, Al-Alaq 1-5, At-Takwir, At-Taubah 122, At-Taubah 105, Al-Isra 26-27.

  1. Al-Baqarah 148
  2. Ath-Thalaq 2-3
  3. At-Tahrim 8
  4. Al-Mu’minun
  5. Al-Insyiqaq
  6. Al-Hujurat 10-12
  7. Al-Insyirah 8
  8. Al-Alaq 1-5
  9. At-Takwir
  10. At-Taubah 122
  11. At-Taubah 105
  12. Al-Isra 26-27

Pencarian: al ahzab ayat 1, al maidah ayat 2 dan 3 beserta artinya, tabarokalladzi surat apa, al hajj ayat 2, surat al-baqarah ayat 280

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: