Surat An-Naml Ayat 70

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุญู’ุฒูŽู†ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽูƒูู† ููู‰ ุถูŽูŠู’ู‚ู ู…ู‘ูู…ู‘ูŽุง ูŠูŽู…ู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Wa lฤ taแธฅzan 'alaihim wa lฤ takun fฤซ แธaiqim mimmฤ yamkurแปฅn

Artinya: Dan janganlah kamu berduka cita terhadap mereka, dan janganlah (dadamu) merasa sempit terhadap apa yang mereka tipudayakan".

ยซ An-Naml 69 โœต An-Naml 71 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Tentang Surat An-Naml Ayat 70

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naml Ayat 70 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasi sekumpulan penafsiran dari banyak mufassirin berkaitan isi surat An-Naml ayat 70, misalnya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan janganlah kamu bersedih hati atas sikap berpaling kaum musyrikin dan pendustaan mereka terhadapmu, dan janganlah hati kamu menjadi sempit gara-gara tipu daya mereka terhadapmu. Sesungguhnya Allah akan menolongmu atas mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

70. Allah meneguhkan hati Rasulullah dan menentramkan kegalauannya akibat penderitaan yang dia dapatkan di jalan dakwah: โ€œJanganlah kamu membinasakan dirimu akibat kesedihanmu terhadap kaummu yang mendustakan; kewajibanmu hanyalah menyampaikan risalah, maka janganlah dadamu menjadi sempit karena tipu daya dan kedustaan yang ditujukan kepadamu. Allah akan menolongmu atas mereka.โ€


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

70. Janganlah kamu sedih karena berpalingnya orang-orang musyrik dari dakwahmu, janganlah hatimu merasa sempit karena memperhatikan apa yang mereka perbuat dalam rangka mempedayamu, karena Allah bersamamu dan akan menolongmu menghadapi mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

70. ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุญู’ุฒูŽู†ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ (Dan janganlah kamu berduka cita terhadap mereka)
Akibat kekafiran yang terus menerus mereka lakukan.

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽูƒูู† ููู‰ ุถูŽูŠู’ู‚ู(dan janganlah (dadamu) merasa sempit)
Makna (ุถูŽูŠู’ู‚ู) adalah sesuatu yang dapat membuat hati sempit.

ู…ูู‘ู…ูŽู‘ุง ูŠูŽู…ู’ูƒูุฑููˆู†ูŽ(terhadap apa yang mereka tipudayakan)
Yakni janganlah kamu merasa sempit dalam berdoa kepada Allah akibat tipu daya yang mereka lakukan terhadapmu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

70. Janganlah kamu berduka cita terhadap pendustaan mereka terhadapmu dan pengingkaran mereka terhadap hari kebangkitan dan ajaranmu wahai Nabi. Jangan berkecil hati atau dadamu merasa sempit terhadap apa yang mereka tipudayakan. Sesungguhnya Allah melindungi, menjaga, dan menolongmu dari mereka".


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Janganlah bersedih terhadap mereka dan janganlah merasa sempit} merasa berdosa di dalam dada {terhadap tipu daya mereka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

70. Maksudnya, janganlah kamu bersedih, wahai Muhammad, terhadap orang-orang yang mendustakan itu dan ketidakberimanan mereka; karena sesungguhnya kamu, kalau saja mengetahui apa yang ada pada mereka dari keburukan dan bahwa mereka sebenarnya tidak layak untuk kebaikan, tentu kamu tidak akan berduka dan bersedih, dadamu tidak akan merasa sempit dan jiwamu tidak akan merasa gelisah dengan tipu daya mereka, karena sesungguhnya tipu daya mereka akan kembali menimpa mereka sendiri,
"Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya." (Ali- Imran:54).


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 67-70
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang orang-orang musyrik bahwa mereka menganggap mustahil tubuh-tubuh ini dibangkitkan kembali setelah menjadi tulang belulang yang telah hancur. Kemudian mereka berkata: (Sesungguhnya kami telah diberi ancaman dengan ini dan (juga) bapak-bapak kami dahulu) yaitu kami dan bapak-bapak kami masih mendengar ancaman ini , tetapi kami tidak pernah melihat kenyataannya dan kejadiannya.
Ucapan mereka: (ini tidak lain hanyalah dongengan-dongengan orang dahulu kala) yang mereka maksud adalah peringatan bahwa tubuh-tubuh ini akan dihidupkan kembali (tidak lain hanyalah dongengan-dongengan orang-orang dahulu kala) yaitu diambil suatu kaum dari orang-orang sebelum mereka melalui kitab-kitab mereka, sebagian dari mereka menerimanya dari sebagian lain, padahal tidak ada kenyataannya. Allah SWT berfirman seraya menjawab dugaan mereka yang kafir dan tidak percaya kepada hari kebangkitan (Katakanlah) wahai Muhammad, kepada mereka (Berjalanlah kalian (di muka) bumi, lalu perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang berdosa) yaitu mendustakan para rasul dan apa yang mereka bawa berupa adanya hari kebangkitan serta berita-berita lain, bagaimana azab dan pembalasan Allah menimpa mereka, dan Allah menyelamatkan di antara mereka para rasulNya yang mulia dan para pengikut mereka yang beriman. Hal itu menunjukkan kebenaran dari apa yang disampaikan para rasul itu.
Kemudian Allah SWT berfirman seraya menghibur NabiNya SAW: (Dan janganlah kamu berduka cita terhadap mereka) yaitu terhadap orang-orang yang mendustakan apa yang engkau sampaikan, dan janganlah menyesali perbuatan mereka, dan jangan biarkan dirimu kecewa karena sikap mereka (dan janganlah (dadamu) merasa sempit terhadap apa yang mereka tipu dayakan) dalam menjerumuskanmu dan menyanggah apa yang kamu sampaikan kepada mereka. Karena sesungguhnya Allah adalah pendukung, penolong, dan Dzat yang memenangkan agamamu atas orang-orang yang menentangmu baik di timur maupun barat


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naml ayat 70: Kemudian Allah memerintahkan Nabi-Nya Muhammad ๏ทบ agar tidak bersedih atas kelakuan mereka yang mengingkari, dan agar tidak membantah mereka lagi atasmu, jangan pula membuat makar dan jangan pula menipu mereka serta jangan berkecil hati akan hal itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ayat ini merupakan hiburan bagi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam agar tidak mempedulikan tipu daya mereka terhadap Beliau, karena Allah yang akan membela Beliau.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naml Ayat 70

Laksanakanlah tugasmu dengan sebaik mungkin, dan janganlah engkau wahai nabi Muhammad bersedih hati terhadap mereka yang enggan mengikuti ajaran yang engkau sampaikan, sebab tugasmu hanyalah menyampaikan risalah kami, dan janganlah pula dadamu merasa sempit terhadap upaya tipu daya mereka, sebab kami akan menolongmu dan melindungimu dari itu semua. '71. Pendustaan orang-orang kafir itu telah mencapai puncaknya, dan mereka meminta agar siksa itu segera didatangkan dengan selalu berkata, 'kapankah datangnya janji azab yang kamu ancamkan itu' buktikan jika kamu, wahai nabi Muhammad dan pengikutmu, adalah orang yang benar dalam janji dan ancamanmu itu. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penafsiran dari kalangan ahli ilmu terkait isi dan arti surat An-Naml ayat 70 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita bersama. Dukunglah kemajuan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dicari

Telaah berbagai materi yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Isra 1, Ali ‘Imran 134, Al-Infithar, Al-Baqarah 2, Al-Ahzab 21, Al-Isra 23-24. Termasuk Ar-Ra’d, Al-Baqarah 30, Ali ‘Imran 133, Al-Jumu’ah 9, Az-Zariyat 56, Al-Baqarah 186.

  1. Al-Isra 1
  2. Ali ‘Imran 134
  3. Al-Infithar
  4. Al-Baqarah 2
  5. Al-Ahzab 21
  6. Al-Isra 23-24
  7. Ar-Ra’d
  8. Al-Baqarah 30
  9. Ali ‘Imran 133
  10. Al-Jumu’ah 9
  11. Az-Zariyat 56
  12. Al-Baqarah 186

Pencarian: sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri yaitu orang-orang yang, surah al hujurat 49 ayat 13, arti an nisa ayat 36, surat maryam ayat 1-5, arti dari lam yalid walam yulad

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: