Surat Al-Mu’minun Ayat 118

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَقُل رَّبِّ ٱغْفِرْ وَٱرْحَمْ وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Arab-Latin: Wa qur rabbigfir war-ḥam wa anta khairur-rāḥimīn

Artinya: Dan katakanlah: "Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik".

« Al-Mu'minun 117An-Nur 1 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Berkaitan Surat Al-Mu’minun Ayat 118

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 118 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah menarik dari ayat ini. Tersedia beraneka penjelasan dari para mufassirin terkait makna surat Al-Mu’minun ayat 118, sebagiannya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Katakanlah wahai Nabi, “Wahai Tuhanku, maafkanlah dosa-dosa dan berilah rahmat. Sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik Dzat yang merahmati orang yang memiliki dosa dan tidak menyiksanya karena dosanya, maka terimalah taubatnya.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

118. Hai Rasulullah, katakanlah: “Ya Allah, ampunilah aku dan orang-orang beriman, dan rahmatilah kami dengan rahmat-Mu yang luas, Engkau adalah sebaik-baik pemberi rahmat dan rahmat-Mu meliputi segalanya.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

118. Dan katakanlah -wahai Rasul-, "Wahai Tuhanku! Ampunilah dosa-dosaku, dan curahkanlah kepadaku rahmat-Mu, sebab Engkaulah sebaik-baik pemberi rahmat pada orang yang berdosa, lalu menerima tobatnya."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

118. وَقُل رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنتَ خَيْرُ الرّٰحِمِينَ (Dan katakanlah: “Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik”)
Allah memerintahkan Rasulullah untuk beristighfar agar umatnya meneladaninya dalam mengerjakannya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

118. Katakanlah wahai Nabi: "Ya Tuhanku, ampunilah aku beserta orang-orang mukmin. Rahmati dan kasihanilah hamba-hamba-Mu dengan rahmat yang luas baik hamba-Mu yang berbuat baik atau berbuat buruk. Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik"


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah,“Ya Tuhanku, berilah ampunan dan rahmat. Engkaulah sebaik-baik pemberi rahmat”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

118 “dan katakanlah” untuk menyembah Rabbmu dengan ikhlas kepada agama islam, “Ya Rabbku, berilah ampun” untuk kami hingga engkau menyelamatkan kami dari (neraka) yang dibenci, dan berilah kami rahmat agar Engkau menyampaikan kami kepada segala kebaikan dengan rahmatMu. “ dan Engkau adalah pemberi rahmat Yang paling baik,” sehingga segala pemberi bagi hamba, maka Allah-lah yang yang lebih baik darinya untuk hamba, lebih memberi rahmat terhadap hambaNya daripada seorang ibu kepada anaknya, serta lebih memberi rahmat kepada dirinya daripada dirinya sendiri.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 117-118
Allah SWT berfirman seraya mengancam orang yang menyekutukanNya dengan sembahan lain dan menyembah sembahan selain Dia bersamaNya, dan memberitahukan bahwa sesungguhnya orang yang menyekutukan Allah itu tidak mempunyai bukti yang menguatkan perbuatannya, yaitu tidak ada dalil yang melandasi pendapatnya yang demikian itu. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan barangsiapa menyembah tuhan yang lain di samping Allah, padahal tiada suatu dalil pun baginya tentang itu) yaitu kalimat sisipan, dan jawab dari syarat dalam firman Allah SWT: (maka sesungguhnya perhitungannya di sisi Tuhannya) yaitu Allahlah yang kelak akan menghisab perbuatan itu. Kemudian Allah SWT memberitahukan: (Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung) yaitu, kelak di hari kiamat di hadapan Allah tidak mendapatkan keberuntungan dan keselamatan.
Firman Allah: (Dan katakanlah, "Ya Tuhanku, berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah Pemberi rahmat yang paling baik” (118)) ini adalah pemberian petunjuk dari Allah SWT dalam berdoa kepadaNya. Ampunan maknanya adalah Allah menghapus dosa-dosanya dan menyembunyi­kannya dari manusia. Rahmat adalah Allah memberikan bimbingan dan taufik dalam semua ucapan dan perbuatannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 118: Seraya berdoa kepada Tuhanmu dengan mengikhlaskan ibadah kepada-Nya.

Agar kami selamat dari semua yang tidak diinginkan.

Agar dengan rahmat-Mu kami dapat mencapai semua kebaikan.

Setiap yang memiliki rasa kasihan kepada seorang hamba, maka Allah lebih baik lagi daripadanya. Dia lebih sayang kepada hamba-Nya daripada seorang ibu terhadap anaknya dan daripada rasa sayang seseorang terhadap dirinya. Selesai tafsir surah Al Mu’minun dengan pertolongan Allah dan taufiq-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 118

118. Dan katakanlah, wahai nabi Muhammad, 'ya tuhanku, berilah ampunan kepadaku dan umatku, dan berilah rahmat kepada kami semua. Engkau adalah maha pengampun dan engkaulah pemberi rahmat yang terbaik. '[]1. Surah ini dibuka dengan penegasan bahwa ketentuan hukum Allah wajib dilaksanakan. 'inilah suatu surah yang kami turunkan dan kami wajibkan bagi kamu untuk menjalankan hukum-hukum di dalam-Nya, dan kami turunkan di dalamnya tanda-tanda yang jelas tentang kekuasaan dan keesaan kami agar kamu selalu ingat dan mengambil pelajaran darinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penjabaran dari banyak mufassirin terhadap isi dan arti surat Al-Mu’minun ayat 118 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita semua. Bantulah kemajuan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dikunjungi

Terdapat ratusan materi yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Waqi’ah 35-38, Al-Hujurat, Al-Baqarah 1-5, Al-Furqan 63, As-Sajdah, At-Taubah 128-129. Ada juga Ath-Thariq, Al-Baqarah 155, Al-Baqarah 275, At-Tahrim 6, An-Nahl 125, Ar-Ra’d 28.

  1. Al-Waqi’ah 35-38
  2. Al-Hujurat
  3. Al-Baqarah 1-5
  4. Al-Furqan 63
  5. As-Sajdah
  6. At-Taubah 128-129
  7. Ath-Thariq
  8. Al-Baqarah 155
  9. Al-Baqarah 275
  10. At-Tahrim 6
  11. An-Nahl 125
  12. Ar-Ra’d 28

Pencarian: asy syura 40, al an'am 103 barang hilang, al buruj berapa ayat, al.qoriah, surat as syamsu

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: