Surat Al-Mu’minun Ayat 88

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قُلْ مَنۢ بِيَدِهِۦ مَلَكُوتُ كُلِّ شَىْءٍ وَهُوَ يُجِيرُ وَلَا يُجَارُ عَلَيْهِ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Qul mam biyadihī malakụtu kulli syai`iw wa huwa yujīru wa lā yujāru 'alaihi ing kuntum ta'lamụn

Artinya: Katakanlah: "Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika kamu mengetahui?"

« Al-Mu'minun 87Al-Mu'minun 89 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Dengan Surat Al-Mu’minun Ayat 88

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 88 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan berharga dari ayat ini. Didapati beraneka penjelasan dari berbagai ulama tafsir terhadap isi surat Al-Mu’minun ayat 88, misalnya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Katakanlah, “Siapakah Pemilik segala sesuatu dan yang di TanganNya perbendaharaan segala sesuatu? Dan siapakah yang dapat melindungi orang yang memohon perlindungan? Tidak ada seorang pun yang kuasa melindungi dan menjaga seseorang yang Allah berkehendak untuk membinasakannya, dan tidak dapat menolak keburukan yang Allah telah takdirkan, bila kalian mengetahui hal tersebut?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

88. Katakanlah kepada mereka, "Siapakah yang ditangan-Nya berada kekuasaan segala sesuatu, tiada sesuatu pun yang keluar dari kekuasaan-Nya, Dia melindungi hamba-hamba yang dikehendaki-Nya, dan tidak ada yang dapat melindungi hamba yang ditetapkan keburukan oleh-Nya maupun menghalanginya dari azab, jika kalian mengetahui?"


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

88. قُلْ مَنۢ بِيَدِهِۦ مَلَكُوتُ كُلِّ شَىْءٍ (Katakanlah: “Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu)
Makna (الملكوت) adalah kerajaan.

وَهُوَ يُجِيرُ (sedang Dia melindungi)
Yakni Dia menolong atau membiarkan siapa yang Dia kehendaki.

وَلَا يُجَارُ عَلَيْهِ(tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya)
Yakni tidak ada seorangpun yang dapat menyelamatkan orang lain dari azab Allah, tidak ada yang mampu menolong dan menyelamatkan orang itu kecuali Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

88. Katakan juga kepada mereka: "Siapakah yang di tangan-Nya ada kekuasaan atas segala sesuatu, Dia Maha Melindungi, tetapi tidak ada yang dapat berlindung dari azab-Nya. Juga tidak ada sesuatu apapun yang dapat menyelamatkan dari azab-Nya. Jika memang kalian mengetahui itu, maka katakan padaku."


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah,“Siapakah yang di tanganNya kekuasaan} kekuasaan {segala sesuatu, dan Dia melindungi} melindungi siapa saja yang Dia kehendaki dari hambaNya dari orang yang hendak berbuat buruk dan mudharat kepadanya {dan tidak ada yang dapat dilindungi dariNya} dan tidak ada satu pun yang mampu mencegah keburukan dan kemudharatan dari orang kain jika Allah menghendaki hal itu terhadapnya {jika kalian mengetahui”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

88-89 Berikutnya, beralih kepada pengakuan mereka mengenai sesuatu yang lebih umum dari itu semuanya. Allah berfirman, “katakanlah, ‘siapakah yang ditanganNya berada kekuasaan atas segala sesuatu’.” Maksudnya, segala kerajaan di wilayah atas maupun di wilayah bawah, yang dapat kita saksikan maupun tidak dapat kita tangkap. Kata malakut, merupakan bentuk mubalaghah yang artinya kerajaan.
“sedang Dia melindungi,” para hambaNya dari kejelekan dan menyingkirkan hal-hal yang tidak mengenakan, serta melindungi mereka dari marabahaya yang membahayakan mereka. “tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab) Nya,” maksudnya tidak ada seorangpun yang mampu menghalangi Allah dan menyingkirkan keburukan yang telah Allah tetapkan. Bahkan tidak ada seorangpun yang bisa mengeluarkan syafa’at di sisiNya-kecuali dengan izinNya. “mereka akan menjawab,’kepunyaan Allah’,” mereka akan menyampaikan pengakuan bahwa Allah-lah yang memiliki Dzat segala sesuatu, Yang melindungi, tanpa ada kekuatan apapun yang sanggup menghalangi (siksa) Nya.
“katakanlah,” kepada mereka manakala mengakuinya untuk menuntut mereka “maka dari jalan manakah kamu ditipu,” kemana akal-akal kalian lenyap, saat kalian beribadah kepada obyek-obyek yang sudah kalian ketahui tidak mempunyai kerajaan, ataupun tidak mempunyai bagian dari kerajaan itu. Mereka lemah dari seluruh segi, sementara kalian meninggalkan pemurnian ibadah kepada Dzat pemilik Yang Mahaagung, Mahakuasa, Yang Mengatur segala urusan?
Akal-akal yang menuntun kalian kepada fakta ini, telah tersihir. Tidak syak lagi tidak dirasuki sihir oleh setan melalui tipuan yang ia hiasi dengan indah pada pandangan mereka dan ia telah mempercantiknya dan memutar balikan fakta kepada mereka hingga berhasil menyihir akal-akal mereka, sebagaimana para tukang sihir berhasil memperdayai pandangan manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 84-90
Allah SWT menetapkan keesaanNya, bahwa Dialah Dzat yang menciptakan, mengatur, dan memiliki semua makhluk untuk menunjukkan bahwa sesungguhnya Dialah Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia, tidak ada yang berhak disembah selain Dia, tidak ada sekutu bagiNya. Oleh karena itu Allah SWT berfirman kepada RasulNya SAW agar mengatakan kepada orang-orang musyrik yang menyembah tuhan-tuhan lain bersama Dia, bahwa tidak ada sekutu bagi Allah, Meskupun dengan semua ini tetap menyekutukan Allah dengan yang selain Dia, mereka menyembah tuhan-tuhan selain Dia bersamaNya, padahal mereka mengakui bahwa apa yang mereka sembah itu tidak dapat menciptakan apa pun, tidak memiliki sesuatu apapun, dan tidak dapat menekan sesuatu apapun. Bahkan mereka yakin bahwa itu dapat mendekatkan diri mereka kepada Allah. ("Kami tidak menyembah mereka (berhala-berhala) melainkan . supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya”) (Surah Az-Zumar: 3) dan Allah berfirman: (Katakanlah, "Kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya?")
yaitu, siapakah pemiliknya yang telah menciptakannya dan semua makhluk yang ada di dalamnya, berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, dan makhluk-makhluk lainnya (Jika kalian mengetahui?” (84) Mereka akan menjawab, "Ke­punyaan Allah") yaitu mereka mengaku kepadamu bahwa semuanya adalah milik Allah, tidak ada sekutu bagiNya. Apabila kenyataannya demikian (Katakanlah, "Maka apakah kalian tidak ingat?") bahwa yang berhak disembah itu hanyalah Tuhan Yang Maha Pencipta dan Maha Pemberi rezeki, bukan selain Dia (Katakanlah, "Siapakah Tuhan langit yang tujuh dan Tuhan'Arasy yang besar?" (86)) yaitu siapakah yang menciptakan langit dan semua yang ada padanya berupa bintang yang bersinar, semua malaikat yang tunduk kepadaNya di semua penjuru langit? Dan siapakah Tuhan 'Arsy yang besar itu? yang atap semua makhluk,
Disebutkan dalam hadits lain,”Tidaklah tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi beserta segala sesuatu yang ada pada keduanya jika dibandingkan dengan kursiNya, melainkan seperti sebuah gelang yang dilemparkan di sebuah padang pasir yang luas. Dan sesungguhnya kursiNya dan segala sesuatu yang ada padanya jika dibandingkan dengan 'Arsy sama dengan sebuah gelang yang berada di padang pasir itu”
Oleh karena itu Allah berfirman di sini: (dan Yang Empunya 'Arsy yang agung) yaitu sangat besar.
Allah berfirman di akhir surah (Tuhan (yang mempunyai) 'Arsy yang mulia) yaitu yang megah dan indah. Dengan demikian, pengertian 'Arsy tergabung antara luas, tinggi, indah, dan megah
Firman Allah: (Mereka akan menjawab, "Kepunyaan Allah.” Katakanlah, "Maka apakah kalian tidak bertakwa?" (87)) yaitu apabila kalian mengakui bahwa Dia adalah Tuhan langit dan Tuhan 'Arsy yang agung, maka bagaimana bisa kalian tidak takut kepada siksaNya dan tidak menghindari azabNya karena penyembahan kalian kepada tuhan selain Dia bersamaNya dan kalian menyekutukanNya dengan yang lain?
(Katakanlah, "Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu”) yaitu, siapakah yang memiliki semua kerajaan ini (Tidak ada suatu binatang melata pun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya) (Surah Hud: 56) yaitu yang mengaturnya. Rasulullah SAW bersabda,”Tidak, demi Tuhan yang jiwaku berada dalam genggamanNya” Dan apabila Nabi SAW bersungguh-sungguh dalam sumpahnya, beliau bersabda: “Tidak, demi Dzat Yang membolak-balikkan hati”
Dialah Dzat Yang Maha Pencipta, Yang Maha Memiliki dan Yang Maha Mengatur (sedangkan Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)Nya, jika kalian mengetahui) orang-orang Arab apabila seseorang dari pemimpin mereka memberikan tempat kepada seseorang, maka orang itu berada dalam lindungannya, tidak boleh ada seseorangpun yang melanggar perlin­dungannya. Oleh karena itu Allah berfirman: (sedangkan Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)Nya) yaitu Dia adalah Tuhan Yang Maha Besar, tidak ada yang lebih besar dariNya. MilikNyalah semua makhluk dan perkara, tidak ada yang menghalangi keputusanNya yang tidak dapat dicegah dan tidak dapat ditentang. Apa yang Dia kehendaki, pasti terjadi, dan apa yang tidak Dia kehendaki, pasti tidak terjadi. Allah SWT berfirman: (Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuatNya, dan merekalah yang akan ditanyai (23)) (Surah Al-Anbiya’) yaitu, tidak ada yang mempertanyakan apa yang Dia perbuat karena Keagungan, Kebesaran, Keperkasaan, Kemuliaan, Hikmah, dan KeadilanNya, sedangkan semua makhluk akan dimintai pertanggungjawaban atas amal perbuatan mereka. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka demi Tuhanmu, Kami pasti akan menanyai mereka semua (92) tentang apa yang telah mereka kerjakan dahulu (93)) (Surah Al-Hijr)
Firman Allah: (Mereka akan menjawab, "Kepunyaan Allah”) yaitu mereka mengakui bahwa Tuhan Yang Maha Besar yang mem­berikan perlindungan dan tidak ada yang dapat dilindungi dariNya adalah Allah SWT semata, tidak ada sekutu bagiNya (Katakanlah, "(Kalau demikian) maka dari jalan manakah kalian ditipu?”) yaitu bagaimana bisa akal kalian bisa hilang sehingga kalian menyembah tuhan-tuhan selain Dia bersamaNya, padahal kalian mengakui dan mengetahui hal itu. Kemudian Allah SWT berfirman: (Sebenarnya Kami telah membawa kebenaran kepada mereka) yaitu mengetahui bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Dan Kami telah menegakkan dalil-dalil yang shahih, jelas dan pasti yang menunjukkan atas hal itu (dan sesungguhnya mereka benar-benar orang-orang yang berdusta) yaitu dalam penyembahan mereka yang menyekutukan Allah dengan lainnya, tidak ada dalil bagi mereka yang memperkuat perbuatan itu. Sebagaimana yang disebutkan di akhir surah: (Dan barangsiapa menyembah tuhan yang lain di samping Allah, padahal tidak ada suatu dalil pun baginya tentang itu, maka sesungguhnya perhitungannya di sisi Tuhannya. Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung (117)) Orang-orang musyrik tidak melakukan hal itu melainkan tanpa suatu dalil apapun yang mendorong mereka melakukan kebohongan dan kesesatannya. Sesungguhnya mereka melakukan hal tersebut hanyalah semata-mata mengikuti nenek moyang dan para pendahulu mereka yang tidak mempunyai pegangan dan bodoh, sebagaimana Allah berfirman tentang mereka: (Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama dan sesungguhnya kami adalah pengikut jejak-jejak mereka) (Surah Az-Zukhruf: 23)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 88: Alam bagian atas maupun bawah, yang kita lihat dan yang tidak kita lihat.

Dia melindungi hamba-hamba-Nya dari keburukan dan menjaga mereka dari sesuatu yang membahayakan mereka.

Tidak ada yang mampu menghindarkan keburukan yang telah Allah tetapkan, bahkan tidak ada yang dapat memberi syafaat kecuali dengan izin-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 88

88-89. Wahai nabi Muhammad! pengingkaran orang-orang kafir itu sama sekali tidak berdasar, maka katakanlah kepada mereka, 'siapa-kah yang di tangan-Nya berada kekuasaan segala sesuatu. Dia melindungi, memelihara, dan memenangkan siapa yang dikehendaki-Nya, dan tidak ada yang dapat dilindungi dari azab-Nya apabila Allah sudah menetapkan siksa baginya' jawablah pertanyaan itu jika kamu mengetahui'' mereka pasti akan menjawab, 'milik Allah. ' maka, jelas sudah apa yang sebenarnya ada di benak mereka. Katakanlah lagi, 'bila demikian maka bagaimana kamu sampai tertipu oleh hawa nafsu dan bujukan setan untuk mendurhakai-Nya dan meyakini hari kebangkitan tidak akan terjadi''88-89


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah sekumpulan penjelasan dari beragam ulama tafsir berkaitan isi dan arti surat Al-Mu’minun ayat 88 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Tersering Dikunjungi

Nikmati ratusan topik yang tersering dikunjungi, seperti surat/ayat: At-Taubah 128-129, An-Nahl 125, Al-Furqan 63, Al-Baqarah 1-5, Ar-Ra’d 28, Al-Waqi’ah 35-38. Serta Ath-Thariq, Al-Baqarah 275, At-Tahrim 6, Al-Hujurat, As-Sajdah, Al-Baqarah 155.

  1. At-Taubah 128-129
  2. An-Nahl 125
  3. Al-Furqan 63
  4. Al-Baqarah 1-5
  5. Ar-Ra’d 28
  6. Al-Waqi’ah 35-38
  7. Ath-Thariq
  8. Al-Baqarah 275
  9. At-Tahrim 6
  10. Al-Hujurat
  11. As-Sajdah
  12. Al-Baqarah 155

Pencarian: ar rum ayat 32, annisa ayat 142, annisa ayat 104, surat al mulk ayat 1-30 arab dan artinya, al kahfi ayat 45

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: