Surat Al-Mu’minun Ayat 50

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَجَعَلْنَا ٱبْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُۥٓ ءَايَةً وَءَاوَيْنَٰهُمَآ إِلَىٰ رَبْوَةٍ ذَاتِ قَرَارٍ وَمَعِينٍ

Arab-Latin: Wa ja'alnabna maryama wa ummahū āyataw wa āwaināhumā ilā rabwatin żāti qarāriw wa ma'īn

Artinya: Dan telah Kami jadikan (Isa) putera Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagi (kekuasaan Kami), dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir.

« Al-Mu'minun 49Al-Mu'minun 51 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Tentang Surat Al-Mu’minun Ayat 50

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mu’minun Ayat 50 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan hikmah berharga dari ayat ini. Didapati kumpulan penafsiran dari para ahli ilmu terkait isi surat Al-Mu’minun ayat 50, sebagiannya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Kami menjadikan Isa putra Maryam dn ibunya, sebagai pertanda yang menunjukkan Kuasa Kami, yaitu ketika Kami menciptakannya tanpa keberadaan seorang ayah, Dan Kami menjadikan bagi mereka tempat tinggal di tanah yang tinggi lagi rata untuk ditinggali, yang disitu terdapat kesuburan dan air mengalir yang tampak jelas bagi pandangan mata.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

50. Dan Kami telah menjadikan kisah Isa bin Maryam dan ibunya sebagai mukjizat yang besar. Kami telah menempatkan mereka di tempat yang tinggi di Baitul Maqdis, di sana terdapat hal-hal yang mendukung kesejahteraan, seperti air yang mengalir dan berbagai jenis buah-buahan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

50. Dan Kami telah jadikan Isa bin Maryam dan ibunya, Maryam, sebagai tanda yang membuktikan kebesaran dan kekuasaan Kami. Sungguh Maryam telah mengandung dan melahirkannya tanpa ayah. Dan Kami lindungi mereka berdua di suatu dataran tinggi dari bumi, suatu dataran yang sangat baik ditempati, dan di sana terdapat mata air yang mengalir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

50. وَجَعَلْنَا ابْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُۥٓ ءَايَةً (Dan telah Kami jadikan (Isa) putera Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata)
Yakni bukti yang menunjukkan keagungan kuasa Kami dan kehebatan penciptaan Kami.

وَءَاوَيْنٰهُمَآ إِلَىٰ رَبْوَةٍ(dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar)
Yakni dataran yang tinggi. Terdapat pendapat mengatakan yang dimaksud adalah negeri Damaskus. Dan pendapat lain mengatakan, kota Nasira.

ذَاتِ قَرَارٍ(yang banyak terdapat padang-padang rumput)
Yakni mempunyai kedamaian sehingga penduduknya dapat tinggal dengan tenang.

وَمَعِينٍ(dan sumber-sumber air bersih yang mengalir)
Yakni mata air yang mengalir di dataran tinggi tersebut.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

50. Telah Kami jadikan Isa putera Maryam beserta ibunya suatu bukti nyata atas kekuasaan Kami. Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan mudah ditanami berbagai tanaman dan buah-buahan serta terdapat sumber-sumber air bersih yang mengalir


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami telah menjadikan (Isa) putra Maryam bersama ibunya sebagai tanda} tanda yang menunjukkan atas kekuasaan Kami {dan Kami melindungi mereka} Kami menjadikan tempat mereka {di sebuah dataran tinggi} tempat yang tinggi di bumi {yang tenang untuk ditempati} tempat yang baik untuk tinggal {dengan air yang mengalir} dan air yang mengalir dengan jelas yang dilihat dengan mata


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

50 Dan kami melimpahkan karunia kepada Isa putra Maryam, dan Kami menjadikannya dan ibunya termasuk bagian dari ayat-ayat Allah yang mencengangkan. Pasalnya, ibunya mengandung dan melahirkannya tanpa keberdaan seorang ayah, mampu berbicara saat masih balita di dalam gendongan serta Allah memunculkan bukti-bukti kebesaranNya melalui tangannya.
“dan kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar,” maksudnya, tempat yang tinggi. Ini Wallahu’alam- saat persalinany. “yang banyak terdapat padang-padang rumput,” maksudnya tempat yang memiliki ketenangan dan kenyamanan, “dan sumber-sumber mata air” yaitu air yang mengalir, dengan dasar firman Allah,”sesungguhnya Rabbmu telah menjadikan di bawahmu,” yaitu dibawah permukaan tanah yang engkau tempati karena berda adi ketinggian “anak sungai” yaitu sebuah sungai, itulah mata airnya. “dan goyangkanlah pangkal pohon itu kearahmu, niscaya pohon itu akan mengugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan dan minum serta bersenang hatilah kamu.”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang hamba dan RasulNya, nabi Isa putra Maryam, Allah menjadikan keduanya sebagai tanda kekuasaanNya bagi manusia. yaitu hujjah yang jelas terhadap kekuasaan Allah atas segala sesuatu. Karena sesungguhnya Allah menciptakan nabi Adam tanpa ayah dan ibu, Dia menciptakan Hawa dari laki-laki tanpa perempuan, dan menciptakan nabi Isa dari perempuan tanpa laki-laki, dan semua manusia diciptakan melalui laki-laki dan perempuan. Firman Allah: (dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang memiliki banyak padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir) diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa “Ar-rabwah” adalah tanah tinggi, yang merupakan sebaik-baik tempat yang ditumbuhi tumbuhan. Demikian juga dikatakan Mujahid, Ikrimah, Sa'id bin Jubair dan Qatadah.
Ibnu Abbas berkata tentang firmanNya: (yang datar yang memiliki banyak padang rumput) yaitu memiliki rerumputan (dan sumber-sumber air bersih yang mengalir) yaitu air yang berlimpah ruah.
Mujahid berkata bahwa makna (qararin) adalah tanah yang datar.
Mujahid dan Qatadah berkata bahwa ma'in adalah air yang mengalir.
Mufasir berbeda pendapat tempat dataran tinggi ini, dimanakah itu berada?. Abdurrahman bin Zaid bin Aslam berkata bahwa tempat ini tidak lain adalah di Mesir, dan air yang mengalir pasti berada di bawah dataran tinggi yang di atasnya terdapat kota. Akan tetapi, pendapat ini jauh sekali dari kebenaran.
Diriwayatkan dari Sa'id bin Al-Musayyib tentang firmanNya: (dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang memiliki banyak padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir) dia berkata bahwa itu terletak di Damaskus.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (yang datar yang banyak memiliki padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir) dia berkata yaitu sungai-sungai Damaskus.
Pendapat yang paling mendekati kebenaran dalam air yang mengalir itu, yaitu sungai yang mana Allah berfirman tentang itu (sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu) (Surah Maryam: 24) Demikian juga yang dikatakan Adh-Dhahhak dan Qatadah: (di suatu tanah tinggi yang datar yang memiliki banyak padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir) yaitu Baitul Maqdis.
Pendapat ini (hanya Allah yang lebih Mengetahui) adalah pendapat yang kuat. Oleh karena itu yang disebutkan dalam ayat lain, sedangkan Al-Qur'an itu menafsirkan sebagian yang lain. Pendapat ini lebih utama dari pada apa yang ditafsirkan hadits-hadits shahih dan jejak-jejak sejarah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Mu’minun ayat 50: Allah memberikan nikmat kepada Isa putra Maryam dan menjadikan keduanya salah satu di antara tanda-tanda kekuasaan Allah, di mana Maryam hamil dan melahirkan Isa tanpa bapak. Isa juga dapat berbicara di masa buaian dan Allah menunjukkan tanda-tanda kekuasaan-Nya melalui kedua tangannya.

Menurut Syaikh As Sa’diy, yaitu ketika Maryam melahirkan. Ada yang berpendapat, bahwa dataran tinggi tersebut adalah Baitulmaqdis, dan ada yang berpendapat Damaskus, dan ada pula yang berpendapat Palestina, wallahu a’lam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mu’minun Ayat 50

Dan telah kami jadikan dengan kuasa kami isa putra maryam bersama ibunya sebagai suatu bukti yang nyata bagi kekuasaan dan kebesaran kami, dan kami melindungi mereka dari berbagai keadaan yang meresahkan di sebuah dataran tinggi, tempat yang tenang, rindang, dan ba-Nyak buah-buahan untuk dimakan, dan di sana juga tersedia mata air yang mengalir untuk diminum. 51. Usai menguraikan kisah para rasul, Allah lalu berbicara tentang para rasul secara umum. 'wahai para rasul! makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan sesuai dengan syariat, baik amalan wajib maupun sunah. Sungguh, aku maha mengetahui apa yang kamu kerjakan, karena tidak ada satu pun yang tersembunyi dari-ku. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penjelasan dari banyak ahli tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-Mu’minun ayat 50 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita semua. Bantu syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Banyak Dicari

Kami memiliki berbagai topik yang paling banyak dicari, seperti surat/ayat: At-Taubah 128-129, At-Tahrim 6, An-Nahl 125, As-Sajdah, Ar-Ra’d 28, Al-Hujurat. Termasuk Al-Baqarah 155, Ath-Thariq, Al-Waqi’ah 35-38, Al-Baqarah 275, Al-Baqarah 1-5, Al-Furqan 63.

  1. At-Taubah 128-129
  2. At-Tahrim 6
  3. An-Nahl 125
  4. As-Sajdah
  5. Ar-Ra’d 28
  6. Al-Hujurat
  7. Al-Baqarah 155
  8. Ath-Thariq
  9. Al-Waqi’ah 35-38
  10. Al-Baqarah 275
  11. Al-Baqarah 1-5
  12. Al-Furqan 63

Pencarian: download surat ali imran ayat 26-27, surat al baqarah ayat 108, annisa ayat 33, surat al-isra ayat 23 beserta artinya, al-baqarah ayat 143

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: