Surat Maryam Ayat 57

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَرَفَعْنَٰهُ مَكَانًا عَلِيًّا

Arab-Latin: Wa rafa'nāhu makānan 'aliyyā

Artinya: Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.

« Maryam 56Maryam 58 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Berkaitan Surat Maryam Ayat 57

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 57 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan mendalam dari ayat ini. Ada variasi penafsiran dari para ulama mengenai isi surat Maryam ayat 57, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan kami telah mengangkat namanya di tengah seluruh makhluk dan kedudukannya di antara orang-orang yang dekat (dengan Allah). Maka dia adalah seorang yang namanya ditinggikan penyebutannya dan kedudukannya tinggi.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

57. Dan Kami telah mengagungkan sebutan namanya dengan memberikannya karunia berupa kenabian, sehingga ia memiliki martabat yang tinggi.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

57. وَرَفَعْنٰهُ مَكَانًا عَلِيًّا (Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi)
Terdapat pendapat mengatakan bahwa Allah mengangkatnya ke langit yang ke empat, sebagaimana hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dalam kitab shahihnya, dari hadits Anas bin Malik, dari Rasulullah.
Pendapat lain mengatakan yang dimaksud dengan pengangkatannya adalah kemuliaan kenabian yang diberikan kepadanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

57. Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi di dunia dan akhirat dengan pangkat kemudian dan kemuliaan dari sisi Allah. Allah telah mengangkatnya sampai langit ke-4. Sebagaimana disebutkan dalam hadis sahih dari Anas bin Malik dari Nabi


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami telah mengangkatnya ke tempat yang tinggi} Kami mengangkat Idris ke tempat yang memiliki kemuliaan dan ketinggian sampai langit keempat


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

57. “Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” Allah meninggikan popularitasnya di seluruh alam. Allah mengangkat derajatnya di antara para hamba yang didekatkan kepada Allah (al-Muqarrabun). Jadi, beliau insan yang tinggi popularitas dan kedudukannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 56-57
Ini adalah penyebutan.nabi Idris dengan pujian atas dirinya, bahwa dia adalah orang yang sangat jujur dan seorang nabi. Dan bahwa Allah SWT mengangkatnya ke tempat yang tinggi. Telah disebutkan sebelumnya dalam hadits shahih bahwa Rasulullah SAW bertemu dengannya pada malam isra’ mi’raj, dan dia berada di langit keempat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 57: Menurut Mujahid, Allah mengangkat Idris dalam keadaan belum meninggal sebagaimana Isa diangkat. Menurut Al Hasan dan lainnya, Allah mengangkat Idris ke surga. Disebutkan dalam hadits shahih, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika isra’-mi’raj bertemu dengan Idris di langit keempat.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 57

Karena sifat-sifat dan akhlaknya yang terpuji, kami muliakan dia dan kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi sehingga kelak kami tempatkan dia di surga. 58. Kisah beberapa rasul pada ayat-ayat sebelumnya disusul dengan uraian tentang sifat-sifat mereka. Mereka yang dianugerahi kedudukan yang tinggi itulah orang-orang yang telah diberi nikmat duniawi dan ukhrawi oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan nabi adam, dan dari keturunan orang-orang yang kami bawa dan selamatkan dalam kapal bersama nabi nuh ketika terjadi banjir besar, dan dari keturunan nabi ibrahim dan israil, yaitu nabi yakub, dan selain mereka ada juga di antaranya yang mendapat anugerah, yaitu dari orang yang telah kami beri petunjuk sehingga selalu menaati ajaran kami dan telah kami pilih untuk berdakwah dan mengajak umat pada kebaikan. Mereka memiliki sifatsifat terpuji. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang maha pengasih atau diperlihatkan tanda-tanda kekuasaan-Nya kepada mereka, maka mereka segera tunduk, ber-sujud, dan menangis dengan tulus dan khusyuk kepada-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penafsiran dari berbagai mufassirin terhadap isi dan arti surat Maryam ayat 57 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita bersama. Sokong usaha kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dicari

Terdapat berbagai topik yang terbanyak dicari, seperti surat/ayat: Fatir 37, Yasin 82, Al-Qashash 77, Ayat 15 (Lima Belas), Ar-Rahman 13, Al-Buruj. Serta Innallaha Ma’ash Shabiriin, An-Nisa 36, Ibrahim 7, Ar-Rum 21, Al-Baqarah 177, Al-Isra.

  1. Fatir 37
  2. Yasin 82
  3. Al-Qashash 77
  4. Ayat 15 (Lima Belas)
  5. Ar-Rahman 13
  6. Al-Buruj
  7. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  8. An-Nisa 36
  9. Ibrahim 7
  10. Ar-Rum 21
  11. Al-Baqarah 177
  12. Al-Isra

Pencarian: doa al qariah, sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, surat ketenangan hati, cara mengamalkan surat qaf ayat 22, surah maryam ayat 33

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: