Surat Maryam Ayat 56

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱذْكُرْ فِى ٱلْكِتَٰبِ إِدْرِيسَ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ صِدِّيقًا نَّبِيًّا

Arab-Latin: Ważkur fil-kitābi idrīsa innahụ kāna ṣiddīqan nabiyyā

Artinya: Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi.

« Maryam 55Maryam 57 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Dengan Surat Maryam Ayat 56

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 56 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir mendalam dari ayat ini. Ditemukan beberapa penjelasan dari para ahli tafsir mengenai kandungan surat Maryam ayat 56, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan ceritakanlah (wahai rasul) di dalam al-qur’an ini kisah idris . Dia seorang yang amat besar kejujurannya dalam tutur kata dan tindakannya, lagi seorang nabi yang mendapatkan wahyu.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

56-57. Dan ceritakanlah dalam al-Qur’an tentang Idris, dia adalah orang yang sangat jujur dalam perkataan dan perbuatannya, dan dia adalah seorang nabi yang memiliki derajat yang tinggi. Allah telah meninggikan derajatnya dengan kemuliaan kenabian. Dia berada di langit keempat ketika Rasulullah melihatnya saat mi’raj ke langit.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

56. Dan ceritakanlah -wahai Rasul- kisah Idris -'alaihissalām- dalam Al-Qur`ān yang diturunkan kepadamu. Sesungguhnya dia seorang yang sangat jujur dan membenarkan ayat-ayat Allah, serta seorang nabi di antara nabi-nabi yang diutus oleh Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

56. وَاذْكُرْ فِى الْكِتٰبِ إِدْرِيسَ (Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Quran)
Idris merupakan nenek Nabi Nuh, dia adalah orang yang pertama menulis dengan pena.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

56. Ceritakanlah kepada mereka wahai Nabi, tentang kisah Idris yang tersebut di dalam Al Quran. Dia adalah putera nabi Syith dan cucu Nabi Nuh. Dia adalah orang pertama yang menulis dengan pena. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat jujur dan membenarkan yang haq dan juga seorang nabi dari nabi-nabi yang mulia


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ceritakanlah dalam kitab (Al-Qur’an) tentang Idris. Sesungguhnya dia adalah orang yang sangat benar dan membenarkan} orang yang sangat benar dan membenarkan ayat-ayat Allah {lagi seorang nabi


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

56. Maksudnya, ceritakanlah dalam kitab ini dengan menunjukkan kesan pemuliaan dan pengagungan, dan menyematkan sifat kesempurnaan Idris, “SEsungguhnya dia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi.” Allah memadukan dua sifat bagi Nabi Idris (yaitu) sifat shidqiyyah yang mencakup pembenaran yang sempurna, ilmu yang paripurna, keyakinan yang kokoh, serta amal shalih, dengan keterpilihannya untuk memperoleh wahyu dan mengemban risalahNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 56-57
Ini adalah penyebutan.nabi Idris dengan pujian atas dirinya, bahwa dia adalah orang yang sangat jujur dan seorang nabi. Dan bahwa Allah SWT mengangkatnya ke tempat yang tinggi. Telah disebutkan sebelumnya dalam hadits shahih bahwa Rasulullah SAW bertemu dengannya pada malam isra’ mi’raj, dan dia berada di langit keempat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 56: Sambil memuliakannya dan menyifatinya dengan sifat yang sempurna.

Orang yang shiddiq berarti dalam dirinya terdapat sikap membenarkan secara sempurna, ilmu, keyakinan, dan amal yang saleh.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 56

Kisah nabi ismail disusul dengan kisah nabi idris. Wahai nabi Muhammad, dan ceritakanlah kepada umatmu kisah idris seperti yang diwahyukan kepadamu di dalam kitab Al-Qur'an. Jelaskanlah bahwa sesungguhnya dia seorang yang sangat mencintai dan melaksanakan kebenaran dalam kehidupannya. Kami memberinya anugerah dan menetapkannya sebagai seorang nabi yang memiliki kedudukan tinggi, 57. Karena sifat-sifat dan akhlaknya yang terpuji, kami muliakan dia dan kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi sehingga kelak kami tempatkan dia di surga.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penafsiran dari berbagai ulama terkait kandungan dan arti surat Maryam ayat 56 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita. Support perjuangan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dibaca

Tersedia ratusan topik yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Ar-Rahman 13, Al-Isra, Al-Buruj, Ibrahim 7, Ayat 15 (Lima Belas), Fatir 37. Juga Yasin 82, Ar-Rum 21, Al-Baqarah 177, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Al-Qashash 77, An-Nisa 36.

  1. Ar-Rahman 13
  2. Al-Isra
  3. Al-Buruj
  4. Ibrahim 7
  5. Ayat 15 (Lima Belas)
  6. Fatir 37
  7. Yasin 82
  8. Ar-Rum 21
  9. Al-Baqarah 177
  10. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  11. Al-Qashash 77
  12. An-Nisa 36

Pencarian: asmaul husna dan terjemahannya, alaq ayat 1-5, anasr, abassa, ayat. kursi

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: