Surat Maryam Ayat 55

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُۥ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱلزَّكَوٰةِ وَكَانَ عِندَ رَبِّهِۦ مَرْضِيًّا

Arab-Latin: Wa kāna ya`muru ahlahụ biṣ-ṣalāti waz-zakāti wa kāna 'inda rabbihī marḍiyyā

Artinya: Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya.

« Maryam 54Maryam 56 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Berkaitan Dengan Surat Maryam Ayat 55

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 55 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir menarik dari ayat ini. Tersedia sekumpulan penjabaran dari banyak ahli ilmu terhadap makna surat Maryam ayat 55, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan dia menyuruh keluarganya untuk mendirikan shalat dan menunaikan zakat. Dan dia di sisi tuhannya adalah seorang yang diraidhai.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

55. Dan dia memerintahkan keluarganya untuk mendirikan salat, dan menunaikan zakat. Dan dia adalah orang yang diridai di sisi Tuhannya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

55. وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُۥ بِالصَّلَوٰةِ وَالزَّكَوٰةِ (Dan ia menyuruh ahlinya untuk mendirikan shalat dan menunaikan zakat)
Terdapat pendapat mengatakan bahwa yang dimaksud dengan ahlinya di sini adalah umatnya. Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah kerabat, istri, dan anak-anaknya.
Sedangkan yang dimaksud dengan shalat dan zakat di sini adalah ibadah yang disyariatkan kepadanya.

وَكَانَ عِندَ رَبِّهِۦ مَرْضِيًّا (dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya)
Yakni diridhai, suci, dan shalih.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

54-55
1. Allah berfirman tentang Nabi-Nya Isma'il : { وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُۥ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱلزَّكَوٰةِ } "Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat" dari ayat ini kita memahami bahwa majlis qurani adalah yang mampu membawa pundi-pundi keimanan dari majlisnya ke dalam keluarganya, dengan membuat majlis qur'an di dalam keluarganya.

2. "Dan ia menyuruh ahlinya untuk bersembahyang dan menunaikan zakat" maka janganlah seseorang membebankan perkara ini kepada orang lain, karena Allah telah memuji para nabi dengan tanggung jawab itu di pundak mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

55. Ia memerintahkan keluarganya untuk mendirikan shalat dan menunaikan zakat kepada yang berhak, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya. Sebab keistiqamahan perkataan dan perbuatannya. Adapun orang yang diridhoi Allah adalah orang yang beruntung dalam setiap ketaatan dengan derajat yang tinggi


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dia selalu menyuruh keluarganya untuk shalat dan zakat. Dia di sisi Tuhannya adalah orang yang diridhai


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55. “Dan dia menyuruh keluarganya untuk melaksanakan shalat dan menunaikan zakat,” maksudnya Ismail melaksanakan perintah Allah pada keluarganya. Dia menyuruh keluarganya melaksanakan shalat yang memuat unsur keikhlasan kepada Dzat yang diibadahi, dan menyuruh keluarganya mengeluarkan zakat yang mengandung perbuatan baik kepada sesama manusia. Jadi, dia telah menyempurnakan dirinya dan menyempurnakan orang lain. Terutama orang terdekatnya yaitu keluarga. Karena merekalah orang yang paling berhak untuk menerima dakwahnya dibandingkan dengan yang lain. “Dan dia adalah orang yang diridhai di sisi Rabbnya.” Ini disebabkan oleh ketaatannya dan kesungguhannya dalam perkara-perkara yang diridhai Allah. Maka, Allah meridhainya dan memasukannya ke dalam deretan hambaNya yang paling unggul dan waliNYa yang dekat dengan Allah. Allah meridhainya, dan dia pun ridha kepada Rabbnya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 54-55
Ini adalah pujian Allah kepada nabi Ismail bin Ibrahim. dia adalah bapak semua orang Arab Hijaz, bahwa dia adalah seorang yang benar janjinya.
Firman Allah: (dan dia adalah seorang rasul dan nabi) Hal ini menunjukkan kemuliaan yang nabi Ismail atas saudaranya nabi Ishaq, karena nabi Ishaq hanya diberi sifat sebagai nabi saja, dan nabi Ismail disifati sebagai nabi dan rasul.
Firman Allah: (Dan ia menyuruh ahlinya untuk salat dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya (55)) Ini juga merupakan pujian yang baik, sifat yang terpuji, dan budi pekerti yang benar, dimana dia adalah orang yang sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Tuhannya dan memerintahkan kepada keluarganya dalam hal itu. Sebagaimana Allah SWT berfirman kepada Rasulullah SAW: (Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan salat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa (132)) (Surah Thaha)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 55: Sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud dengan “ahl” di ayat tersebut adalah umatnya, wallahu a’lam. Beliau menyuruh keluarga atau umatnya untuk senantiasa mendirikan shalat yang di sana terdapat ikhlas kepada Allah, dan memerintahkan berzakat, yang di sana terdapat sikap ihsan kepada makhluk. Beliau menyempurnakan diri dan orang lain, terutama sekali keluarganya yang lebih berhak disempurnakan sebelum yang lain.

Yang demikian disebabkan karena ia melakukan perbuatan-perbuatan yang diridhai Allah dan berusaha mencari keridhaan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 55

Dengan kerasulan itu nabi ismail mengajak kaumnya mematuhi Allah dan dia selalu menyuruh keluarganya untuk melaksanakan salat sebagai ibadah dan ungkapan syukur kepada-Nya dan menunaikan zakat kepada mereka yang berhak mendapatkannya. Dengan ketulusan dan keteguhannya memegang janji, dia menjadi salah seorang yang diridai di sisi tuhannya. 56. Kisah nabi ismail disusul dengan kisah nabi idris. Wahai nabi Muhammad, dan ceritakanlah kepada umatmu kisah idris seperti yang diwahyukan kepadamu di dalam kitab Al-Qur'an. Jelaskanlah bahwa sesungguhnya dia seorang yang sangat mencintai dan melaksanakan kebenaran dalam kehidupannya. Kami memberinya anugerah dan menetapkannya sebagai seorang nabi yang memiliki kedudukan tinggi, .


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penjabaran dari berbagai mufassirun terhadap isi dan arti surat Maryam ayat 55 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi ummat. Bantulah syi'ar kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Sering Dikaji

Telaah berbagai halaman yang sering dikaji, seperti surat/ayat: Ar-Rahman 13, Ibrahim 7, Al-Qashash 77, Ayat 15 (Lima Belas), Al-Baqarah 177, Al-Buruj. Serta Fatir 37, Yasin 82, Innallaha Ma’ash Shabiriin, Al-Isra, An-Nisa 36, Ar-Rum 21.

  1. Ar-Rahman 13
  2. Ibrahim 7
  3. Al-Qashash 77
  4. Ayat 15 (Lima Belas)
  5. Al-Baqarah 177
  6. Al-Buruj
  7. Fatir 37
  8. Yasin 82
  9. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  10. Al-Isra
  11. An-Nisa 36
  12. Ar-Rum 21

Pencarian: surat anbiya ayat 30, arti surat al jumu ah ayat 10, lafaz basmalah, surah yasin ayat 65, inalillahi wainailaihi rojiun tulisan arab

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: