Surat Maryam Ayat 53

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَوَهَبْنَا لَهُۥ مِن رَّحْمَتِنَآ أَخَاهُ هَٰرُونَ نَبِيًّا

Arab-Latin: Wa wahabnā lahụ mir raḥmatinā akhāhu hārụna nabiyyā

Artinya: Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi.

« Maryam 52Maryam 54 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Dengan Surat Maryam Ayat 53

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 53 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran menarik dari ayat ini. Didapati variasi penjelasan dari banyak ulama tafsir mengenai kandungan surat Maryam ayat 53, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Kami telah menganugerahkan sebagian rahmat kami kepada Musa, yaitu saudaranya, harun, menjadi seorang nabi yang mendukung dan membelanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

53. Dan Kami telah menganugerahkan sebagian rahmat dan karunia Kami padanya dengan menjadikan saudaranya, Harun -'alaihissalām- sebagai Nabi; karena mengabulkan doanya ketika memohon hal tersebut.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

53. وَوَهَبْنَا لَهُۥ مِن رَّحْمَتِنَآ (Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami)
Yakni bagian dari nikmat yang diberikan kepadanya adalah saudaranya.

هٰرُونَ نَبِيًّا (Harun menjadi seorang nabi)
Hal ini setelah Nabi Musa meminta Tuhannya dengan berkata:
واجعل لي وزيرا من أهلي. هارون أخي
“dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku. (yaitu) Harun, saudaraku.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

53. Kami telah menganugerahkan sebagian rahmat Kami kepadanya, yaitu saudaranya Harun menjadi seorang nabi. Ketika dia berdoa: “Ya Allah jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku yaitu saudaraku Harun.” (Thaha:29-30)


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun, sebagai nabi


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

53. “Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya Harun menjadi seorang nabi.” Anugerah ini termasuk sifat keutamaan Nabi Musa, kebaikan dan ketulusannya yang paling besar kepada saudaranya. Dia memohon agar Allah menjadikan saudaranya sebagai teman dalam urusannya dan menjadikannya juga sebagai rasul. Maka Allah pun mengabulkan permohonannya itu. Allah memberikan rahmat bagi Musa kepada saudaranya yaitu Harun sebagai seorang nabi. Maka (dengan demikian) kenabian Harun mengikuti kenabian Musa Maka dia membantu tugas Musa dan menolongnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 51-53
Setelah Allah SWT menyebutkan tentang nabi Ibrahim dan memberikan pujian kepadanya, Dia menghubungkannya dengan kisah tentang nabi Musa. Allah berfirman: (Dan ceritakanlah kisah Musa di dalam Al-Kitab (Al-Qur'an) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang dipilih) Sebagian ulama membacanya dengan dikasrah huruf lamnya berasal dari ikhlas, dalam beribadah kepada Allah.
Ulama lain membacanya dengan difathah huruf lamnya dan maknannya adalah orang yang terpilih, Sebagaimana Allah SWT berfirman: (sesungguhnya Aku memilih kamu lebih dari manusia yang lain (di masamu)) (Surah Al-A'raf: 144)
(dan seorang rasul dan nabi) Allah mengumpulkan baginya dua sifat. dia termasuk rasul yang besar dan salah satu rasul ulul 'azmi yang ada lima orang. Mereka adalah nabi Nuh, nabi Ibrahim, nabi Musa, nabi Isa, dan nabi Muhammad. Semoga shalawat dan salam dari Allah tercurahkan kepada mereka semua, dan semua nabi.
Firman Allah: (Dan Kami telah memanggilnya dari sebelah kanan Gunung Thur) yaitu di sebelah kanan nabi Musa ketika dia pergi mencari api itu. dan melihatnya menyala. Maka dia menjumpai api itu berada di sebelah kanan Gunung Thur, yakni di sebelah kanannya, di tepi lembah. Lalu Allah berbicara dengannya secara langsung, menyerunya dan mendekat­kannya, lalu nabi Musa bermunajat kepadaNya.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (dan Kami telah mendekatkannya kepada Kami di waktu dia bermunajat (kepada Kami)) dia berkata bahwa nabi Musa didekatkan shingga dapat mendengar suara qalam. Demikian juga dikatakan Mujahid, Abu Al-’Aliyah dan lainnya.
As-Suddi berkata tentang firmanNya: (dan Kami telah mendekatkannya kepada Kami di waktu dia munajat (kepada Kami)) dia berkata yaitu nabi Musa dimasukkan ke langit, lalu Dia bebicara secara langsung dengannya
Abdurrazzaq meriwayatkan dari Ma'mar, dari Qatadah tentang firmanNya: (dan Kami telah mendekatkannya kepada Kami di waktu dia munajat (kepada Kami)) dia berkata bahwa nabi Musa diselamatkan karena kejujurannya.
Firman Allah: (Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya -Harun- menjadi seorang nabi (53)) yaitu Kami perkenankan permintaan dan syafaatnya untuk saudaranya, maka Kami menjadikan saudaranya seorang nabi. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam ayat lain: ("Dan saudaraku Harun, dia lebih petah lidahnya daripadaku, maka utuslah dia bersamaku sebagai pembantuku untuk membenarkan (perkataan)ku; sesungguhnya aku khawatir mereka akan mendustakan aku” (34)) (Surah Al-Qashash)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 53: Allah mengabulkan permintaan Nabi Musa ‘alaihis salam, ketika beliau meminta agar saudaranya, yaitu Harun diutus pula bersamanya, dan Harun lebih tua usianya daripada Musa.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 53

Dan kami telah menganugerahkan kepada nabi musa sebagian rahmat kami kepadanya sesuai permintaan yang dipanjatkan kepada kami, yaitu ketika dia memohon agar saudaranya, harun, diizinkan untuk membantunya dalam melaksanakan tugas kerasulan. Kami tetapkan saudaranya itu menjadi seorang nabi. '54. Usai berkisah tentang nabi musa, Allah beralih menceritakan kisah nabi ismail. Wahai nabi Muhammad, dan ceritakanlah kepada umatmu kisah nabi ismail putra nabi ibrahim seperti yang diwahyukan kepadamu di dalam kitab Al-Qur'an. Terangkanlah bahwa dia betul-betul seorang yang benar perkataannya dan selalu menepati janjinya. Dia telah kami tetapkan pula sebagai seorang rasul bagi kaumnya, yaitu suku jurhum, salah satu kabilah arab yang berasal dari yaman, dan dia juga diangkat sebagai nabi yang dianugerahi kedudukan dan derajat tinggi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penafsiran dari beragam ahli tafsir terhadap isi dan arti surat Maryam ayat 53 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita semua. Sokong usaha kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Terbanyak Dilihat

Terdapat berbagai materi yang terbanyak dilihat, seperti surat/ayat: Ar-Rum 21, Al-Qashash 77, Ar-Rahman 13, Fatir 37, Ibrahim 7, Al-Buruj. Termasuk An-Nisa 36, Ayat 15 (Lima Belas), Innallaha Ma’ash Shabiriin, Al-Baqarah 177, Al-Isra, Yasin 82.

  1. Ar-Rum 21
  2. Al-Qashash 77
  3. Ar-Rahman 13
  4. Fatir 37
  5. Ibrahim 7
  6. Al-Buruj
  7. An-Nisa 36
  8. Ayat 15 (Lima Belas)
  9. Innallaha Ma’ash Shabiriin
  10. Al-Baqarah 177
  11. Al-Isra
  12. Yasin 82

Pencarian: rabbana ma khalaqta hadza bathila, surat at taubah ayat 105 dan artinya, arti surat al-balad, bunyi surat al isra ayat 32, makna an nur ayat 2

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: