Surat Maryam Ayat 25

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽู‡ูุฒู‘ูู‰ู“ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒู ุจูุฌูุฐู’ุนู ูฑู„ู†ู‘ูŽุฎู’ู„ูŽุฉู ุชูุณูŽูฐู‚ูุทู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒู ุฑูุทูŽุจู‹ุง ุฌูŽู†ููŠู‘ู‹ุง

Arab-Latin: Wa huzzฤซ ilaiki bijiลผ'in-nakhlati tusฤqiแนญ 'alaiki ruแนญaban janiyyฤ

Artinya: Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,

ยซ Maryam 24 โœต Maryam 26 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Berkaitan Surat Maryam Ayat 25

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 25 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah mendalam dari ayat ini. Ditemukan beraneka penjelasan dari para ulama terkait kandungan surat Maryam ayat 25, sebagiannya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan gerak-gerakanlah batang pohon kurma itu, niscaya pohon itu akan menjatuhkan kepadamu buah kurma mengkal yang segar yang terpetik saat itu juga.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

25. Dan peganglah pangkal pohon kurma itu dan goyangkanlah niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang mengkal dan ranum kepadamu saat itu juga.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

25. ูˆูŽู‡ูุฒูู‘ู‰ู“ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒู ุจูุฌูุฐู’ุนู ุงู„ู†ูŽู‘ุฎู’ู„ูŽุฉู (Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu)
Yakni pegang dan goyangkanlah batang pohon itu.

ุชูุณูฐู‚ูุทู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒู ุฑูุทูŽุจู‹ุง ุฌูŽู†ููŠู‹ู‘ุง (niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu)
Yakni kurma yang sudah layak untuk dipetik, yang lezat dan segar.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ). { ูˆูŽู‡ูุฒู‘ูู‰ู“ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒู ุจูุฌูุฐู’ุนู ูฑู„ู†ู‘ูŽุฎู’ู„ูŽุฉู ุชูุณูŽูฐู‚ูุทู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒู ุฑูุทูŽุจู‹ุง ุฌูŽู†ููŠู‘ู‹ุง } Allah memerintahkan Marym (seorang perempuan yang lemah) untuk menggoyangkan pangkal pohon kurma sedangkan laki-laki pun berat melakukannya, namun hal itu mampu ia lakukan atas kehendak Allah untuk menurunkan rezekinya kepada Maryam; agar manusia memahami pentingnya mengambil sebab suatu kejadian,

2 ). Perhatikan dua point penting ini yang menjelaskan tentang kemuliaan Maryam :
- Ia diperintahkan untuk menggoyangkan pangkal pohon dan bukan bagian atas pohon, dan dengan cara itu bahkan biasanya tidak memberikan hasil yang baik sekalipun dilakukan oleh pria kuat.
- Bahwasanya buah ruthob jika berjatuhan dari pohonnya, kemungkinan besar ia akan hancur; namun tidak dalam kejadian Maryam yang menggoyangkan pohon itu seakan-akan buah yang jatuh masih segar yang dipetik dengan tangan.

3 ). Pada musim dingin orang-orang Nashrani merayakan hari kelahiran Isa al-Masih, padahal di dalam al-Quran dijelaskan bahwa hari kelahiran al-Masih pada musim berbuahnya kurma yang bertepatan dengan musim panas, sebagaimana yang maksudkan oleh firman Allah : { ูˆูŽู‡ูุฒู‘ูู‰ู“ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒู ุจูุฌูุฐู’ุนู ูฑู„ู†ู‘ูŽุฎู’ู„ูŽุฉู ุชูุณูŽูฐู‚ูุทู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒู ุฑูุทูŽุจู‹ุง ุฌูŽู†ููŠู‘ู‹ุง } maka kesalahan mereka ketika merayakannya pada musim dingin.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

25. Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Goyanglah} gerakkannlah {pangkal pohon kurma itu ke arahmu, maka pohon itu akan menjatuhkan kepadamu buah kurma yang masak


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

25. โ€œDan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menjatuhkan buah kurma yang masak kepadamu,โ€ yaitu kurma yang segar, lezat, dan bermanfaat.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 24-26
Sebagian ulama membaca (man tahtaha) yaitu orang yang ada di bawahnya. dan ulama lainnya membacanya (min tahtiha) bahwa itu adalah huruf jar. Para mufasir berbeda pendapat tentang yang dimaksud, siapakah dia? Al-Aufi dan lainnya meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah) yaitu malaikat Jibril, Demikian juga dikatakan Adh-Dhahhak, Amr bin Maimun, As-Suddi, dan Qatadah, yaitu menyerunya dari lembah yang lebih rendah.
Mujahid berkata tentang firmanNya: (Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah) dia berkata yaitu nabi Isa putra Maryam. Demikian juga dikatakan Al-Hasan yaitu putranya, yaitu salah satu dari dua riwayat dari Sa'id bin Jubair bahwa orang yang menyerunya adalah putranya. dia berkata bahwa tidakkah kamu mendengar Allah berfirman: (maka Maryam menunjuk kepada anaknya) Pendapat ini dipilih Ibnu Jarir dan dan Ibnu Zaid di dalam kitab tafsirnya.
Firman Allah: (Janganlah kamu bersedih hati) yaitu menyerunya seraya berkata,โ€Janganlah kamu bersedih (sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu) Al-Barra ibnu Azib berkata tentang firmanNya: (sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu) dia berkata bahwa maknannya adalah anak-anak sungai. Demikian juga dikatakan Ali bin Abi Thalhah, dari Ibnu Abbas, bahwa kata โ€œas-sariyโ€ maknannya adalah sungai. Demikian juga dikatakan oleh Amr bin Maimun, bahwa maknannya adalah sungai yang kamu bisa meminum darinya.
Ibnu Jarir memilih pendapat ini.
Pendapat pertama adalah pendapat paling kuat, Oleh karena itu Allah SWT berfirman setelahnya: (Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu) yaitu peganglah pangkal pohon kurma itu. Yang tampak adalah bahwa itu adalah pohon kurma, tetapi saat sedang tidak berbuah. Pendapat ini dikatakan Wahb bin Munabbih. Oleh karena itu Allah memberi karunia kepada Maryam dengan menjadikan di sisinya makanan dan minuman sebagai imbalan dari hal itu (niscaya pohon kurma itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu (25) maka makan dan minumlah serta bersenang hatilah kamu) yaitu tenangkanlah dirimu. Amr bin Maimun berkata, bahwa tidak ada suatu makanan pun yang lebih baik bagi wanita sesudah melahirkan selain kurma muda dan kurma masak. Kemudian dia membaca ayat yang mulia ini
Sebagian ulama mambaca (tassaaqith) dengan ditasydid huruf sinnya, dan ulama lainnya membacanya dengan ditakhfif. Adapun Abu Nuhaik membacanya โ€œtusqathu โ€˜alaiki ruthaban janiyyanโ€. Abu Ishaq meriwayatkan dari Al-Barra, bahwa ia membacanya โ€œyusaqithโ€, yakni pangkal pohon kurma. Semua pendapat itu maknannya saling berdekatan.
Firman Allah: (Jika kamu melihat seorang manusia) yaitu manakala kamu melihat seseorang (maka katakanlah, "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Bernur ah; maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari iniโ€) yang dimaksud adalah memberinya isyarat dengan itu, bukan dengan kata-kata, agar tidak bertentangan dengan firmanNya: (maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini) Anas bin Malik berkata tentang firmanNya: (Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah) yaitu diam. Demikia juga dikatakan Ibnu Abbas dan Adh-Dhahhak. Dalam suatu riwayat dari Anas, bahwa itu adalah puasa dan diam; Demikian juga dikatakan Qatadah dan selain keduanya.
Makna yang dimaksud adalah โ€œKetika mereka berpuasa, maka menurut syariat mereka tidak boleh makan dan berbicaraโ€. Pendapat yang dinashkan oleh As-Suddi, Qatadah, dan Abdurrahman bin Zaid.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 25

Pegang dan goyanglah sekuat tenagamu pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buahnya yang masak kepadamu agar kamu dapat memakannya. 26. Maka makan-lah buah kurma yang berjatuhan itu dan minum-lah air dari anak sungai tersebut. Nikmatilah dan bersenanghatilah engkau dengan kelahiran putramu. Jika engkau melihat seseorang dengan kondisimu sekarang, maka katakanlah kepadanya dengan isyarat, 'sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa, yakni menahan diri untuk tidak berbicara, untuk tuhan yang maha pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beragam penafsiran dari para ulama tafsir berkaitan makna dan arti surat Maryam ayat 25 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi ummat. Bantu perjuangan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Banyak Dilihat

Ada banyak halaman yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-A’raf, Yasin 40, Ali ‘Imran 104, Assalaamualaikum, Yunus 41, Al-Baqarah 216. Termasuk Ali ‘Imran 191, Al-Fatihah 1, Al-Baqarah 284-286, Al-Fatihah 2, Al-Fatihah 7, Luqman 13-14.

  1. Al-A’raf
  2. Yasin 40
  3. Ali ‘Imran 104
  4. Assalaamualaikum
  5. Yunus 41
  6. Al-Baqarah 216
  7. Ali ‘Imran 191
  8. Al-Fatihah 1
  9. Al-Baqarah 284-286
  10. Al-Fatihah 2
  11. Al-Fatihah 7
  12. Luqman 13-14

Pencarian: surat al zalzalah ayat 7, at taubah 113, surah al baqarah ayat 10, quran surat al-kautsar, terjemahan surah al waqiah

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: