Surat Al-Kahfi Ayat 84

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّا مَكَّنَّا لَهُۥ فِى ٱلْأَرْضِ وَءَاتَيْنَٰهُ مِن كُلِّ شَىْءٍ سَبَبًا

Arab-Latin: Innā makkannā lahụ fil-arḍi wa ātaināhu ming kulli syai`in sababā

Artinya: Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi, dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu,

« Al-Kahfi 83Al-Kahfi 85 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Berkaitan Dengan Surat Al-Kahfi Ayat 84

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Kahfi Ayat 84 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasi berbagai penjabaran dari kalangan mufassirin mengenai kandungan surat Al-Kahfi ayat 84, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya Kami telah memberinya kekuasaan di muka bumi dan Kami telah memberikan kepadanya berbagai cara dan jalan dari segala sesuatu yang dia tempuh untuk mencapai apa saja yang dikehendakinya, berupa penaklukan berbagai kota dan mengalahkan musuh-musuh dan tujuan-tujuan lainnya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

84-86. Dengan keagungan dan kuasa Kami, Kami mudahkan bagi Dzulkarnain agar dapat menempuh jalan-jalan di muka bumi dan mengalahkan raja-rajanya; dan Kami beri dia ilmu yang dia perlukan untuk mencapai tujuannya, dan dia menggunakan cara-caranya dan berjalan ke arah barat hingga sampai di barat dan melihat matahari tenggelam di mata air yang panas -sesuai dengan penglihatan mata yang terbatas-, dan di sana dia mendapati kaum yang kafir. Maka Kami perintahkan Dzulkarnain, antara dia memerangi dan membunuh mereka atau menyeru mereka kepada keimanan dengan cara yang baik.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

84. Sungguh Kami telah memberikannya kedudukan di bumi, dan Kami telah memberikan padanya jalan yang bisa membuatnya mencapai semua yang ia inginkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

84. إِنَّا مَكَّنَّا لَهُۥ فِى الْأَرْضِ (Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi)
Yakni dengan Kami mudahkan jalan untuk itu sehingga dia dapat pergi kemanapun dan dengan cara apapun yang dia inginkan.

وَءَاتَيْنٰهُ مِن كُلِّ شَىْءٍ (dan Kami telah memberikan kepadanya (untuk mencapai) segala sesuatu)
Yakni segala sesuatu yang ia inginkan.

سَبَبًا (jalan)
Yakni jalan yang mengntarkannya kepada apa yang dia inginkan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

84. Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di muka bumi dan kekuasaan untuk mengelolanya. Kami telah memberikan kepadanya jalan untuk mencapai segala sesuatu, Baik itu berupa ilmu, pengetahuan, bangunan dan lainnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya Kami telah memberi kedudukan kepadanya di bumi dan Kami telah memberinya} Kami telah memberinya {jalan dari segala sesuatu} jalan berupa ilmu, kekuasaan dan alat yang dia gunakan untuk mencapai tujuan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

84-85. “Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi,” maksudnya Allah menjadikannya raja dan memudahkannya untuk menerobos penjuru-penjuru bumi dan memudahkan tunduknya mereka kepadanya. “Dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu,” maksudnya Allah memberinya sebab kausalitas yang dapat mengantarkan dirinya kepada apa yang telah dicapai, untuk dipergunakan melumpuhkan negeri-negeri dan memudahkannya masuk ke wilayah-wilayah yang jauh, dan dia telah beramal dengan sebab-sebab yang Allah berikan kepadanya. Maknanya, dia mempergunakan fasilitas-fasilitas tersebut sebagaimana mestinya. Tidak setiap orang yang mempunyai sebab kausalitas mampu menjalankannya, dan tidak setiap orang sanggup memperoleh sebab kausalitas. Bila sudah terpadukan antara kesanggupan memperoleh sebab kausalitas yang hakiki dan menjalankannya, niscaya terwujudlah tujuan. Bila keduanya tidak ada atau salah satunya (tidak terpenuhi), maka tujuannya tidak terealisasikan. Sebab kausalitas yang Allah berikan kepadanya, tidak diberitahukan oleh Allah dan RasulNya kepada kita, dan riwayat-riwayat pun tidak banyak menyinggungnya dalam bentuk yang mengarah kepada keyakinan.
Oleh karena itu, tidak ada kelonggaran yang bisa kita lakukan selain diam saja tentang persoalan tersebut, tidak menoleh kepada riwayat-riwayat israiliyyat yang dikutip oleh para pembawa riwayat dan kisah semacamnya. Tetapi, kita sudah mengetahui secara global bahwa ia adalah sebab kausalitaas yang kuat, variatif, bersifat internal atau eksternal. Dengan itu, ia mempunyai pasukan besar yang berjumlah banyak dan bersenjatakan memadai serta penuh keteraturan. Dengan itu pula, dia mampu menumbangkan msuuh-musuh, memudahkan perjalanan menuju belahan bumi bagian timur dan barat serta penjuru-penjuru dunia.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-84
Allah SWT berfirman kepada NabiNya: (Mereka akan bertanya kepadamu) wahai Muhammad (tentang Dzulqarnain) yaitu tentang kisahnya.
Dikatakan bahwa dia dinamakan Dzulqarnain karena telah mencapai belahan bumi timur dan barat sehingga dia sampai di tempat terbit dan tenggelamnya matahari.
Firman Allah: (Sesungguhnya Kami telah memberikan kekuasaan kepadanya di (muka) bumi) yaitu Kami memberikan kepadanya kerajaan yang agung, kokoh, dan menguasai semua yang dimiliki oleh semua raja, berupa kekuasaan, pasukan, peralatan perang, dan perlengkapannya. Oleh karena itu dia bisa menguasai belahan bumi timur dan barat. Semua negeri dan semua raja tunduk kepadanya. Semua bangsa baik Arab maupun non-Arab melayaninya. Oleh karena itu sebagian ulama mengatakan bahwa sesungguhnya dia dijuluki Dzulqarnain karena kekuasaannya mencapai dua tanduk matahari, yaitu bagian timur dan barat.
Firman Allah: (dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu) Ibnu Abbas, Mujahid, Sa'id bin Jubair, Ikrimah, As-Suddi, Qatadah, Adh-Dhahhak, dan lainnya berkata bahwa yang dimaksud adalah ilmu.
Diriwayatkan dari Habib bin Jammaz, dia berkata,”Aku berada di dekat Ali, lalu ada seorang lelaki bertanya kepadanya tentang Dzulqarnain,”Bagaimana bisa dia sampai ke belahan bumi timur dan barat. Ali menjawab, "Maha suci Allah, Allah telah menundukkan awan baginya, dan menentukan baginya sebab-sebab mencapai sesuatu, serta kekuasaan yang luas"


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Kahfi ayat 84: Allah Ta'ala memberikan kerajaan kepadanya dan membuatnya mampu mendatangi berbagai penjuru dunia.

Yakni Allah Subhaanahu wa Ta'aala memberikan kepadanya sebab-sebab untuk mencapai maksudnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Kahfi Ayat 84

Sungguh, kami telah memberi kedudukan yang tinggi dan kekuasaan yang besar kepadanya di bumi, dan kami telah memberikan pula jalan kepadanya untuk meraih segala sesuatu yang dia perlukan guna mewujudkan harapannya. 85. Zulkarnain ingin memperluas wilayah kekuasaannya, maka untuk mewujudkannya dia pun menempuh suatu jalan dengan menggunakan cara yang telah kami ajarkan kepadanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penafsiran dari banyak pakar tafsir mengenai makna dan arti surat Al-Kahfi ayat 84 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk ummat. Support syi'ar kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Banyak Dilihat

Tersedia banyak halaman yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-A’raf, Al-Fatihah 1, Al-Baqarah 216, Assalaamualaikum, Yasin 40, Al-Baqarah 284-286. Ada juga Ali ‘Imran 191, Yunus 41, Al-Fatihah 7, Ali ‘Imran 104, Luqman 13-14, Al-Fatihah 2.

  1. Al-A’raf
  2. Al-Fatihah 1
  3. Al-Baqarah 216
  4. Assalaamualaikum
  5. Yasin 40
  6. Al-Baqarah 284-286
  7. Ali ‘Imran 191
  8. Yunus 41
  9. Al-Fatihah 7
  10. Ali ‘Imran 104
  11. Luqman 13-14
  12. Al-Fatihah 2

Pencarian: quran surah anaziat, surah al baqarah 285, luqman 31, surat an nahl 114, surah assyams

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: