Surat Al-Isra Ayat 74

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽู„ูŽูˆู’ู„ูŽุงู“ ุฃูŽู† ุซูŽุจู‘ูŽุชู’ู†ูŽูฐูƒูŽ ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูุฏุชู‘ูŽ ุชูŽุฑู’ูƒูŽู†ู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุดูŽูŠู’ู€ู”ู‹ุง ู‚ูŽู„ููŠู„ู‹ุง

Arab-Latin: Walau lฤ an แนกabbatnฤka laqad kitta tarkanu ilaihim syai`ang qalฤซlฤ

Artinya: Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati)mu, niscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka,

ยซ Al-Isra 73 โœต Al-Isra 75 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Mengenai Surat Al-Isra Ayat 74

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 74 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan beragam penjelasan dari berbagai ahli tafsir terkait makna surat Al-Isra ayat 74, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan sekiranya Kami tidak meneguhkan (hati)mu di atas kebenaran dan menjagamu dari menyetujui mereka, pastilah kamu hampir saja condong sedikit kepada apa yang mereka sarankan kepadamu disebabkan kuatnya tipudaya mereka dan dahsyatnya tipu muslihat mereka serta banyaknya usaha dan keinginan besarmu agar mereka mendapatkan hidayah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

74. Dan seandainya Kami tidak menganugerahkan keteguhan pada hatimu di atas kebenaran, niscaya engkau hampir saja condong sedikit kepada mereka, sehingga engkau pun bisa saja menyetujui kemauan mereka lantaran kuatnya tipu daya mereka dibalik kuatnya tekadmu untuk membuat mereka beriman, namun Kami menghalangimu agar tidak condong kepada kemauan mereka.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

74. ูˆูŽู„ูŽูˆู’ู„ูŽุข ุฃูŽู† ุซูŽุจูŽู‘ุชู’ู†ูฐูƒูŽ (Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati)mu)
Yakni andai Kami tidak meneguhkanmu diatas kebenaran dan tidak melindungimu agar tidak menyetujui mereka.

ู„ู‚ุฏ ูƒุฏุช ุชุฑูƒู† ุฅู„ูŠู‡ู… (niscaya kamu hampir-hampir condong kepada mereka)
Yakni sedikit condong kepada mereka.

ุดูŽูŠู’ู€ู‹ู”ุง ู‚ูŽู„ููŠู„ู‹ุง (dengan sedikit kecondongan)
Akan tetapi kemudian Rasulullah mendapat perlindungan, sehingga beliau terhindar dari kecondongan kepada mereka meski hanya sedikit.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

74-75

1 ). Ayat ini menunjukan bahwa besarnya suatu keburukan itu tergantung keadaan dan kedudukan pelakunya , dan ciri org yg tersesat adalah melanggar aturan Allah dan keluar dari wilayah-Nya. Wajib bagi yg membaca ayat ini utk mentadaburinya dan merasa takut, serta selalu berpegang Teguh dg agama..

2 ). { ูˆูŽู„ูŽูˆู’ู„ูŽุงู“ ุฃูŽู† ุซูŽุจู‘ูŽุชู’ู†ูŽูฐูƒูŽ ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูุฏุชู‘ูŽ ุชูŽุฑู’ูƒูŽู†ู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุดูŽูŠู’ู€ู”ู‹ุง ู‚ูŽู„ููŠู„ู‹ุง } "Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati)mu, niscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka," perhatikan pada lafadz (sedikit) dan lihatlah apa yang terjadi, kemudian perhatikan akibat yang mengejutkan pada ayat setelahnya : { ุฅูุฐู‹ุง ู„ู‘ูŽุฃูŽุฐูŽู‚ู’ู†ูŽูฐูƒูŽ ุถูุนู’ููŽ ูฑู„ู’ุญูŽูŠูŽูˆูฐุฉู ูˆูŽุถูุนู’ููŽ ูฑู„ู’ู…ูŽู…ูŽุงุชู ุซูู…ู‘ูŽ ู„ูŽุง ุชูŽุฌูุฏู ู„ูŽูƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ู†ูŽุตููŠุฑู‹ุง } "Kalau terjadi demikian, benar-benarlah Kami akan rasakan kepadamu (siksaan) berlipat ganda di dunia ini dan begitu (pula siksaan) berlipat ganda sesudah mati, dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun terhadap Kami."


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

74. Kalau tidak Kami tidak teguhkan dirimu atas kebenaran dengan memberi perlindungan, sungguh kamu hampir sedikit condong kepada mereka, karena saking kuatnya tipu daya dan desakan mereka, namun Aku membuatmu menyadari perlindungan Kami, dan menahanmu agar tidak condong kepada mereka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Jika Kami tidak memperteguhmu, niscaya kamu hampir} kamu hampir {condong} condong {kepada mereka sedikit


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

74. โ€œDan,โ€ kendatipun demikian โ€œkalau bukan karena Kami memperkuat (hati)mu,โ€ untuk tetap di atas kebenaran dan Kami karuniakan kepadamu penolakan terhadap permintaan mereka โ€œniscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka,โ€ karena banyaknya usahamu untuk membenahi mereka dan kecintaanmu untuk memberikan hidayah.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 73-75
Allah SWT memberitahukan tentang dukunganNya kepada Rasulallah SAW, bahยญwa Dia meneguhkan, memelihara dan menyelamatkanยญnya dari kejahatan orang-orang jahat dan tipu muslihat orang-orang yang durhaka. Dialah Dzat yang mengatur urusannya serta menolongnya, Dia tidak akan menyerahkannya kepada siapapun dari makhlukยญNya, bahkan Dialah Penolong, Pelindung, Pemelihara, Pendukung, dan Dzat yang memenangkan agamanya atas orang yang memusuhi dan menentangnya, baik di belahan bumi timur dan belahan bumi barat. Semoga shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada beliau sebanyak-banyaknya sampai hari kiamat


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 74: Yakni jika Kami tidak meneguhkan kamu di atas kebenaran dan memberimu nikmat dengan tidak memenuhi seruan mereka.

Karena begitu besarnya tipu daya mereka. Namun demikian, sebagaimana ditunjukkan oleh ayat ini, Beliau tidak condong kepada mereka dan tidak mendekatinya karena peneguhan Allah terhadap hati Beliau.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 74

Dan sekiranya kami tidak memperteguh hatimu, untuk menolak kehendak dan keinginan mereka niscaya engkau hampir saja condong sedikit kepada mereka, disebabkan karena mereka berupaya sangat keras membujukmu agar engkau menyampaikan sesuatu yang lain dari apa yang kami wahyukan kepadamu. Jika demikian, yakni jika engkau menuruti kehendak dan keinginannya, tentu akan kami rasakan kepadamu siksaan dua kali lipat di dunia ini dan dua kali lipat setelah mati, dibandingkan dengan siksaan yang kami timpakan kepada selain engkau, dan engkau wahai nabi Muhammad tidak akan mendapat seorang penolong pun terhadap kami. Tetapi kami telah kuatkan hatimu sehingga engkau tidak tergoda oleh tipu daya orang-orang kafir itu dan tidak condong sedikit pun untuk menuruti keinginannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penafsiran dari beragam pakar tafsir berkaitan isi dan arti surat Al-Isra ayat 74 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi ummat. Support kemajuan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Terbanyak Dikunjungi

Kami memiliki berbagai materi yang terbanyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 6, Al-Baqarah 285-286, Maryam, Yasin 9, At-Taubah 40, Dua (2) Terakhir al-Baqarah. Juga Luqman 13, Al-Lail, ‘Abasa, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32, An-Naas.

  1. Al-Fatihah 6
  2. Al-Baqarah 285-286
  3. Maryam
  4. Yasin 9
  5. At-Taubah 40
  6. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  7. Luqman 13
  8. Al-Lail
  9. ‘Abasa
  10. Al-Hujurat 10
  11. Al-Ma’idah 32
  12. An-Naas

Pencarian: surah maryam full, al insiqaq, ayat tentang sabar, surat al isra 32, al baqarah 207

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: