Surat Al-Isra Ayat 10

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأَنَّ ٱلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِٱلْءَاخِرَةِ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا

Arab-Latin: Wa annallażīna lā yu`minụna bil-ākhirati a'tadnā lahum 'ażāban alīmā

Artinya: Dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, Kami sediakan bagi mereka azab yang pedih.

« Al-Isra 9Al-Isra 11 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Isra Ayat 10

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 10 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai pelajaran mendalam dari ayat ini. Tersedia pelbagai penafsiran dari kalangan ahli ilmu terhadap makna surat Al-Isra ayat 10, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

9-10. Sesungguhnya al-qur’an yang kami turunkan kepada hamba kami Muhammad ini, menunjukan manusia kepada jalan terbaik, yaitu ajaran islam, membawa kabar gembira bagi kaum mukmin yang mengamalkan apa yang diperintahkan Allah kepada mereka dan berhenti dari perkara yang Allah larang mereka darinya, bahwa sesunggguhnya bagi mereka pahala yang besar dan bahwa sesungguhnya orang-orang yang tidak mempercayai kehidupan akhirat dan segala balasan yang ada di sana, maka kami sediakan bagi mereka siksaan yang menyakitkan di neraka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

10. Ia juga memberikan kabar buruk bagi orang-orang yang tidak beriman dengan hari Kiamat, yaitu bahwasanya Kami akan menyediakan bagi mereka pada hari Kiamat kelak azab yang pedih.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

10. Dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat dan apa yang terkandung didalamnya berupa penghisaban. Kami telah menyiapkan bagi mereka itu azab yang sangat menyakitkan yaitu azab neraka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman pada akhirat itu telah Kami sediakan} Kami persiapkan {bagi mereka azab yang sangat pedih


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

9-10. Allah mengabarkan tentang kemuliaan dan keagungan al-Quran, bahwasanya ia “memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus,” lebih adil dan mulia dalam aspek akidah, amal perbuatan, maupun akhlak. Barangsiapa yang meraih petunjuk dengan seruan ajaran al-Quran, maka dialah manusia yang paling sempurna, paling lurus dan paling sarat dengan petunjuk dalam segala urusannya “dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mukmin yang mengerjakan amal shalih,” yang berbentuk kewajiban-kewajiban maupun perbuatan-perbuatan yang bersifat sunnah “bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” Allah telah menyediakannya bagi mereka di tempat kemuliaanNya (surga), yang tidak ada yang mengetahui karakteristiknya kecuali Allah. “Dan bahwa orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, Kami sediakan bagi mereka azab yang pedih.” Al-Quran mengandung kabar gembira dan ancaman, serta cara-cara perolehan kabar gembira itu, yaitu (dengan cara) beriman dan beramal shalih, dan sebab-sebab yang memastikan (datangnya) ancaman yaitu (dengan melakukan) perkara yang berlawanan dengannya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 9-10
Allah SWT memuji kitabNya agung yang Dia turunkan kepada RasulNya nabi Muhammad SAW, yaitu kitab Al-Qur'an bahwa kitab Al-Qur'an itu memberikan petunjuk menuju jalan yang lebih lurus dan lebih terang (dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin) dengan itu (yang mengerjakan amal saleh) sesuai dengan kandungannya (bahwa bagi mereka ada pahala yang besar) yaitu pada hari kiamat (dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat) yaitu menyaimpaikan kabar gembira kepada orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat (Kami sediakan bagi mereka azab yang pedih) yaitu pada hari kiamat. sebagaimana Allah berfirman (maka gembirakanlah mereka bahwa mereka akan menerima siksa yang pedih) (Surah Ali 'Imran: 21)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (أَعۡتَدۡنَا لَهُمۡ عَذَابًا أَلِيمٗا) a’tadnaa lahum ‘azaaban iliimaa : yaitu azab neraka kelak pada hari kiamat.

Makna ayat; Sebagaimana Al-Qur’an mengabarkan tentang orang-orang yang tidak beriman dengan hari akhir, bahwa Allah menyiapkan untuk mereka azab yang pedih di Jahanam.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 10: Ayat ini menunjukkan, bahwa Al Qur’an berisikan kabar gembira dan peringatan, menerangkan sebab-sebab untuk memperoleh kabar gembira, yaitu iman dan amal saleh dan sebab yang yang menjadikan seseorang mendapat ancaman, yaitu kebalikannya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 10

Dan memberi kabar buruk serta ancaman bahwa sesungguhnya orangorang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, kami sediakan bagi mereka kelak di hari kiamat azab yang pedih yaitu neraka. Dan manusia terkadang berdoa untuk kejahatan, seperti mengharapkan kematiannya, kematian anak dan keluarganya, atau untuk kehancuran harta bendanya dalam keadaan marah atau putus asa sebagaimana ia berdoa untuk kebaikan. Allah menyatakan, dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa. Sifat itulah yang menyebabkan manusia berdoa untuk kejahatan, tanpa disadari bahwa doanya itu jika dikabulkan akan membawa kerugian bagi dirinya. Oleh karena itu, janganlah tergesagesa di dalam mengambil keputusan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penjabaran dari beragam pakar tafsir terkait isi dan arti surat Al-Isra ayat 10 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita semua. Sokonglah kemajuan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Sering Dicari

Baca banyak halaman yang paling sering dicari, seperti surat/ayat: Yasin 40, Al-Fatihah 1, Al-Baqarah 284-286, Al-A’raf, Al-Baqarah 216, Yunus 41. Ada pula Al-Fatihah 2, Luqman 13-14, Al-Fatihah 7, Ali ‘Imran 191, Assalaamualaikum, Ali ‘Imran 104.

  1. Yasin 40
  2. Al-Fatihah 1
  3. Al-Baqarah 284-286
  4. Al-A’raf
  5. Al-Baqarah 216
  6. Yunus 41
  7. Al-Fatihah 2
  8. Luqman 13-14
  9. Al-Fatihah 7
  10. Ali ‘Imran 191
  11. Assalaamualaikum
  12. Ali ‘Imran 104

Pencarian: terjemahan surah yunus ayat 40 41, surah alimron ayat 159, surah al mulk ayat 5, al-baqarah ayat 12, al a'la ayat 15

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: