Surat An-Nahl Ayat 103

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّهُمْ يَقُولُونَ إِنَّمَا يُعَلِّمُهُۥ بَشَرٌ ۗ لِّسَانُ ٱلَّذِى يُلْحِدُونَ إِلَيْهِ أَعْجَمِىٌّ وَهَٰذَا لِسَانٌ عَرَبِىٌّ مُّبِينٌ

Arab-Latin: Wa laqad na'lamu annahum yaqụlụna innamā yu'allimuhụ basyar, lisānullażī yul-ḥidụna ilaihi a'jamiyyuw wa hāżā lisānun 'arabiyyum mubīn

Artinya: Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: "Sesungguhnya Al Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)". Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa 'Ajam, sedang Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang terang.

« An-Nahl 102An-Nahl 104 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Surat An-Nahl Ayat 103

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nahl Ayat 103 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan pelajaran penting dari ayat ini. Didapatkan sekumpulan penafsiran dari para ahli tafsir terhadap kandungan surat An-Nahl ayat 103, sebagiannya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya Kami mengetahui bahwa kaum musyrikin mengatakan ”sesungguhnya nabi memperoleh al-qur’an dari seseorang yang berasal dari anak keturunan adam.” mereka dusta (dalam pernyataannya itu). Sebab sesungguhnya bahasa orang yang mereka kaitkan Nabi belajar kepadanya adalah bahasa ‘ajam (selain bahasa arab) yang tidak fasih, sedangkan al-qur’an berbahasa arab yang berada dalam puncak kefasihan dan kejelasan


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

103. Allah bersumpah: “Sungguh orang-orang musyrik banyak menyebarkan kedustaan bahwa Rasulullah mendapatkan al-Qur'an dari seorang manusia yang memiliki pengetahuan tentang kitab-kitab Samawi terdahulu.”

Maka Allah membantah mereka bahwa bahasa orang yang telah mengajari Rasulullah al-Qur'an adalah bahasa selain bahasa Arab, sedangkan al-Qur'an menggunakan bahasa Arab yang sangat fasih.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

103. Dan Kami mengetahui bahwa orang-orang musyrikin berkata, Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- diajari Al-Qur`ān oleh seseorang. Mereka berdusta dalam tuduhan mereka, karena bahasa orang yang mereka tuduhkan mengajari Muhammad Al-Qur`ān adalah bahasa Asing, sedangkan Al-Qur`ān ini turun dengan bahasa Arab yang jelas dengan tingkat balagah yang tinggi, bagaimana mereka bisa menuduh bahwa orang asing mengajari Muhammad Al-Qur`ān?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

103. وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّهُمْ يَقُولُونَ إِنَّمَا يُعَلِّمُهُۥ بَشَرٌ ۗ (Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: “Sesungguhnya Al Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)”)
Yakni Kami sungguh mengetahui bahwa orang-orang kafir itu berkata “sebenarnya orang yang mengajarkan Muhammad al-Qur’an adalah seorang manusia dan bukan malaikat”. Orang tersebut menurut pengakuan mereka adalah budak milik Fakih bin Mughirah yang bernama Jabar, dulunya ia beragama Nasrani kemudian masuk Islam.

لِّسَانُ الَّذِى يُلْحِدُونَ إِلَيْهِ أَعْجَمِىٌّ(Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa ‘Ajam)
Yakni bahasa orang yang mereka anggap sebagai orang yang menajarkanmu al-Qur’an adalah bahasa ‘ajam yang tidak memiliki kefasihan.

وَهٰذَا(sedang ini (Al Quran))
Yakni al-Qur’an.

لِسَانٌ عَرَبِىٌّ مُّبِينٌ(dalam bahasa Arab yang terang)
Yakni memiliki kefasihan tinggi dan penjelasan yang jelas.
kalian mengatakan bahwa orang yang mengajarkannya al-Qur’an itu berasal dari kaum ‘ajam, sedangkan kalian sendiri tidak mampu menandingi salah satu surat dalam al-Qur’an, padahal kalian adalah ahli kefasihan dan raja dalam ilmu balaghah; bagaimana kalian bisa mengatakan tuduhan ini?


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Ada i'tikad buruk dari orang-orang kafir untuk menjatuhkan kehormatan al-Qur'an dari diri mukminin, perhatikan firman Allah :

{ وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّهُمْ يَقُولُونَ إِنَّمَا يُعَلِّمُهُ بَشَرٌ }
"Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata: "Sesungguhnya Al Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)"


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

103. Dan Kami sangat tahu bahwa orang-orang musyrik itu berkata: “Sesungguhnya yang mengajari Muhammad Al-Qur’an adalah manusia dari anak cucu Adam, dia adalah anak laki-laki Al-Faqih Ibnul Mugirah yang bernama Jabar yang merupakan orang Nasrani Roma dari daerah Sisilia. Dia membuat pedang kemudian masuk Islam. Lalu Allah membalas mereka: ”Bahasa orang-orang yang dituduh dan dihubung-hubungkan atau diindikasikan sebagai yang mengajari Nabi itu adalah bahasa asing, sedangkan Al-Qur’an ini menggunakan bahasa Arab yang mengandung penjelasan dan fashahah, lalu bagaimana bisa kalian menglaim bahwa orang Arab diajari oleh orang asing yang bukan orang Arab?!”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh Kami mengetahui bahwa mereka berkata,“Sesungguhnya yang mengajarnya itu} yang mengajarkan Al-Qur’an kepada Muhammad {seorang manusia} manusia {padahal Bahasa} bahasa {orang yang mereka tuduh} mereka menuduh bahwa dia mengajari nabi Muhammad {adalah bahasa ajam. Padahal ini} Al-Qur’an {adalah bahasa Arab yang jelas


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

103. Allah mengabarkan mengenai komentar kaum musyrikin yang mendustakan RasulNya, “Bahwa mereka berkata, ‘Sesungguhnya al-Quran itu diajarkan kepadanya (Muhammad)’ ,” maksudnya kitab yang ia bawa ini (diajarkan oleh) “seorang manusia,” padahal orang yang mereka maksud adalah berbahasa Ajam. “Sedang ini,” yaitu al-Quran “adalah dalam Bahasa Arab yang terang,” apakah ucapan semacam ini mungkin terjadi atau masih mengandung sisi kebenaran? Akan tetapi, seorang pendusta hanya ingin berbohong, tanpa berpikir tentang muara omongan dustanya. Karena itu, dalam ungkapannya terkandung unsur saling bertolak belakang dan kerusakan yang mengharuskan penolakannya, dengan hanya mengimajinasikan faktanya (yang tidak mungkin terjadi).


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT menyebutkan tentang kedustaan, hal yang diada-adakan, dan kebohongan orang-orang musyrik serta tuduhan mereka terhadap nabi Muhammad SAW bahwa sesungguhnya yang mengajarinya Al-Qur'an yang dia bacakan kepada kami adalah seorang manusia. Mereka mengisyaratkan kepada seorang lelaki non Arab yang ada di belakang mereka, yaitu pelayan milik salah satu orang inti dari kalangan Quraisy. Lelaki itu adalah seorang pedagang yang menjual barang-barangnya di Safa. Terkadang Rasulullah SAW duduk dengannya dan berbincang dengannya tentang sesuatu. Lelaki itu tersebut berbahasa non Arab, tidak mengetahui bahasa Arab, atau hanya mengetahui sedikit, sekedar untuk menjawab sesuatu yang harus dia jawab. Oleh karena itu Allah membantah apa yang mereka buat-buat itu (Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya bahasa 'Ajam, sedangkan Al-Qur’an adalah dalam bahasa Arab yang terang) Maka bagaimana bisa Al-Qur'an yang sangat fasih, sangat tinggi, dan mengandung makna-makna yang sempurna dan mencakup segala sesuatu yang menjadi hal paling sempurna daripada makna-makna dalam semua kitab yang diturunkan kepada Bani Israil itu hasil dari apa yang dia pelajari, dan bagaimana bisa ini dipelajari dari orang non-Arab? Bahkan hal ini tidak akan dikatakan oleh orang yang berakal rendah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata:
(بَشَرٞۗ) basyar : yang dimaksud manusia di sini adalah seorang pandai besi Nasrani di kota Mekah.
(لِّسَانُ ٱلَّذِي يُلۡحِدُونَ إِلَيۡهِ) lisaanul ladzii yulhiduuna ilaih : bahasa yang mereka tuduhkan kepadanya (Muhammad).
(وَهَٰذَا لِسَانٌ عَرَبِيّٞ مُّبِينٌ) wa haadzaa lisaanun ‘arabiyy : yaitu Al-Qur’an, bagaimana seorang non-Arab mengajarkannya?

Makna ayat:
Konteks ayat ini masih mengenai bantahan untuk kaum musyrikin yang menuduh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuat dusta, maka Allah ta’ala berfirman “Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata, “Sesungguhnya Al-Qur’an itu hanya diajarkan oleh seorang manusia kepadanya” yang mengajari Muhammad adalah manusia, dari golongan manusia, bukan wahyu yang didapatkan dari Allah. Allah berfirman membantah kedustaan mereka “bahasa yang mereka tuduhkan kepadanya” yang mereka sangka-sangka bahwa dia yang mengajarkan Muhammad, bahasanya adalah “’Ajam” bahasa asing, karena ia adalah seorang budak berkebangsaan Romawi “padahal ini” yaitu Al-Qur’an “dalam bahasa arab yang jelas.” Yang memiliki kefasihan, sastra, dan gaya bahasa yang tinggi, bagaimana mungkin ada kesamaan antara ini dengan yang mereka katakan?

Pelajaran dari ayat:
• Pembelaan Allah ta’ala kepada Rasul-Nya dan menutup segala celah tuduhan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat An-Nahl ayat 103: Ibnu Jarir berkata: Telah menceritakan kepadaku Al Mutsanna, ia berkata, “Telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin ‘Aun.” Ia berkata, “Telah mengabarkan kepada kami Hasyiim dari Hushain, yaitu Ibnu Abdirrahman dari Abdullah bin Muslim Al Hadhramiy, bahwa mereka (sebagian Bani Hadhrami) memiliki dua orang budak dari penduduk selain Yaman. Keduanya masih kecil, yang satu bernama Yasar, sedangkan yang satu lagi bernama Jabr. Keduanya suka membaca Taurat. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam terkadang duduk dengan keduanya, lalu orang-orang kafir Quraisy berkata, “Beliau duduk dengan keduanya adalah untuk belajar dari kedua anak itu.” Maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala menurunkan firman-Nya, “Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa Muhammad belajar) kepadanya bahasa 'Ajam, sedangkan Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang jelas.” Syaikh Muqbil berkata, “Hadits ini para perawinya adalah para perawi hadits shahih selain Al Mutsanna, yaitu Ibnu Ibrahim Al Amiliy. Saya tidak menemukan orang yang menyebutkan biografinya. Akan tetapi, ia dimutaba’ahkan oleh Sufyan bin Waki’, dan di sana terdapat pembicaraan. Adapun Hasyim, dia adalah Ibnu Basyir seorang mudallis dan tidak menyebutkan secara tegas kata “haddatsanaa (telah menceritakan kepada kami)”, akan tetapi ia dimutaba’ahkan oleh Khalid bin Abdullah Ath Thahhan dan Muhammad bin Fudhail. Dari sinilah, Al Haafizh dalam Al Ishaabah setelah menyebutkan hadits ini berkata, “Demikian pula hadits setelahnya dengan sanad hadits ini, dan sanadnya shahih.” (Juz 2 hal. 439). Tentang nama sahabat yang meriwayatkan hadits ini diperselisihkan, menurut Ibnu Jarir adalah Abdullah bin Muslim, menurut Ibnu Abi Hatim dalam Al Jarh wat Ta’dil adalah Ubaidullah bin Muslim, dalam At Tahdzib seperti dalam Al Jarh wat Ta’dil, di sana disebutkan, “Dan disebut pula Abdullah.” Al Hafizh telah mengisyaratkan tentang adanya perselisihan ini dalam Al Ishabah juz 2 hal. 439. Syaikh Muqbil juga berkata, “Hadits ini memiliki syahid (penguat dari jalan lain) dari hadits Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, Hakim rahimahullah berkata (dalam Al Mustadrak) juz 2 hal. 357: Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Al Hasan bin Ahmad Al Asadiy di Hamdan. Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Husain. Telah menceritakan kepada kami Adam bin Abi Iyas. Telah menceritakan kepada kami Warqa’ dari Ibnu Abi Najiih dari Mujahid dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma tentang firman Allah ‘Azza wa Jalla, “Sesungguhnya Al Quran itu hanya diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad)." Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa Muhammad belajar) kepadanya bahasa 'Ajam, sedangkan Al Quran adalah dalam bahasa Arab yang jelas.” Mereka (orang-orang musyrik) berkata, “Sesungguhnya yang mengajarkan Muhammad adalah budak Ibnul Hadhrami; seorang yang suka membaca kitab-kitab.” Maka Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata, "Sesungguhnya Al Quran itu hanya diajarkan…dst." Hadits ini shahih isnadnya, namun keduanya (Bukhari-Muslim) tidak menyebutkannya. Lihat Ash Shahihul Musnad Min Asbaabin Nuzuul karya Syaikh Muqbil

Bahasa 'Ajam adalah bahasa selain bahasa Arab dan dapat juga berarti bahasa Arab yang tidak baik. Hal itu, karena orang yang dituduh mengajarkan kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam itu bukan orang Arab dan hanya tahu sedikit tentang bahasa Arab.

Oleh karena itu, bagaimana mungkin Beliau diajarkan oleh orang ‘ajam (luar Arab).


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nahl Ayat 103

Dan sesungguhnya kami mengetahui bahwa mereka yang tidak mempercayai datangnya Al-Qur'an dari Allah berkata, sesungguhnya alqur'an itu bukanlah kitab dari Allah yang dibawa turun oleh jibril sebagaimana pengakuan Muhammad, melainkan hanya diajarkan oleh seorang manusia, yakni pria dari romawi atau persia, kepadanya, yakni Muhammad. Tuduhan mereka batil karena bahasa yang digunakan oleh orang yang mereka tuduhkan kepadanya adalah bahasa 'ajam, bukan bahasa arab, padahal Al-Qur'an ini adalah dalam bahasa arab yang jelas dan memiliki keindahan susunan dan makna yang tidak mampu ditandingi bahkan oleh sastrawan hebat sekalipun. Usai menceritakan keingkaran kaum kafir atas ayat-ayat yang rasulullah sampaikan, Allah lalu menyebut azab bagi mereka, sesungguhnya orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, yaitu Al-Qur'an dan tanda-tanda kebesaran-Nya di alam semesta, Allah tidak akan memberi petunjuk kepada mereka menuju keimanan dan mengamalkan tuntunan-Nya, padahal dia telah menganugerahi mereka potensi iman dan menjelaskan kepada mereka ayat-ayat itu melalui rasul-Nya. Dan akibat keingkaran mereka itu mereka akan mendapat azab yang pedih jika tidak bertobat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penjelasan dari banyak mufassirin terkait isi dan arti surat An-Nahl ayat 103 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita semua. Dukunglah syi'ar kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dibaca

Kami memiliki ratusan topik yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-A’raf, Al-Baqarah 284-286, Luqman 13-14, Al-Fatihah 1, Al-Fatihah 7, Yasin 40. Ada pula Al-Baqarah 216, Ali ‘Imran 104, Yunus 41, Ali ‘Imran 191, Al-Fatihah 2, Assalaamualaikum.

  1. Al-A’raf
  2. Al-Baqarah 284-286
  3. Luqman 13-14
  4. Al-Fatihah 1
  5. Al-Fatihah 7
  6. Yasin 40
  7. Al-Baqarah 216
  8. Ali ‘Imran 104
  9. Yunus 41
  10. Ali ‘Imran 191
  11. Al-Fatihah 2
  12. Assalaamualaikum

Pencarian: surah al isra ayat 17 32, an nisa ayat 50, ayat al ikhlas latin, surat 76, surat nun

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: