Surat An-Nahl Ayat 20

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱلَّذِينَ يَدْعُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ لَا يَخْلُقُونَ شَيْـًٔا وَهُمْ يُخْلَقُونَ

Arab-Latin: Wallażīna yad'ụna min dụnillāhi lā yakhluqụna syai`aw wa hum yukhlaqụn

Artinya: Dan berhala-berhala yang mereka seru selain Allah, tidak dapat membuat sesuatu apapun, sedang berhala-berhala itu (sendiri) dibuat orang.

« An-Nahl 19An-Nahl 21 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat An-Nahl Ayat 20

Paragraf di atas merupakan Surat An-Nahl Ayat 20 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai kandungan penting dari ayat ini. Terdapat pelbagai penjelasan dari berbagai ahli tafsir terhadap isi surat An-Nahl ayat 20, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan tuhan-tuhan sesembahan yang disembah oleh kaum musyrikin tidak mampu menciptakan apapun, meskipun barang yang amat kecil. Sebab tuhan-tuhan sesembahan itu(juga) makhluk-makhluk yang diciptakan sendiri oleh orang-orang kafir dengan tangan-tangan mereka. Bagaimana bisa mereka menyembahnya?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

20-21. sedangkan berhala berhala yang disembah orang-orang musyrik tidak mampu menciptakan sesuatu apapun, bahkan berhala-berhala itu sendiri merupakan ciptaan orang-orang yang menyembahnya. Berhala-berhala itu hanyalah benda mati yang tidak memiliki nyawa dan tidak mengetahui kapan terjadinya hari kebangkitan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

20. Berhala-berhala yang disembah orang-orang musyrikin tidak menciptakan apa pun walaupun hanya sedikit, apa yang mereka sembah selain Allah adalah benda yang mereka buat sendiri. Bagaimana mereka menyembah berhala yang mereka buat dengan tangan mereka sendiri?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

20. وَالَّذِينَ يَدْعُونَ مِن دُونِ اللهِ (Dan berhala-berhala yang mereka seru selain Allah)
Yakni tuhan-tuhan yang disembah oleh orang-orang kafir.

لَا يَخْلُقُونَ شَيْـًٔا(tidak dapat membuat sesuatu apapun)
Baik itu ciptaan yang kecil maupun yang besar.

وَهُمْ يُخْلَقُونَ(sedang berhala-berhala itu (sendiri) dibuat orang)
Dibuat oleh orang-orang kafir dari kayu, batu, dan lain sebagainya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

20. Berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah itu tidak dapat berbuat atau menciptakan apapun, sedangkan berhala-berhala itu sendiri diciptakan oleh orang dari batu, kayu maupun lainnya. Inilah keseimbangan yang menekankan isi dari ayat 17 yang mendeskripsikan sifat orang berakal dalam hal beribadah


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan yang mereka seru selain Allah tidak dapat menciptakan sesuatu apa pun, bahkan mereka itu diciptakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19-20. sebagaimana rahmatNya luas, kebaikanNya merata, dan ampunannya menghampiri seluruh hambaNYa, maka ilmuNya pun meliputi mereka semua. Dia mengetahui ungkapan yang mereka sembuyikan dan ucapan yang mereka nyatakan. Berbeda halnya dengan obyek yang disembah selain Allah, sesungguhnya mereka ini, ”tidak dapat membuat sesuatu appaun” sedikit ataupun banyak. ”sedang berhala berhala itu (sendiri) dibuat orang” bagaimana mungkin mereka bisa membuat sesuatu kalau masih membutuhkan Allah untuk mengadakan wujud mereka?


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 19-21
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia mengetahui apa yang terkandung di dalam hati dan semua rahasia, sebagaimana Dia mengetahui hal-hal yang tampak. Dia akan membalas kepada setiap orang sesuai dengan amalnya pada hari kiamat. Jika baik, maka balasannya kebaikan dan jika buruk maka balasannya keburukan. Kemudian Dia memberitahukan bahwa berhala-berhala yang mereka seru selain Allah itu tidak dapat membuat sesuatu apapun, dan mereka dibuat, sebagaimana nabi Ibrahim berkata (Apakah kalian menyembah patung-patung yang kalian pahat itu? (95) Padahal Allah-lah yang menciptakan kalian dan apa yang kalian perbuat itu? (96)) (Surah Ash-Shaffat)
Firman Allah: ((Berhala-berhala itu) benda mati, tidak hidup) yaitu, benda-benda mati tidak bernyawa, jadi tidak bisa mendengar, tidak melihat, dan tidak berakal. (dan berhala-berhala itu tidak mengetahui bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan) yaitu tidak mengetahui kapankah hari kiamat itu terjadi. Maka bagaimana bisa diharapkan darinya manfaat, pahala atau balasan? Sesungguhnya yang diharapkan manfaat, pahala, dan balasannya hanyalah Dzat yang mengetahui segala sesuatu, Dia adalah Dzat yang mencipta­kan segala sesuatu.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (وَهُمۡ يُخۡلَقُونَ) wahum yukhlaquun : “bahkan mereka diciptakan.” Dibentuk dari batu atau yang lain.

Makna ayat:
Pada ayat ini terdapat bantahan yang jelas untuk kaum musyrikin setelah berlalu dalil-dalil yang menunjukkan kesyirikan dan kesesatan mereka, sehingga Allah ta’ala berfirman: “dan orang-orang yang menyembah selain Allah” kalian menyembah mereka, wahai kaum musyrikin

Pelajaran dari ayat:
• Batilnya syirik dan penegasan tauhid.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Nahl Ayat 20

Dan berhala-berhala yang mereka seru, sembah, dan mintai pertolongan selain Allah itu tidak akan dapat membuat dan menciptakan sesuatu apa pun untuk mereka, sedang berhala-berhala itu dibuat oleh orang, bahkan tidak jarang oleh penyembahnya sendiri. Berhala-berhala itu hanyalah benda mati, tidak hidup. Mereka tidak dapat mengetahui, merasa, tumbuh, bahkan untuk sekadar bergeser sendiri. Dan berhala-berhala itu juga tidak dapat mengetahui sedikit pun kapankah penyembahnya akan dibangkitkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari para mufassir terhadap kandungan dan arti surat An-Nahl ayat 20 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi ummat. Bantu perjuangan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dikunjungi

Baca ratusan topik yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Maryam, ‘Abasa, Yasin 9, Luqman 13, An-Naas. Ada pula Al-Ma’idah 32, Al-Hujurat 10, Al-Fatihah 6, At-Taubah 40, Al-Lail, Al-Baqarah 285-286.

  1. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  2. Maryam
  3. ‘Abasa
  4. Yasin 9
  5. Luqman 13
  6. An-Naas
  7. Al-Ma’idah 32
  8. Al-Hujurat 10
  9. Al-Fatihah 6
  10. At-Taubah 40
  11. Al-Lail
  12. Al-Baqarah 285-286

Pencarian: al baqarah 212, qs al jumu ah, surat al insyira, surah al baqarah ayat 19, surah al ashri

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: