Surat Al-Hijr Ayat 98

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ููŽุณูŽุจู‘ูุญู’ ุจูุญูŽู…ู’ุฏู ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ูˆูŽูƒูู† ู…ู‘ูู†ูŽ ูฑู„ุณู‘ูŽูฐุฌูุฏููŠู†ูŽ

Arab-Latin: Fa sabbiแธฅ biแธฅamdi rabbika wa kum minas-sฤjidฤซn

Artinya: Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat),

ยซ Al-Hijr 97 โœต Al-Hijr 99 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Terkait Dengan Surat Al-Hijr Ayat 98

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 98 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah penting dari ayat ini. Terdokumentasikan beberapa penjelasan dari kalangan mufassirun terhadap kandungan surat Al-Hijr ayat 98, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka adukanlah itu kepada tuhanmu ketika hatimu sesak, dan bertasbihlah dengan memujiNya, dengan bersyukur kepadaNya lagi memujiNya, dan jadilah kamu termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat karenaNya yang beribadah kepadaNya. Sesungguhnya itu akan menghilangkan duka yang menggelayutimu.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

98. Maka berlindunglah kepada Allah dengan menyucikan-Nya dari apa yang tidak layak bagi-Nya, memuji-Nya dengan sifat-sifat kesempurnaan, jadilah kamu termasuk orang-orang yang beribadah kepada Allah, orang-orang yang mendirikan salat untuk Allah, karena hal itu akan mengobati dadamu yang sempit.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

98. ูˆูŽูƒูู† ู…ูู‘ู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูฐุฌูุฏููŠู†ูŽ (maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud)
Yakni orang-orang yang shalat. Jika kamu melakukan hal itu maka Allah akan menghilangkan kesedihan dan kegundahanmu serta melapangkan dadamu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

97-99

1 ). { ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ู†ูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ูŠูŽุถููŠู‚ู ุตูŽุฏู’ุฑููƒูŽ ุจูู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ } Jangan menyangka bahwa ada hati yang tidak bisa dirusak ketenangannya oleh perkataan orang lain.

2 ). Hatimu terkadang terasa sempit tatkala kamu mendengarkan sesuatu yang menyakitmu, dan terkadang kamu sedih karenanya, bahkan kamu juga kerap dituduh dengan perkara yang tidak sama sekali kamu lakukan, oleh karena itu kamu membutuhnya sesuatu yang berbelas kasih kepada hatimu, dan menjauhkan segala hal yang menghawatirkanmu, lalu kamu mentadabburi ayat-ayat akhir dari surah al-Hijr : { ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ู†ูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ูŠูŽุถููŠู‚ู ุตูŽุฏู’ุฑููƒูŽ ุจูู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ , ููŽุณูŽุจู‘ูุญู’ ุจูุญูŽู…ู’ุฏู ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ูˆูŽูƒูู†ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽุงุฌูุฏููŠู†ูŽ } "Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan , Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat)" maka kamu telah menemukan penawar yang menyembuhkanmu, begitu agungnya al-Qur'an ini.

3 ). Nabi -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- diburukkan oleh dustaan kaumnya padahal mereka mengetahui kebenaranya dan jelasnya dalil-dalil beliau, maka Allah memberi petunjukinya kepada sesuatu yang dapat menolak kerisauan hatinya, Allah memulai dari perintah yang bersifat khusus, kemudian perintah yang bersifat lebih umum, yaitu : perintah khusus untuk berdzikir kepada Allah, kemudian perintah yang lebih umum yaitu shalat, kemudia perintah ibadah dengan sifatnya keseluruhan, sungguh petunjuk yang agung jika saja kita mentadabburnya.

4 ). Semakin bertambah kedekatan seorang hamba kepada Allah dan semakin meningkat kedudukannya; niscaya keteguhan hatinya dan kejujurannya akan semakin kuat, karena orang jujur tidak akan terputus permintaannya dan tidak ada rasa futur dalam mencapai keinginannya, bahkan keinginannya akan lebih sempurnya pencapaiannya, Allah ta'ala berfirman : { ูˆูŽุงุนู’ุจูุฏู’ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ูฐ ูŠูŽุฃู’ุชููŠูŽูƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽู‚ููŠู†ู }.

5 ). Seorang mutadabbir mengatakan setelah ia mempelajari firman Allah : { ูˆูŽุงุนู’ุจูุฏู’ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ูฐ ูŠูŽุฃู’ุชููŠูŽูƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽู‚ููŠู†ู } ia mengatakan : segala puji bagi Allah yang tidak memutuskan kepada kami karunianya untuk terus beribadah dan taqarrub kepada-Nya dengan memperbanyak amalan shalih di musim-musim kebaikan, bahkan lebih dari itu Allah menjadikan kedudukan Ibadah kepada-Nya terus tegak sampai kematian tiba : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan seorang anak yang mendoakan untuk orangtuanya.

6 ). { ูˆูŽุงุนู’ุจูุฏู’ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ูฐ ูŠูŽุฃู’ุชููŠูŽูƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽู‚ููŠู†ู } Tidaklah pantas bagi seorang muslim yang telah merasakan manisnya ketaatan kepada Allah pada satu bulan penuh di bulan ramadhan, kemudian ia menukarnya dengan kepahitan maksiat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

98. Maka sucikanlah nama tuhanmu dari segala yang tidak patut untuk-Nya dan dengan memuji-Nya. Jadilah kamu orang-orang yang senantiasa bersujud (shalat), sebab shalat dapat membersihkan hati dan menghilangkan kesedihan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah termasuk orang-orang yang sujud} orang-orang yang shalat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

98. Wahai Muhammad โ€maka bertasbilah dengan memuji Rabbmu dan jadilah kamu termasuk orang orang yang bersujud (shalat)". perbanyaklah mengingat Allah, bertasbih dan bertahmid dan bershalawat. Sesungguhnya itu akan melapangkan dadamu dan melebarkannya serta membantumu dalam menjalankan urusan urusanmu.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 94-99
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan RasulNya SAW untuk menyampaikan apa yang dia diutus untuk menyampaikannya, melaksanakannya dan menyatakannya kepada orang-orang musyrik, sebagaimana Ibnu Abbas berkata tentang firmanNya: (Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan apa yang diperintahkan (kepadamu)) yaitu, laksanakanlah secara terang-terangan. Dalam pendapat lain, yaitu kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu.
Mujahid berkata yaitu membaca Al-Qur'an dengan suara keras dalam shalat.
Firman Allah: (dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik (94) Sesungguhnya Kami memelihara kamu dari (kejahatan) orang-orang yang memperolok-olokkan (kamu) (95)) yaitu, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu, dan janganlah kamu hiraukan orang-orang musyrik yang ingin menghalangimu dari mengamalkan ayat-ayat Allah (Maka mereka menginginkan supaya kamu bersikap lunak, lalu mereka bersikap lunak (9)) (Surah Al-Qalam) Janganlah kamu takut terhadap mereka, sesungguhnya Allah melindungimu dan memelihara dirimu dari mereka. Sebagaimana firman Allah: (Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya Allah memeยญlihara kamu dari (gangguan) manusia) (Surah Al-Maidah: 67)
Firman Allah: ((Yaitu) orang-orang yang menganggap adanya tuhan yang lain di samping Allah; maka mereka kelak akan mengetahui (akibat-akibatnya) (96)) (Surah Al-Hijr) ancaman keras dan peringatan tegas bagi orang yang menjadikan tuhan lain bersama Allah.
Firman Allah: (Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui bahwa dadamu menยญjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan (97) maka bertasbihยญlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (98)) yaitu wahai Muhammad sesungguhnya Kami benar-benar mengetahui bahwa dadamu merasa sempit karena gangguan mereka terhadapmu, maka janganlah hal itu mengendurkan semangatmu, jangan pula memalingkanmu dari menyampaikan risalah Allah, dan berserah dirilah kepadaNya, sesungguhnya Dialah Pemberi kecukupan dan Penolongmu atas mereka. Maka sibukkanlah dirimu dengan mengingat, memuji, menyucikan dan menyembah Allah, yaitu dengan mengerยญjakan shalat. Oleh karena itu Allah berfirman: (Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (98)) Oleh karena itu ketika Rasulullah SAW mengalami musibah, maka beliau shalat.
Firman Allah: (dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal) (99)) Iamam Bukhari berkata, Salim berkata, bahwa maknanya adalah kematian. dan Salim di sini adalah Salim bin Abdullah bin Umar.
Ayat ini yaitu (dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal) (99)) digunakan sebagai dalil bahwa ibadah seperti shalat dan sejenisnya itu wajib bagi semua manusia selagi akalnya sehat dan normal, maka dia mengerjakannya sesuai dengan kondisinya,
Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits shahih Bukhari, dari Imran bin Hushain bahwa Rasulullah SAW bersabda,โ€Shalatlah sambil berdiri; dan jika kamu tidak mampu, maka dengan duduk. Dan jika kamu tidak mampu , maka dengan berbaring pada lambungโ€


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat:
maka Kami tunjukkan kepadamu hal yang dapat meringankan rasa sakit hatimu โ€œmaka bertasbihlah dengan memuji Rabbmuโ€ ucapkanlah, Subhanallahi wa bihamdih, perbanyaklah dzikir ini, โ€œdan jadilah engkau di antara orang yang bersujud.โ€ Yaitu orang-orang yang shalat, karena tidak ada sujud kecuali pada shalat

Pelajaran dari ayat:
โ€ข Keutamaan tasbih : subhanallahi wa bihamdih. Siapa yang mengucapkannya seratus kali, maka dosa-dosanya akan diampuni sekalipun sebanyak buih di lautan sebagaimana yang diriwayatkan dalam Ash-Shahih.
โ€ข Disyariatkannya shalat hajat, jika seorang tertimpa masalah atau merasa dadanya sempit, hendaknya dia shalat, semoga Allah taโ€™ala memudahkan urusannya dengan shalat tersebut atau menunaikan hajatnya jika Dia berkehendak, Dia-lah Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 98: Yakni mengucapkan โ€œSubhaanallahi wa bihamdih.โ€

Maksudnya, perbanyaklah dzikrullah, tasbih, tahmid, dan melakukan shalat, karena hal itu akan melapangkan dadamu dan membantu meringankan urusanmu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 98

Karena itu, maka janganlah kaupedulikan ucapan mereka betapapun menyakitkan hatimu, tetapi bertasbihlah kepada Allah dengan menyucikan-Nya dari segala kesyirikan dan kekurangan disertai dengan memuji tuhanmu yang selalu mengawasi dan melindungimu dari gangguan kaum kafir serta membimbingmu ke jalan kebenaran, dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud, yakni taat, tekun, dan patuh kepada Allah, seperti yang telah kaulakukan selama ini. Dan bersama dengan itu sembahlah tuhanmu yang telah menciptakan dan menghidupkanmu, dan serahkanlah dirimu sepenuhnya kepadanya sampai yakin, yaitu ajal, datang kepadamu. Dengan melakukan hal itu maka beban perasaan yang kaupikul akibat ucapan, sikap, dan tingkah laku kaum kafir akan terasa ringan dan jiwamu pun akan merasa tenteram.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penjabaran dari banyak ulama tafsir terkait makna dan arti surat Al-Hijr ayat 98 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi ummat. Dukung syi'ar kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dikaji

Baca ratusan materi yang cukup banyak dikaji, seperti surat/ayat: At-Taubah 40, Maryam, Yasin 9, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Ma’idah 32, Al-Baqarah 285-286. Ada pula Luqman 13, Al-Hujurat 10, Al-Fatihah 6, Al-Lail, ‘Abasa, An-Naas.

  1. At-Taubah 40
  2. Maryam
  3. Yasin 9
  4. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  5. Al-Ma’idah 32
  6. Al-Baqarah 285-286
  7. Luqman 13
  8. Al-Hujurat 10
  9. Al-Fatihah 6
  10. Al-Lail
  11. ‘Abasa
  12. An-Naas

Pencarian: an nisa ayat 69, al ankabut ayat 14, at taubah ayat 11, arti surat an nahl ayat 64, an nisa ayat 64

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: