Surat Al-Hijr Ayat 74

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَجَعَلْنَا عَٰلِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ حِجَارَةً مِّن سِجِّيلٍ

Arab-Latin: Fa ja'alnā 'āliyahā sāfilahā wa amṭarnā 'alaihim ḥijāratam min sijjīl

Artinya: Maka Kami jadikan bahagian atas kota itu terbalik ke bawah dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras.

« Al-Hijr 73Al-Hijr 75 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Terkait Dengan Surat Al-Hijr Ayat 74

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 74 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan beberapa penjabaran dari beragam ahli ilmu berkaitan isi surat Al-Hijr ayat 74, sebagiannya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kemudian kami membalik negeri-negeri mereka, kami balik bagian atas menjadi bagian bawah, dan kami hujani mereka dengan bebatuan dari tanah keras lagi kuat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

74. Maka Kami jadikan negeri mereka terbalik, permukaan tanah bagian atasnya Kami jadikan bagian bawah; dan Kami hujani mereka dengan bebatuan dari tanah yang mengeras.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

74. Kami membalik negeri mereka, bagian atasnya Kami menjadikan bagian bawah, Kami menghujani mereka dengan batu dari tanah liat yang membatu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

74. فَجَعَلْنَا عٰلِيَهَا سَافِلَهَا (Maka Kami jadikan bahagian atas kota itu terbalik ke bawah)
Yakni Kami balik kota mereka bersama para penghuninya agar mereka terkubur dibawahnya.

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ حِجَارَةً مِّن سِجِّيلٍ(dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras)
Yakni dari tanah yang membatu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

74. Maka Kami jadikan sebgaian kota itu terbalik ke bawah dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Lalu Kami menjadikan bagian atasnya menjadi bagian bawah dan Kami menghujani mereka dengan tanah yang membatu} tanah yang membatu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


74. ”maka kami jadikan bagian atas kota itu terbalik kebawah” maksudnya kami telah menjungirbalikan kota mereka, ”dan kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras” batu batu itu menuntut orang orang yang berlarian (tanpa arah) ditempat itu.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 73-77
Allah SWT berfirman: (Maka mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur) yaitu apa yang menimpa mereka berupa suara keras yang mengguntur ketika matahari terbit. Selain itu kota tempat mereka diangkat ke langit, lalu dibalikkan dan menjadikan bagian atasnya di bawah dan bagian bawahnya di atas, setelah itu mereka dihujani oleh batu dari tanah liat yang keras. Telah disebutkan pembahasan tentang makna “sijjil” di surah Hud dengan penjelasan yang cukup.
Firman Allah: (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Kami) bagi orang-orang yang memper­hatikan tanda-tanda (75)) yaitu sesungguhnya sisa-sisa azab ini masih tampak pada negeri-negeri itu bagi orang yang memperhatikan dan memandangnya dengan pandangan mata dan hatinya. Sebagaimana yang dikatakan Mujahid tentang firmanNya: (bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda) dia berkata yaitu orang-orang yang menafsirkannya.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yaitu bagi orang-orang yang memperhatikannya.
Qatadah berkata yaitu orang-orang yang mengambil pelajaran.
Malik berkata dari sebagian ulama Madinah tentang (bagi orang-orang yang memperhatikan tanda-tanda) yaitu orang-orang yang merenungkannya.
Firman Allah: (Dan sesungguhnya kota itu benar-benar terletak di jalan yang masih tetap (dilalui manusia) (76)) yaitu sesungguhnya kota Sodom yang telah ditimpa sesuatu yang menimpanya berupa dibalikkan bentuknya dan dilempari sehingga menjadi danau yang berbau busuk dan kotor di jalan Mahya' itu masih dilalui sampai hari ini. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Mekah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi (137) dan di waktu malam. Maka apakah kalian tidak memikirkan? (138)) (Surah Ash-Shaffat)
Mujahid mengatakan sehubungan tentang firmanNya: (Dan sesungguhnya kota itu benar-benar terletak di jalan yang masih tetap (dilalui manusia) (76)) dia berkata yaitu tanda-tanda.
Qatadah berkata yaitu di jalan yang jelas.
Firman Allah: (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman (77)) yaitu Sesungguhnya apa yang Kami perbuat terhadap kaum nabi Luth berupa pembinasaan dan penghancuran mereka, serta penyelamatan Kami terhadap nabi Luth dan keluarganya itu benar-benar terdapat tanda yang jelas dan terang bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (مِّن سِجِّيلٍ) min sijjiil : tanah yang dibakar di neraka.

Makna ayat: “Maka Kami jungkir balikkan (negeri itu).” Kami jadikan bawah negeri itu bagian atasnya, membaliknya seperti membalik telapak tangan. “lalu Kami hujani mereka” di atasnya batu-batu dari tanah yang dibakar di neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 74: Malaikat Jibril mengangkatnya ke langit, lalu menjatuhkannya dengan dibalik.

Yakni tanah yang dibakar dengan api.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 74

Seiring datangnya suara keras yang mengguntur itu maka kami jungkir balikkan kota sodom dan gomorah yang menjadi tempat tinggal kaum nabi lut, dan selain itu, kami juga hujani mereka secara bertubi-tubi dengan batu dari tanah yang keras sehingga mereka hancur dan binasa. Sungguh, pada yang demikian itu, yaitu berita-berita dan kisah-kisah yang Allah sampaikan, benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran, keagungan, dan kekuasaan Allah bagi orang yang memperhatikan tanda-tanda yang diperlihatkan dan dihamparkan di alam semesta ini.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah kumpulan penafsiran dari berbagai ulama terkait kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 74 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk kita. Dukunglah kemajuan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Sering Dibaca

Tersedia banyak konten yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 32, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Baqarah 285-286, At-Taubah 40, Al-Fatihah 6, Maryam. Termasuk Yasin 9, Al-Hujurat 10, An-Naas, ‘Abasa, Al-Lail, Luqman 13.

  1. Al-Ma’idah 32
  2. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  3. Al-Baqarah 285-286
  4. At-Taubah 40
  5. Al-Fatihah 6
  6. Maryam
  7. Yasin 9
  8. Al-Hujurat 10
  9. An-Naas
  10. ‘Abasa
  11. Al-Lail
  12. Luqman 13

Pencarian: surah an nahl ayat 69, surat al baqarah ayat 219 beserta artinya, surat an-nisa ayat 146 beserta artinya, surat al mudatsir latin, al insan 22

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: