Surat Al-Hijr Ayat 64

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأَتَيْنَٰكَ بِٱلْحَقِّ وَإِنَّا لَصَٰدِقُونَ

Arab-Latin: Wa ataināka bil-ḥaqqi wa innā laṣādiqụn

Artinya: Dan kami datang kepadamu membawa kebenaran dan sesungguhnya kami betul-betul orang-orang benar.

« Al-Hijr 63Al-Hijr 65 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-Hijr Ayat 64

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 64 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran mendalam dari ayat ini. Didapati aneka ragam penjelasan dari banyak mufassirin terhadap kandungan surat Al-Hijr ayat 64, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

63-65. Mereka berkata, “ Janganlah kamu takut, sesunggunya kami datang dengan membawa siksaan yang diragukan kaummu dan mereka tidak mengimani. Dan kami datang dengan membawa kebenaran di sisi Allah, dan kami mengatakan ucapan yang benar. Maka keluarlah kamu dari tengah mereka bersama keluargamu yang beriman, setelah berlalunya sebagian malam. Dan berjalanlah kamu di belakang mereka, supaya tidak seorangpun yang tertinggal sehingga terkena siksaan (juga). Dan janganlah salah seorang dari kalian menengok (ke belakang). Dan cepatlah menuju tempat ke mana Allah memerintahkan kalian, supaya kalian berada di tempat yang aman.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

64. “Kami datang membawa kebenaran yang tidak main-main, sesungguhnya kami ini benar tentang kabar yang kami sampaikan kepadamu.”


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

64. وَأَتَيْنٰكَ بِالْحَقِّ (Dan kami datang kepadamu membawa kebenaran)
Yaitu berupa azab yang benar-benar akan menimpa mereka.

وَإِنَّا لَصٰدِقُونَ (dan sesungguhnya kami betul-betul orang-orang benar)
Dalam kabar yang kami sampaikan kepadamu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

64. Kami datang kepadamu membawa kebenaran dan sesungguhnya kami betul-betul orang-orang benar


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Kami datang kepadamu membawa kebenaran. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang benar


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

64. “dan kami datang kepadamu membawa kebenaran” bukan barang guyonan ”dan sesungguhnya kami betul betul orang orang benar” atas apa yang kami ucapkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 61-64
Allah SWT memberitahukan tentang nabi Luth ketika datang kepadanya para malaikat dalam wujud pemuda yang tampan wajahnya, lalu mereka masuk ke rumahnya. lalu nabi Luth berkata: ("Sesungguhnya kalian adalah orang-orang yang tidak dikenal” Para utusan menjawab, "Sebenarnya kami ini datang kepadamu dengan membawa azab yang selalu mereka dustakan” (63)) yang mereka maksud adalah dengan mengazab, membinasakan, dan menghancurkan mereka yang sebelumnya mereka meragukan terjadinya azab itu atas mereka, dan membinasakan kampung halaman mereka (Dan Kami datang kepadamu dengan membawa kebenaran) sebagaimana Allah SWT berfirman: (Kami tidak menurunkan malaikat melainkan dengan benar) (Surah Al-Hijr: 8) Firman Allah: (dan sesungguhnya kami betul-betul orang-orang yang benar) yaitu menegaskan pemberitaan tentang mereka kepada­nya, yaitu bahwa mereka memberitahukan tentang keselamatannya dan pembinasaan kaumnya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat: “Dan kami mendatangimu dengan membawa kebenaran.” Yang valid, tidak ada keraguan di dalamnya. “Dan kami sungguh orang-orang yang benar.” Dalam perkara yang kami kabarkan kepadamu, yaitu azab kaummu yang berdosa,


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 64: Yakni bukan main-main atau bercanda.

Dalam perkataan kami.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 64

Dan jangalah engkau ragukan maksud kedatangan kami. Kami datang kepadamu dengan membawa kebenaran yang membuktikan kebenaran yang engkau sampaikan kepada mereka dan kesalahan mereka menolak ajakanmu untuk beriman kepada Allah. Dan sungguh, kami adalah orang yang benar dalam ucapan dan perbuatan kami. Pernyataan para malaikat itu mampu menenangkan hati nabi lut sehingga tidak lagi meragukan maksud kedatangan mereka. Dalam keadaan demikian, mereka berpesan, maka tinggalkanlah kaummu yang kafir, wahai nabi lut, dan pergilah kamu pada akhir malam, yakni menjelang subuh, beserta keluargamu, dan ikuti serta awasi-lah mereka dengan sungguh-sungguh dari belakang, dan jangan ada di antara kamu yang menoleh ke belakang agar perjalanan kamu lancar. Dan teruskanlah perjalanan hingga kamu semua sampai ke tempat yang diperintahkan kepadamu. (lihat: surah hud/11: 81).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjelasan dari banyak mufassir mengenai isi dan arti surat Al-Hijr ayat 64 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Support perjuangan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Terbanyak Dikaji

Kami memiliki ratusan konten yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: An-Naas, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, At-Taubah 40, Maryam, Al-Baqarah 285-286, Al-Fatihah 6. Termasuk Luqman 13, Al-Lail, ‘Abasa, Yasin 9, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32.

  1. An-Naas
  2. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  3. At-Taubah 40
  4. Maryam
  5. Al-Baqarah 285-286
  6. Al-Fatihah 6
  7. Luqman 13
  8. Al-Lail
  9. ‘Abasa
  10. Yasin 9
  11. Al-Hujurat 10
  12. Al-Ma’idah 32

Pencarian: surah pendek beserta artinya, surah kulya al kafirun, sampaikanlah, surat 6 ayat 2, terjemahan surat al qariah

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: