Surat Al-Hijr Ayat 57

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ فَمَا خَطْبُكُمْ أَيُّهَا ٱلْمُرْسَلُونَ

Arab-Latin: Qāla fa mā khaṭbukum ayyuhal-mursalụn

Artinya: Berkata (pula) Ibrahim: "Apakah urusanmu yang penting (selain itu), hai para utusan?"

« Al-Hijr 56Al-Hijr 58 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Hijr Ayat 57

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 57 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir penting dari ayat ini. Diketemukan beragam penafsiran dari berbagai mufassirin mengenai isi surat Al-Hijr ayat 57, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

56-57. Ibrahim berkata, “Tidak ada yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya kecuali orang-orang yang keliru yang berpaling dari jalan kebenaran.” Ibrahim berkata, “ Apakah perkara penting yang kalian datang karenanya yang datang dari Allah wahai para utusan?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

57. Ibrahim berkata kepada mereka, “Lalu apa yang kalian bawa wahai para utusan dari Allah -Ta'ālā-?


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

57. قَالَ فَمَا خَطْبُكُمْ أَيُّهَا الْمُرْسَلُونَ (Berkata (pula) Ibrahim: “Apakah urusanmu yang penting (selain itu), hai para utusan?”)
Yakni apa kepantingan kalian, atau apa yang kalian bawa selain kabar gembira yang telah kalian sampaikan kepadaku?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

57. Ibrahim berkata: “Apakah ada lagi urusanmu yang penting selain untuk menyampaikan berita gembira ini hai para utusan?”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dia berkata,“Lalu apa perkara kalian} apa perkara yang kalian diutus untuk menyampaikannya {wahai para utusan”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


57. “Dia berkata” Ibrahim al-khalil berkata kepada para malaikat, ”apakah urusanmu yang penting (selain itu) hai para utusan” apakah kepentingan kalian? mengapa kalian diutus?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 57-60
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang nabi Ibrahim setelah rasa takutnya lenyap dan mendapat berita gembira bahwa sesungguhnya dia bertanya kepada mereka tentang apa yang mereka bawa kepadanya. Lalu mereka menjawab: (Kami sesungguhnya diutus kepada kaum yang berdosa) yang mereka maksud adalah kaum nabi Luth. Lalu mereka memberitahukan kepadanya bahwa mereka akan menyelamatkan keluarga nabi Luth dari kalangan kaumnya, kecuali istrinya, karena sesungguhnya istrinya termasuk orang-orang yang binasa. Oleh karena itu mereka berkata: (kecuali istrinya. Kami telah menentukan bahwa sesungguhnya ia itu termasuk orang-orang yang tertinggal (60)) yaitu orang-orang yang tertinggal dan dibinasakan.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (قَالَ فَمَا خَطۡبُكُمۡ) Qaala famaa khathbukum : Apakah urusan kalian?

Makna ayat:
Masih membahas mengenai kisah tamu Nabi Ibrahim, dan dia telah bertanya kepada mereka, sebagaimana yang Allah kabarkan melalui firman-Nya : “Dia berkata, ‘Apakah urusan kalian, wahai para utusan?” yaitu, apakah urusan kalian wahai para utusan dari sisi Allah ta’ala, karena mereka adalah malaikat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 57: Ketika mereka memberitahukan berita gembira itu, maka Ibrahim tahu bahwa mereka adalah utusan Allah yang diutus untuk urusan yang penting.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 57

Setelah ibrahim yakin tamu-tamunya adalah malaikat, dia berkata, apakah urusanmu yang penting selain membawa kabar gembira itu kepada kami, wahai para utusan Allah'mereka menjawab, selain membawa berita gembira tentang kelahiran anakmu, sesungguhnya kami juga diutus oleh Allah kepada kaum nabi lut yang berdosa dan durhaka. Kami diutus untuk membinasakan mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjelasan dari kalangan mufassirun terhadap kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 57 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita. Dukunglah dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dilihat

Kami memiliki berbagai halaman yang cukup banyak dilihat, seperti surat/ayat: ‘Abasa, An-Naas, Yasin 9, Al-Baqarah 285-286, Al-Ma’idah 32, Al-Fatihah 6. Termasuk Al-Hujurat 10, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Lail, At-Taubah 40, Luqman 13, Maryam.

  1. ‘Abasa
  2. An-Naas
  3. Yasin 9
  4. Al-Baqarah 285-286
  5. Al-Ma’idah 32
  6. Al-Fatihah 6
  7. Al-Hujurat 10
  8. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  9. Al-Lail
  10. At-Taubah 40
  11. Luqman 13
  12. Maryam

Pencarian: al. kahfi, al qalam artinya, al nuh, surah ke 5, ayat penciptaan manusia

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: