Surat Al-Hijr Ayat 56

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ وَمَن يَقْنَطُ مِن رَّحْمَةِ رَبِّهِۦٓ إِلَّا ٱلضَّآلُّونَ

Arab-Latin: Qāla wa may yaqnaṭu mir raḥmati rabbihī illaḍ-ḍāllụn

Artinya: Ibrahim berkata: "Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat".

« Al-Hijr 55Al-Hijr 57 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Terkait Dengan Surat Al-Hijr Ayat 56

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 56 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran mendalam dari ayat ini. Didapati berbagai penjelasan dari kalangan ulama mengenai makna surat Al-Hijr ayat 56, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

56-57. Ibrahim berkata, “Tidak ada yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya kecuali orang-orang yang keliru yang berpaling dari jalan kebenaran.” Ibrahim berkata, “ Apakah perkara penting yang kalian datang karenanya yang datang dari Allah wahai para utusan?”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

56-57. Maka hati Ibrahim menjadi tenang dan berkata: “Tidaklah berputus asa dari rahmat Allah melainkan orang-orang yang berpaling dari jalan yang benar.” Lalu dia bertanya kepada mereka: “Urusan besar apa yang membuat kalian datang ke sini?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

56. Ibrahim berkata, “Bukankah yang berputus asa dari rahmat Rabbnya hanyalah orang-orang yang menyimpang dari jalan Allah yang lurus?”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

56. قَالَ وَمَن يَقْنَطُ مِن رَّحْمَةِ رَبِّهِۦٓ إِلَّا الضَّآلُّونَ (Ibrahim berkata: “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat”)
Yakni aku merasa heran atas kelahiaran seorang anak bagiku karena aku telah lanjut usia dan bukan karena aku putus asa dari rahmat Tuhanku.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

56. Ibrahim berkata: “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat dari jalan kebenaran. Orang kafir yang tidak mengetahui kesempurnaan kuasa Allah dan keluasan rahmat-Nya.” Itu menunjukkan atas kebiasaan mempunyai anak dalam usia tua adalah hal mustahil, bukan pada kuasa Allah


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Orang-orang yang berputus asa atas kabar gembira yang kami sampaikan {Ibrahim berkata,“Siapakah yang berputus asa} berputus asa {dari rahmat Tuhannya selain orang yang sesat”} orang-orang yang menyimpang dari jalan kebenaran


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


56. maka Ibrahim menjawab mereka dengan menuturkan “tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Rabbnya, kecuali orang orang yang sesat” yaitu orang orang yang tidak mempunyai bekal ilmu apapun tentang Rabb mereka dan kesempurnaan kekuasanNya. Sementara itu, orang yang telah Allah karuniai hidayah dan ilmu yang agung, maka tidak ada celah baginya untuk berputus asa kepadaNya. Pasalnya, ia mengetahui dengan porsi banyak mengenai berbagai macam sebab kausalitas dan prasarana, serta jalur jalur menuju rahmat Allah. Berikutnya pasca menyampaikan kabar gembira ini, Ibrahim mengetahui bahwa para malaikat itu diutus untuk sebuah misi yang penting,


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 51-56
Allah SWT berfirman wahai Muhammad beritakanlah kepada mereka tentang kisah: (tamu-tamu Ibrahim) Kata “Ash-dhaifu” dipakai untuk bentuk tunggal dan bentuk jamak, seperti kata “Az-zuur” dan “As-safru”, dan bagaimana (masuk ke tempatnya, lalu mereka mengucapkan, "Salam.”Berkata Ibrahim, "Sesungguhnya kami merasa takut kepada kalian”) yaitu mereka takut.
Disebutkan bahwa rasa takutnya muncul pada diri mereka ketika dia melihat tangan mereka tidak mau pada sesuatu yang ada disediakan kepada mereka berupa jamuan, yaitu anak sapi gemuk yang dipanggang (Mereka berkata, "Janganlah kamu merasa takut”) yaitu janganlah takut (Lalu mereka menyampaikan berita gembira kepada Ibrahim bahwa dia akan mendapat seorang anak yang alim) (Surah Adz-Dzariyat: 28) yaitu nabi Ishaq, sebagaimana yang disebutkan dalam surah Hud. Kemudian nabi Ibrahim (berkata) dengan heran, karena usia lanjutnya, dan usia lanjut istrinya, dan dengan diwujudkannya janji itu: (Apakah kalian memberi kabar gembira kepadaku, padahal usiaku telah lanjut, maka dengan cara bagaimanakah (terlak­sananya) berita gembira yang kalian kabarkan ini?) Lalu mereka menjawabnya seraya menegaskan kepastian dari kejadian berita gembira itu setelah berita gembira itu disampaikan: (Mereka menjawab, "Kami menyampaikan kabar gembira kepada­mu dengan benar, maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang berputus asa” (55)) Sebagian ulama membacanya “Al-Qanithin”
Lalu nabi Ibrahim menjawab mereka, bahwa sesungguhnya dia tidak berputus asa, tetapi berharap kepada Allah terhadap anak, meskipun usianya telah lanjut, begitu juga istrinya. Sesungguhnya nabi Ibrahim mengetahui kekuasaan dan rahmat Allah yang lebih besar dari hal itu.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat:
Kemudian ia menjawab perkataan mereka menghilangkan rasa putus asa dari dirinya, karena putus asa adalah hal yang diharamkan, (وَمَن يَقۡنَطُ مِن رَّحۡمَةِ رَبِّهِۦٓ إِلَّا ٱلضَّآلُّونَ) “Tidak ada yang berputus asa dari rahmat Rabbnya kecuali orang-orang yang sesat.” Yaitu orang-orang kafir kepada kekuasaan dan rahmat Allah, karena ketidaktahuan mereka kepada Rabb mereka dan sifat-sifat-Nya yang sangat jelas terlihat dalam rahmat-Nya kepada mereka dan kenikmatan-kenikmatan yang diberikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 56: Yaitu orang-orang yang tidak mengenal Tuhannya dan tidak mengetahui sempurnanya kekuasaan-Nya. Adapun orang yang diberi nikmat oleh Allah dengan hidayah dan ilmu, maka tidak akan berputus asa.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 56

Dia(ibrahim)berkatamenanggapi pernyataan tamunya, ketahuilah, tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat dan karunia tuhannya kecuali orang yang sesat. Mereka adalah orang-orang yang menyimpang dari jalan tuhan atau tidak menemukan jalan yang benar, dan tidak mengetahui kekuasaan Allah. Aku bukanlah orang yang demikian, karena itu aku tidak pernah berputus asa dari rahmat-Nya. Setelah ibrahim yakin tamu-tamunya adalah malaikat, dia berkata, apakah urusanmu yang penting selain membawa kabar gembira itu kepada kami, wahai para utusan Allah'.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjabaran dari beragam ulama tafsir terkait kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 56 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita semua. Bantu usaha kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Banyak Dilihat

Tersedia banyak konten yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Maryam, Al-Baqarah 285-286, Yasin 9, An-Naas, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Ma’idah 32. Juga Al-Fatihah 6, Al-Lail, Al-Hujurat 10, ‘Abasa, Luqman 13, At-Taubah 40.

  1. Maryam
  2. Al-Baqarah 285-286
  3. Yasin 9
  4. An-Naas
  5. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  6. Al-Ma’idah 32
  7. Al-Fatihah 6
  8. Al-Lail
  9. Al-Hujurat 10
  10. ‘Abasa
  11. Luqman 13
  12. At-Taubah 40

Pencarian: surah al zalzalah ayat 7-8, surat al mukminun ayat 12 14 dan terjemahannya, bacaan surat yunus ayat 40 41, surat al mulk 1-10, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bahasa arab

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: