Surat Al-Hijr Ayat 53

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالُوا۟ لَا تَوْجَلْ إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَٰمٍ عَلِيمٍ

Arab-Latin: Qālụ lā taujal innā nubasysyiruka bigulāmin 'alīm

Artinya: Mereka berkata: "Janganlah kamu merasa takut, sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran seorang) anak laki-laki (yang akan menjadi) orang yang alim".

« Al-Hijr 52Al-Hijr 54 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Mengenai Surat Al-Hijr Ayat 53

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 53 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai hikmah penting dari ayat ini. Diketemukan pelbagai penjabaran dari beragam pakar tafsir mengenai kandungan surat Al-Hijr ayat 53, di antaranya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Malaikat berkata kepadanya, “janganlah kamu takut, sesungguhnya kami datang menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran) seorang anak yang mempunyai ilmu yang banyak tentang agama, yaitu Ishaq.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

53. Para malaikat berkata: “Janganlah kamu takut, kami datang untuk menyampaikan kabar gembira bagimu bahwa kamu akan dikaruniai anak yang tinggi ilmunya yang bernama Ishaq.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

53. Para utusan dari Malaikat itu berkata, “Tidak usah takut, karena kami datang mengabarimu sesuatu yang membahagiakanmu, kamu akan mempunyai seorang anak laki-laki yang alim menguasai ilmu-ilmu agama.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

53. قَالُوا۟ لَا تَوْجَلْ (Mereka berkata: “Janganlah kamu merasa takut)
Yakni para malaikat bekata kepadanya “janganlah kamu takut”

إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلٰمٍ عَلِيمٍ (sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran seorang) anak laki-laki yang alim)
Yakni anak yang memiliki banyak ilmu. Yakni kelahiran Ishaq.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Jika seseorang diantara kalian mengunjungi saudaranya dan ia mendapati pada dirinya ada rasa takut, maka hiburlah dia dengan berita yang menggembirakan; sehingga hatinya bisa menjadi tenang bersamamu, sebelum kamu berbicara dengannya tentang perkara yang kamu miliki, ambil lah pelajaran dari ayat ini : { قَالُوا لَا تَوْجَلْ إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ عَلِيمٍ } "Mereka berkata: "Janganlah kamu merasa takut, sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran seorang) anak laki-laki (yang akan menjadi) orang yang alim".


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

53. Mereka berkata: “Janganlah kamu merasa takut, sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu atas kelahiran seorang anak laki-laki yang akan menjadi orang yang alim yaitu Ishaq”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka berkata,“Janganlah merasa takut} jangan takut {sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran) anak laki-laki yang alim”} memiliki banyak pengetahuan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

53. “janganlah kamu merasa takut, sesungguhnya kami memberi kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran seorang) anak laki laki (yang akan menjadi) orang alim” yaitu ishaq. kabar gembira ini mengandung keterangan bahwa ia adalah seorang lelaki, bukan seorang wanita ”yang akan menjadi” orang alim maksudnya ilmunya banyak


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 51-56
Allah SWT berfirman wahai Muhammad beritakanlah kepada mereka tentang kisah: (tamu-tamu Ibrahim) Kata “Ash-dhaifu” dipakai untuk bentuk tunggal dan bentuk jamak, seperti kata “Az-zuur” dan “As-safru”, dan bagaimana (masuk ke tempatnya, lalu mereka mengucapkan, "Salam.”Berkata Ibrahim, "Sesungguhnya kami merasa takut kepada kalian”) yaitu mereka takut.
Disebutkan bahwa rasa takutnya muncul pada diri mereka ketika dia melihat tangan mereka tidak mau pada sesuatu yang ada disediakan kepada mereka berupa jamuan, yaitu anak sapi gemuk yang dipanggang (Mereka berkata, "Janganlah kamu merasa takut”) yaitu janganlah takut (Lalu mereka menyampaikan berita gembira kepada Ibrahim bahwa dia akan mendapat seorang anak yang alim) (Surah Adz-Dzariyat: 28) yaitu nabi Ishaq, sebagaimana yang disebutkan dalam surah Hud. Kemudian nabi Ibrahim (berkata) dengan heran, karena usia lanjutnya, dan usia lanjut istrinya, dan dengan diwujudkannya janji itu: (Apakah kalian memberi kabar gembira kepadaku, padahal usiaku telah lanjut, maka dengan cara bagaimanakah (terlak­sananya) berita gembira yang kalian kabarkan ini?) Lalu mereka menjawabnya seraya menegaskan kepastian dari kejadian berita gembira itu setelah berita gembira itu disampaikan: (Mereka menjawab, "Kami menyampaikan kabar gembira kepada­mu dengan benar, maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang berputus asa” (55)) Sebagian ulama membacanya “Al-Qanithin”
Lalu nabi Ibrahim menjawab mereka, bahwa sesungguhnya dia tidak berputus asa, tetapi berharap kepada Allah terhadap anak, meskipun usianya telah lanjut, begitu juga istrinya. Sesungguhnya nabi Ibrahim mengetahui kekuasaan dan rahmat Allah yang lebih besar dari hal itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (بِغُلَٰمٍ عَلِيمٖ) bighulaamin ‘aliim : dengan anak yang mempunyai ilmu yang luas, Ishaq ‘alaihis salam

Makna ayat: (قَالُواْ لَا تَوۡجَلۡ) “Mereka berkata, ‘Janganlah takut.’” (إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَٰمٍ عَلِيمٖ) “Kami memberikan kabar gembira akan seorang anak yang pandai.” Seorang anak yang mempunyai banyak ilmu.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 53: Yang dimaksud dengan seorang anak laki-laki yang alim di sini adalah Ishak ‘alaihis salam.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 53

Mendengar ucapan nabi ibrahim, mereka, yakni para tamu itu, berkata, janganlah engkau merasa takut atas kedatangan kami, karena sesungguhnya kami datang untuk memberi kabar gembira kepadamu dengan kelahiran seorang anak laki-laki yang sehat, yang akan tumbuh dewasa dan menjadi orang yang pandai dan luas serta dalam pengetahuannya. Kelak engkau akan memberinya nama ishak. (lihat: surah ash-shaffat/ 37: 112)heran dengan berita itu, dia (ibrahim) berkata, wahai tamuku, benarkah kamu memberi kabar gembira kepadaku dengan kelahiran seorang anak yang telah lama aku impikan, padahal usiaku telah lanjut dan kekuatanku pun sudah melemah' rasanya tidak mungkin lagi bagiku untuk mendapatkan anak seperti yang kamu katakan. Lalu, bagaimana kamu memberi kabar gembira tersebut; yakni bagaimana hal itu dapat terwujud' (lihat: surah hud/11: 72).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penjabaran dari para mufassirun mengenai kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 53 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk ummat. Bantu kemajuan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dikaji

Baca banyak konten yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: Yasin 9, Al-Baqarah 285-286, Al-Hujurat 10, Al-Lail, At-Taubah 40, Maryam. Ada pula Dua (2) Terakhir al-Baqarah, ‘Abasa, An-Naas, Al-Fatihah 6, Al-Ma’idah 32, Luqman 13.

  1. Yasin 9
  2. Al-Baqarah 285-286
  3. Al-Hujurat 10
  4. Al-Lail
  5. At-Taubah 40
  6. Maryam
  7. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  8. ‘Abasa
  9. An-Naas
  10. Al-Fatihah 6
  11. Al-Ma’idah 32
  12. Luqman 13

Pencarian: surah al kahfi ayat 19, qs an nahl ayat 90, arti surah an nahl ayat 114, surah luqman ayat 17, al humazah litequran

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: