Surat Al-Hijr Ayat 38

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْوَقْتِ ٱلْمَعْلُومِ

Arab-Latin: Ilā yaumil-waqtil-ma'lụm

Artinya: Sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan,

« Al-Hijr 37Al-Hijr 39 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Terkait Surat Al-Hijr Ayat 38

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 38 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan hikmah mendalam dari ayat ini. Didapati sekumpulan penafsiran dari berbagai ahli ilmu berkaitan isi surat Al-Hijr ayat 38, sebagiannya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

37-38. Allah berfirman kepadanya, “Sesungguhnya kamu termasuk yang aku tangguhkan kematian mereka sampai hari semua mahkluk mati pada tiupan pertama, bukan hingga Hari Kebangkitan” Sesungguhnya dipenuhinya permintaan itu sebagai bentuk pengeluaran waktu dan penanguhan serta cobaan bagi bangsa jin dan manusia.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

38. Hingga waktu semua makhluk mati, saat tiupan sangkakala yang pertama."


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

38. إِلَىٰ يَوْمِ الْوَقْتِ الْمَعْلُومِ (sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan)
Yakni sampai hari kiamat, ia akan mati bersama makhluk-makhluk yang lain ketika tiupan pertama sangkakala, dan bukan diakhirkan kematiannya sampai hari kebangkitan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

38. Sampai hari dan waktu yang telah ditentukan oleh Allah, yang telah diyakini oleh manusia yaitu hari kiamat


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{sampai hari yang waktunya telah ditentukan} hari dimana para makhluk mati ketika tiupan (sangkakala) pertama


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

36-38. “iblis berkata ‘Ya Rabbku (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku” berilah aku kesempatan “sampai hari manusia dibangkitkan” Allah berfirman (kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk orang yang diberi tangguh sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan” pengabulan Allah terhadap permintaanya bukanlah bentuk pemuliaan pada dirinya. Itu hanya sekedar ujian dan cobaan dari Allah baginya dan para hambaNya. Agar menjadi jelas siapa orang yang jujur, yang menaati Allah, bukan kepada musuhNya, dari orang yang tidak demikian. karena itu Allah telah memperingatkan kita dengan peringatan yang sangat keras dan memaparkan apa saja yang iblis inginkan dari kita.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 34-38
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada iblis dengan perintah paksa yang tidak bisa ditentang, dan dicegah dengan mengusirnya dari kedudukan tinggi yang ditempati sebelumnya, sehingga dia terkutuk, bahwa dia diikuti laknat yang terus-menerus melekat kepadanya sampai hari kiamat.
Setelah murka Allah yang tidak tertolak itu menimpanya, iblis meminta penangguhan karena kedengkiannya yang sangat besar kepada nabi Adam dan anak cucunya sampai hari kiamat, yaitu hari kebangkitan. Lalu Allah mengabulkan hal itu sebagai pembiaran kepadanya. Setelah penangguhannya diperkenankan, Allah terus melaknatnya:


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (إِلَىٰ يَوۡمِ ٱلۡوَقۡتِ ٱلۡمَعۡلُومِ) ilaa yaumil waqtil ma’luum : “hingga hari yang telah ditentukan.” Ketika tiupan pertama sangkakala yang mematikan seluruh makhluk.

Makna ayat: (إِلَىٰ يَوۡمِ ٱلۡوَقۡتِ ٱلۡمَعۡلُومِ) “hingga waktu yang ditentukan.” Yaitu hari kehancuran seluruh keturunan Adam, tidak tersisa dari mereka sedikitpun, ketika tiupan sangkakala pertama.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 38: Yakni waktu tiupan pertama tanda permulaan hari kiamat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 38

Permintaan iblis untuk dipanjangkan umurnya dikabulkan oleh Allah. Allah berfirman, baiklah, maka sesungguhnya kamu, wahai iblis, termasuk yang diberi penangguhan, yakni dipanjangkan umurnya, sampai hari yang telah ditentukan, yakni tiupan pertama sangkakala sebagai tanda permulaan kiamat, dan pada saat itulah engkau harus mati dan mempertanggungjawabkan perbuatanmu. Mengetahui permohonannya dikabulkan oleh Allah, ia (iblis) berkata, tuhanku, oleh karena engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, yaitu mendapat kutukan dan dijauhkan dari rahmat-Mu, aku pasti akan jadikan (kejahatan) terasa indah bagi mereka, sehingga mereka menganggap baik perbuatan-perbuatan maksiat di bumi yang memalingkan dan menjauhkan mereka dari ibadah kepada-Mu, dan aku dengan segala daya dan cara akan menyesatkan mereka semuanya dari jalan lurus yang engkau ridai.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjelasan dari beragam pakar tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 38 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita bersama. Dukung syi'ar kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Sering Dibaca

Telaah berbagai topik yang paling sering dibaca, seperti surat/ayat: ‘Abasa, Maryam, Al-Fatihah 6, At-Taubah 40, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Yasin 9. Serta Al-Ma’idah 32, An-Naas, Al-Lail, Al-Hujurat 10, Luqman 13, Al-Baqarah 285-286.

  1. ‘Abasa
  2. Maryam
  3. Al-Fatihah 6
  4. At-Taubah 40
  5. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  6. Yasin 9
  7. Al-Ma’idah 32
  8. An-Naas
  9. Al-Lail
  10. Al-Hujurat 10
  11. Luqman 13
  12. Al-Baqarah 285-286

Pencarian: surat 1 ayat 26, innamal mu'minuuna ikhwatun fa ashlihuu baina, khasiat ali 'imran ayat 14, surat al alaq 1-5 dan artinya brainly, doa adzan latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: