Surat Al-Hijr Ayat 37

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ ٱلْمُنظَرِينَ

Arab-Latin: Qāla fa innaka minal-munẓarīn

Artinya: Allah berfirman: "(Kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh,

« Al-Hijr 36Al-Hijr 38 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Terkait Surat Al-Hijr Ayat 37

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 37 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan pelajaran mendalam dari ayat ini. Terdokumentasi kumpulan penafsiran dari kalangan ahli ilmu berkaitan isi surat Al-Hijr ayat 37, antara lain seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

37-38. Allah berfirman kepadanya, “Sesungguhnya kamu termasuk yang aku tangguhkan kematian mereka sampai hari semua mahkluk mati pada tiupan pertama, bukan hingga Hari Kebangkitan” Sesungguhnya dipenuhinya permintaan itu sebagai bentuk pengeluaran waktu dan penanguhan serta cobaan bagi bangsa jin dan manusia.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

37. Allah berfirman kepada Iblis, "Sesungguhnya kamu termasuk yang ditangguhkan, yang ajal mereka ditunda.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

37. قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ الْمُنظَرِينَ (Allah berfirman: “(Kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh)
Allah mengabulkan apa yang ia minta; dan Allah memberitahukan padanya bahwa ia termasuk makhluk-Nya yang diakhirkan kematiannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

37. Allah berfirman: “Kalau begitu maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguhan waktu atas kebinasaanmu


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Allah berfirman,“Sesungguhnya kamu termasuk golongan yang ditangguhkan} orang-orang yang ditangguhkan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

36-38. “iblis berkata ‘Ya Rabbku (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku” berilah aku kesempatan “sampai hari manusia dibangkitkan” Allah berfirman (kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk orang yang diberi tangguh sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan” pengabulan Allah terhadap permintaanya bukanlah bentuk pemuliaan pada dirinya. Itu hanya sekedar ujian dan cobaan dari Allah baginya dan para hambaNya. Agar menjadi jelas siapa orang yang jujur, yang menaati Allah, bukan kepada musuhNya, dari orang yang tidak demikian. karena itu Allah telah memperingatkan kita dengan peringatan yang sangat keras dan memaparkan apa saja yang iblis inginkan dari kita.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 34-38
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada iblis dengan perintah paksa yang tidak bisa ditentang, dan dicegah dengan mengusirnya dari kedudukan tinggi yang ditempati sebelumnya, sehingga dia terkutuk, bahwa dia diikuti laknat yang terus-menerus melekat kepadanya sampai hari kiamat.
Setelah murka Allah yang tidak tertolak itu menimpanya, iblis meminta penangguhan karena kedengkiannya yang sangat besar kepada nabi Adam dan anak cucunya sampai hari kiamat, yaitu hari kebangkitan. Lalu Allah mengabulkan hal itu sebagai pembiaran kepadanya. Setelah penangguhannya diperkenankan, Allah terus melaknatnya:


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat: Maka Allah ta’ala menjawab (قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ ٱلۡمُنظَرِينَ) “Engkau termasuk yang ditangguhkan.” Ditunda.

Pelajaran dari ayat:
• Terhalangnya Iblis dari taubat, karena kemurkaan Allah kepadanya hingga hari kiamat.
• Allah mengabulkan permintaan makhluk terburuk-Nya yaitu Iblis, sehingga mungkin Allah mengabulkan doa orang kafir dengan hikmah yang Allah ta’ala inginkan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 37: Pengabulan Allah Subhaanahu wa Ta'aala terhadap permohonannya bukan berarti sebagai pemuliaan untuk dirinya, akan tetapi sebagai ujian dan cobaan dari Allah untuknya dan untuk hamba-hamba-Nya agar diketahui dengan jelas orang yang benar; yang taat kepada Allah dengan yang tidak demikian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 37

Permintaan iblis untuk dipanjangkan umurnya dikabulkan oleh Allah. Allah berfirman, baiklah, maka sesungguhnya kamu, wahai iblis, termasuk yang diberi penangguhan, yakni dipanjangkan umurnya, sampai hari yang telah ditentukan, yakni tiupan pertama sangkakala sebagai tanda permulaan kiamat, dan pada saat itulah engkau harus mati dan mempertanggungjawabkan perbuatanmu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penjabaran dari kalangan ahli tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 37 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita semua. Dukung dakwah kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Sering Dikunjungi

Kami memiliki berbagai materi yang sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Hujurat 10, Al-Baqarah 285-286, At-Taubah 40, ‘Abasa, Yasin 9, Al-Fatihah 6. Juga Dua (2) Terakhir al-Baqarah, An-Naas, Al-Ma’idah 32, Luqman 13, Al-Lail, Maryam.

  1. Al-Hujurat 10
  2. Al-Baqarah 285-286
  3. At-Taubah 40
  4. ‘Abasa
  5. Yasin 9
  6. Al-Fatihah 6
  7. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  8. An-Naas
  9. Al-Ma’idah 32
  10. Luqman 13
  11. Al-Lail
  12. Maryam

Pencarian: an-nahl 125, malaikat zabaniyah, kandungan surah ar rum ayat 41 42, ayat 12, quran surat al-mulk

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: