Surat Al-Hijr Ayat 34

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالَ فَٱخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٌ

Arab-Latin: Qāla fakhruj min-hā fa innaka rajīm

Artinya: Allah berfirman: "Keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk,

« Al-Hijr 33Al-Hijr 35 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Tentang Surat Al-Hijr Ayat 34

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 34 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan pelbagai penafsiran dari para mufassirin terhadap kandungan surat Al-Hijr ayat 34, sebagiannya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

34-35. Allah berfirman kepadanya, ”maka keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu telah dijauhkan dari segala kebaikan dan sesungguhnya laknatKu dan kutukanKu untuk jauh dari rahmatKu menimpa kalain hingga hari manusia dibangkitkan untuk diperhitungkan amal perbuatan mereka dan pembalasannya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

34-35. Allah berfirman kepadanya: “Keluarlah dari surga, karena kamu telah dijauhkan dari rahmat-Ku, dan kamu akan mendapat laknat-Ku hingga hari kiamat.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

34. Allah berfirman kepada Iblis, "Keluarlah kamu dari Surga! Sesungguhnya kamu itu terusir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

34. قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا (Allah berfirman: “Keluarlah dari surga)
Yakni dari surga.

فَإِنَّكَ رَجِيمٌ(karena sesungguhnya kamu terkutuk)
Yakni terlaknat dan terusir, dan orang yang terusir akan dilempari dengan batu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

34. Allah berfirman: “Keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk dan terlaknat dari rahmat-Ku karena engkau telah membangkang dari perintah-Ku


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Allah berfirman,“Keluarlah dari sana} dari surga {karena sesungguhnya kamu terkutuk} diusir


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

34-35. “Allah berfirman” Allah berfirman untuk menghukum atas kekufuran dan kesombongannya, ”keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk” maksudnya terusir lagi dijauhkan dari segala kebaikan” dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu” yaitu celaan, cercaan, dan jauh dari kebaikan “sampai hari kiamat” pada ayat ini dan ayat ayat lain yang semakna terdapat petunjuk bahwa iblis akan tetap berada dalam kekufuran dan jauh dari kebaikan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 34-38
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada iblis dengan perintah paksa yang tidak bisa ditentang, dan dicegah dengan mengusirnya dari kedudukan tinggi yang ditempati sebelumnya, sehingga dia terkutuk, bahwa dia diikuti laknat yang terus-menerus melekat kepadanya sampai hari kiamat.
Setelah murka Allah yang tidak tertolak itu menimpanya, iblis meminta penangguhan karena kedengkiannya yang sangat besar kepada nabi Adam dan anak cucunya sampai hari kiamat, yaitu hari kebangkitan. Lalu Allah mengabulkan hal itu sebagai pembiaran kepadanya. Setelah penangguhannya diperkenankan, Allah terus melaknatnya:


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata:
Makna kata:
(قَالَ فَٱخۡرُجۡ مِنۡهَا) qaala fakhruj minhaa : “Dia berfirman, Keluarkah engkau darinya.” Yaitu dari surga.
(فَإِنَّكَ رَجِيمٞ) fainnka rajiim : “karena engkau sesungguhnya terkutuk.” terusir, dan terlaknat.

Makna ayat:
Firman-Nya ta’ala : (قَالَ فَٱخۡرُجۡ مِنۡهَا) “Maka keluarlah engkau darinya (surga)” ini adalah jawaban atas perkataan iblis : (لَمۡ أَكُن لِّأَسۡجُدَ لِبَشَرٍ) “Aku tidak akan sujud kepada manusia...” oleh karena itu, (فَٱخۡرُجۡ) “keluarlah darinya” yaitu surga (فَإِنَّكَ رَجِيمٞ) “Karena engkau terkutuk” terlempar, terusir, dan dijauhkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 34: Menghukumnya karena kekafiran dan kesombongannya.

Ada yang mengatakan, dari langit.

Yakni dijauhkan dari semua kebaikan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 34

Mendengar jawaban iblis yang bernada angkuh, dia (Allah) berfirman, kalau begitu keluarlah dari surga, wahai iblis, karena sesungguhnya kamu terkutuk. Engkau tidak pantas menerima rahmat-ku, apalagi tinggal di surga-ku. Dan sesungguhnya kutukan itu, yakni keterjauhan engkau dari rahmat-ku, tetap menimpamu di dunia sampai hari kiamat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penafsiran dari berbagai ahli tafsir berkaitan makna dan arti surat Al-Hijr ayat 34 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi ummat. Bantulah syi'ar kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Banyak Dibaca

Terdapat banyak materi yang banyak dibaca, seperti surat/ayat: Yasin 9, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, At-Taubah 40, ‘Abasa, Maryam, Luqman 13. Ada juga Al-Hujurat 10, Al-Fatihah 6, Al-Lail, Al-Ma’idah 32, Al-Baqarah 285-286, An-Naas.

  1. Yasin 9
  2. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  3. At-Taubah 40
  4. ‘Abasa
  5. Maryam
  6. Luqman 13
  7. Al-Hujurat 10
  8. Al-Fatihah 6
  9. Al-Lail
  10. Al-Ma’idah 32
  11. Al-Baqarah 285-286
  12. An-Naas

Pencarian: annisa ayat 130, al maidah ayat 71, surat yasin ayat 20, surat an naba ayat 30, al an am 59

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: