Surat Al-Hijr Ayat 29

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَإِذَا سَوَّيْتُهُۥ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِن رُّوحِى فَقَعُوا۟ لَهُۥ سَٰجِدِينَ

Arab-Latin: Fa iżā sawwaituhụ wa nafakhtu fīhi mir rụḥī faqa'ụ lahụ sājidīn

Artinya: Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.

« Al-Hijr 28Al-Hijr 30 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Terkait Dengan Surat Al-Hijr Ayat 29

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 29 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam hikmah penting dari ayat ini. Ada bermacam penafsiran dari para mufassirun mengenai makna surat Al-Hijr ayat 29, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Lalu apabila Aku telah menciptakannya, dan Aku sempurnakan bentuk fisiknya, dan Aku tiupkan ruh padanya, maka bersujudlah padanya sebagai bentuk salam dan penghormatan, bukan sujud peribadahan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

29. Bila Aku telah menyelesaikan pembentukannya dan menyempurnakan penciptaannya, maka sujudlah kalian untuk melaksanakan perintah-Ku dan sebagai penghormatan kepadanya."


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

29. فَإِذَا سَوَّيْتُهُۥ (Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya)
Telah serasi bentuk rupanya dan telah sempurna anggota tubuhnya.

وَنَفَخْتُ فِيهِ مِن رُّوحِى(dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku)
Imam al-Qurthubi berkata: ruh adalah jasad halus yang dijadikan Allah untuk menciptakan kehidupan pada badan.
Allah menisbatkan ruh kepada diri-Nya sebagai nisbat makhluk kepada Penciptanya, karena ruh adalah makhluk menakjubkan diantara makhluk-makhluk-Nya.

فَقَعُوا۟ لَهُۥ سٰجِدِينَ (maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud)
Sujud sebagai penghormatan, dan bukan sujud sebagai penyembahan. Dan Allah memuliakan makhluk-Nya yang Dia kehendaki dengan cara yang Dia kehendaki pula.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

29. Maka apabila Aku telah menyempurnakan penciptaannya, dan telah meniupkan ruh ciptaan-Ku kedalamnya, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud. Ruh adalah ruhani yang menakjubkan ciptaan Allah. Sebagai pemuliaan kepada Adam.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka apabila Aku telah menyempurnakan} menyeimbangkan bentuknya {dan telah meniupkan ruh (ciptaan)-Ku ke dalamnya, maka tunduklah} tersungkurlah {kepadanya dengan bersujud


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

28-29. ketika hendak menciptakan Adam, Allah berkata kepada para malaikat ”sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka apabila aku telah menyempurnakan kejadiannya” dalam bentuk raga yang sempurna, ”dan telah meniupkan kedalamnya ruh (ciptaan)Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 28-33
Allah SWT menyebutkan tentang pengangkatan nabi Adam di kalangan para malaikatNya sebelum penciptaan dan pemuliaan Allah terhadapnya dengan memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepadanya. Allah menyebutkan pula pembangkangan iblis yang enggan bersujud kepadanya, dimana dia berada di antara para malaikat kepada dengki, ingkar, menentang, dan sombong serta membanggakan diri dengan kebathilan. Oleh karena itu dia berkata: ("Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau lelah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk”) sebagaimana dia berkata di ayat lain: (Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah) (Surah Al A’raf: 12) dan firmanNya: (Ia (Iblis) berkata, “Terangkanlah kepadaku, inikah yang lebih Engkau muliakan daripada aku? Sekiranya Engkau memberi waktu kepadaku sampai hari Kiamat, pasti akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil” (62)) (Surah Al-Isra)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata:
(فَإِذَا سَوَّيۡتُهُۥ) faidzaa sawwaituh : jika Aku telah menyempurnakannya.
(فَقَعُواْ لَهُۥ سَٰجِدِينَ) faqa’uu lahuu saajidiin : maka bersujudlah kalian.

Makna ayat:
Sujudlah kepada Adam yaitu sujud penghormatan dan pengagungan, bukan sujud menyembah Adam, karena yang berhak disembah adalah yang memperintahkan dan ditaati yaitu Allah ta’ala.

Pelajaran dari ayat:
• Keutamaan sujud, karena Allah menyuruh para malaikat untuk sujud, dan mereka semua bersujud kecuali Iblis.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 29: Diidhafatkan atau dihubungkan kata roh dengan Allah Ta’ala adalah untuk menunjukkan kemuliaan Adam, sebagaimana kata “baitullah” (rumah Allah), dsb.

Dimaksud dengan sujud di sini bukan menyembah, tetapi sebagai penghormatan atau sujud membungkuk.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 29

Maka apabila aku telah menyempurnakan kejadian-Nya dan aku telah meniupkan roh ciptaan-ku ke dalamnya, maka tunduklah kamu, wahai para malaikat, dengan sukarela sebagai tanda penghormatan kamu kepadanya dengan bersujud. Maka dengan segera dan serta merta bersujudlah para malaikat itu semuanya secara bersama-sama dengan penuh kepatuhan dan ketaatan, .


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah berbagai penafsiran dari berbagai ulama mengenai kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 29 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita bersama. Dukunglah dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dikunjungi

Tersedia berbagai konten yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 286, Yunus 40-41, Az-Zalzalah, An-Nur 2, Asy-Syams, Al-Baqarah 83. Ada pula Al-Hujurat 12, Al-Mujadalah 11, Al-Isra 23, At-Takatsur, Al-Ma’idah 2, Ali Imran.

  1. Al-Baqarah 286
  2. Yunus 40-41
  3. Az-Zalzalah
  4. An-Nur 2
  5. Asy-Syams
  6. Al-Baqarah 83
  7. Al-Hujurat 12
  8. Al-Mujadalah 11
  9. Al-Isra 23
  10. At-Takatsur
  11. Al-Ma’idah 2
  12. Ali Imran

Pencarian: fatir ayat 37, al imran 144, al baqarah 225, ar rum 30, surat an nisa ayat 24

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: