Surat Ibrahim Ayat 29

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

جَهَنَّمَ يَصْلَوْنَهَا ۖ وَبِئْسَ ٱلْقَرَارُ

Arab-Latin: Jahannam, yaṣlaunahā, wa bi`sal-qarār

Artinya: Yaitu neraka jahannam; mereka masuk kedalamnya; dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman.

« Ibrahim 28Ibrahim 30 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Terkait Surat Ibrahim Ayat 29

Paragraf di atas merupakan Surat Ibrahim Ayat 29 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah berharga dari ayat ini. Tersedia beraneka penjelasan dari para ahli ilmu terhadap kandungan surat Ibrahim ayat 29, misalnya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

sehingga tempat kembali mereka adalah negeri kebinasaan, yaitu neraka jahanam, mereka akan memasukinya dan merasakan panasnya. Dan seburuk-buruk tempat tinggal adalah tempat tinggal mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

29. Negeri kebinasaan adalah neraka Jahanam yang mereka masuki, mereka merasakan panasnya, itulah seburuk-buruk tempat tinggal.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

29. وَبِئْسَ الْقَرَارُ (dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman)
Seburuk-buruk tempat tinggal bagi mereka adalah neraka Jahannam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

29. Mereka masuk neraka Jahanam dan merasakan panasnya. Seburuk-buruk tempat tinggal adalah neraka Jahanam


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{(yaitu) neraka Jahanam. Mereka masuk ke dalamnya} mereka masuk ke dalamnya {Seburuk-buruknya tempat kediaman} tempat tinggal


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

29. “Yaitu Neraka Jahanam, mereka masuk ke dalamnya”, panasnya akan mengitari diri mereka dari semua sisi. “Dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 28-30
Imam Bukhari berkata tentang firmanNya: (Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah dengan kekafiran) Tidakkah kamu mengetahui (Apakah kamu belum memperhatikan bagaimana) (Surah Ibrahim: 24) dan (Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang keluar) (Surah Al-Baqarah: 243) kata Al-Bawar adalah kebinasaan, dari kata kata baraa, yabuuru, bauran (Kaum yang binasa) (Surah Al-Furqan: 18) yaitu binasa. Diriwayatkan dari ‘Atha’ yang telah mendengar Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah dengan kekafiran) dia berkata,”Mereka adalah orang-orang kafir Makkah”
Pendapat yang terkenal dan benar dari Ibnu Abbas adalah pendapat pertama, sekalipun maknanya mencakup semua orang kafir. Sesungguhnya Allah mengutus nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan nikmat untuk mereka. Siapa saja yang menerima dan mengamalkannya sebagai rasa syukurnya, maka dia masuk surga. Dan siapa saja yang menolak serta mengingkarinya, maka dia masuk neraka.
Firman Allah: (Orang-orang kafir itu telah menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah supaya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya) yaitu, mereka menjadikan sekutu-sekutu yang mereka sembah bersama dengan Allah, dan mengajak orang-orang kepada hal itu. Kemudian Allah SWT berfirman seraya mengancam dan memperingatkan mereka melalui lisan NabiNya: (Katakanlah, "Bersenang-senanglah kalian, karena sesungguhnya tempat kembali kalian adalah neraka")
yaitu bagaimanapun kalian mampu melakukannya di dunia, maka lakukanlah. Bagaimanapun sesuatu itu (maka sesungguhnya tempat kembali kalian adalah neraka") yaitu tempat kembali dan menetap kalian adalah neraka. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar, kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yang keras) (Surah Luqman: 24)


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat :
(جَهَنَّمَ يَصۡلَوۡنَهَاۖ) “Mereka dibakar di dalamnya” terbakar karena panas dan kobaran apinya (وَبِئۡسَ ٱلۡقَرَارُ) “dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal.” Tempat menetap untuk kaum mereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Ibrahim ayat 29: Panasnya mengelilingi mereka dari segenap penjuru.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ibrahim Ayat 29

Lembah kebinasaan tersebut yaitu neraka jahanam; mereka yang mengingkari Allah dan nikmat-nikmat-Nya akan masuk ke dalamnya dan merasakan betapa pedih siksa di dalamnya; dan jahanam itulah seburukburuk tempat kediaman. Dan tidak hanya mengingkari Allah dan nikmat-nikmat-Nya, mereka (orang kafir) itu telah menjadikan dan menyembah berhala-berhala sebagai tandingan bagi Allah yang seharusnya mereka imani dan esakan. Mereka melakukan hal tersebut untuk menyesatkan manusia dari jalan dan agama-Nya. Wahai nabi Muhammad, katakanlah kepada mereka, bersenang-senanglah di dunia ini dengan keingkaran kamu, karena sesungguhnya dunia ini akan segera sirna dan tempat kembalimu adalah ke neraka. Di sanalah kamu akan menerima balasan setimpal atas keingkaranmu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penjabaran dari banyak mufassirun terkait isi dan arti surat Ibrahim ayat 29 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Sokonglah syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Sering Dikaji

Telaah ratusan konten yang sering dikaji, seperti surat/ayat: Asmaul Husna, Al-Baqarah, Al-Mulk, Yasin, Al-Waqi’ah, Al-Ikhlas. Serta Al-Kahfi, Shad 54, Al-Kautsar, Do’a Sholat Dhuha, Ar-Rahman, Ayat Kursi.

  1. Asmaul Husna
  2. Al-Baqarah
  3. Al-Mulk
  4. Yasin
  5. Al-Waqi’ah
  6. Al-Ikhlas
  7. Al-Kahfi
  8. Shad 54
  9. Al-Kautsar
  10. Do’a Sholat Dhuha
  11. Ar-Rahman
  12. Ayat Kursi

Pencarian: tulisan inalilahi wainalilahi rojiun arab, surat yusuf ayat 4 beserta artinya, surat al kahfi ayat 1-110, al mumtahanah, al baqarah ayat 286 latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: