Surat Yusuf Ayat 16

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَجَآءُوٓ أَبَاهُمْ عِشَآءً يَبْكُونَ

Arab-Latin: Wa jā`ū abāhum 'isyā`ay yabkụn

Artinya: Kemudian mereka datang kepada ayah mereka di sore hari sambil menangis.

« Yusuf 15Yusuf 17 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Surat Yusuf Ayat 16

Paragraf di atas merupakan Surat Yusuf Ayat 16 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai hikmah menarik dari ayat ini. Ada berbagai penjabaran dari para ahli tafsir mengenai kandungan surat Yusuf ayat 16, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan datanglah keluarga-keluarga Yusuf kepada ayah mereka pada waktu isya di permulaan malam dalam keadaan menangis dan memperlihatkan perasaan sesal lagi gelisah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

16. Setelah mereka menjalankan tipu daya yang mereka rencanakan, mereka berusaha menutupinya; mereka datang kepada ayah mereka pada awal malam untuk meminta maaf, mereka berpura-pura menangis agar menampakkan kesedihan atas kepergian saudara mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

16. Saudara-saudara Yusuf datang kepada ayah mereka di waktu Isya sambil berpura-pura menangis agar tipu daya mereka berhasil.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

16. وَجَآءُوٓ أَبَاهُمْ عِشَآءً يَبْكُونَ (Kemudian mereka datang kepada ayah mereka di sore hari sambil menangis)
Mereka pura-pura menangis untuk menghiasi kedustaan mereka dan menyembunyikan makar mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

16. Mereka kembali kepada ayah mereka di waktu sore dengan pura-pura menangis untuk menutupi perbuatan dan kebohongan mereka. Mereka membuat ayah mereka percaya bahwa mereka itu jujur.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Dan Mereka datang kepada ayahnya pada petang hari sambil menangis


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

16. “kemudian mereka datang kepada ayah mereka di sore hari sambil menangis” agar keterlambatan mereka dari kebiasaanya, dan tangisan mereka menjadi bukti dan penguat atas kejujuran mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 16-18
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang alasan yang dipegang oleh para saudara nabi Yusuf setelah mereka melemparnya ke dalam sumur. Kemudian mereka pulang dan menemui ayah mereka di malam hari seraya menangis dan menampakkan kekecewa dan kesedihan atas nabi Yusuf, dan beduka kepada ayah mereka, lalu mereka berkata seraya menyampaikan penyebab sesuatu yang terjadi sesuai apa yang mereka rencanakan (sesungguhnya kami pergi berlomba-lomba) yaitu kami berlomba memanah (dan kami tinggalkan Yusuf di dekat barang-barang kami) yaitu pakaian dan barang-barang kami (lalu dia dimakan serigala) Itu adalah yang dikhawatirkan dan ditakuti olehnya.
Firman Allah: (dan kamu sekali-kali tidak akan percaya kepada kami, sekalipun kami adalah orang-orang yang benar) permohonan belas kasih yang besar dalam menyampaikan pengakuan yang mereka usahakan itu. Mereka berkata,"Kami tahu bahwa engkau tidak mempercayai kami, sekalipun kami adalah orang-orang yang benar. maka bagaimana bisa engkau menuduh kami dalam hal ini, karena sebelumnya engkau khawatir jika Yusuf dimakan serigala, lalu dia dimakan serigala. Engkau dimaafkan ketika mendustakan kami, karena keanehan apa yang terjadi dan keganjilan dari sesuatu yang kami sepakati (Mereka datang dengan membawa baju gamisnya (yang berlumuran) dengan darah palsu) yaitu palsu dan buatan. Ini merupakan salah satu dari sesuatu yang mereka rencanakan, yaitu sesuatu yang telah mereka rencanakan. Karena itu nabi Ya'qub tidak terguncang dengan perbuatan ini. Bahkan dia berkata kepada mereka seraya menolak ucapan mereka terkait sesuatu yang ada pada dirinya berupa pakaian yang mereka bawa kepadanya (Sebenarnya diri kalian sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu; maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku)) yaitu aku akan bersabar dengan kesabaran yang baik atas perkara yang kalian sepakati ini, sehingga Allah memberikan jalan keluar dengan bantuan dan kelembutanNya (Dan Allah sajalah yang dimohonkan pertolongan-Nya terhadap apa yang kalian ceritakan) yaitu atas dusta dan makar yang kalian sebutkan.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (Mereka datang membawa baju gamisnya (yang berlumuran) dengan darah palsu) dia berkata seandainya nabi Yusuf benar-benar dimangsa oleh binatang liar maka bajunya terkoyak. Demikian juga dikatakan oleh Asy-Sya'bi, Al-Hasan, Qatadah, dan lainnya.
Mujahid berkata bahwa sabar yang baik adalah sabar yang tidak ada keluhannya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata : (عِشَآءٗ) ‘isyaa : setelah matahari terbenam, awal malam.

Makna ayat :
Setelah mereka selesai, mereka menyembelih seekor anak kambing, dan melumuri bajunya dengan darah tersebut, kemudian pulang kepada ayah mereka di petang hari menangis sambil membawa kabar musibah ini kepada ayah mereka yang sudah tua, Allah berfirman, (وَجَآءُوٓ أَبَاهُمۡ عِشَآءٗ) yaitu mereka pulang pada awal malam ( يَبۡكُونَ ) menangis.

Pelajaran dari ayat :
- Dipilihnya malam untuk meminta uzur bukan siang hari, karena mata malu untuk melihat mata, sebagaimana perkataan penyair,
كَيْفَ يَرْجُوْ الْحَيَاءَ مِنْهُ صَدِيْقُ وَ مَكَانُ الْحَيَاءِ مِنْهُ خَرَابُ
Bagaimana seorang teman malu kepadanya
Sedangkan tempat malunya sudah runtuh?
Maksudnya, matanya sudah tidak bisa buta.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yusuf ayat 16: Kedatangan mereka pada sore hari (terlambat) dan sambil menangis dimaksudkan agar menjadi penguat terhadap ucapan mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yusuf Ayat 16

Setelah mereka menceburkan nabi yusuf ke dalam sumur dan meninggalkannya sendirian, kemudian mereka datang kepada ayah mereka pada petang hari sambil menangis sebagai ekspresi bahwa mereka sedih. Dengan cara ini mereka menduga bahwa ayahnya percaya dengan berita yang akan mereka sampaikan, sehingga perbuatan jahat mereka tertutupi. Kemudian mereka berkata, wahai ayah kami! sesungguhnya kami pergi bermain sambil berlomba memanah dan berpacu, dan kami tinggalkan yusuf di dekat barang-barang kami sendirian di tempat yang aman. Saat kami meninggalkan yusuf sebentar, tiba-tiba datang serigala lalu dia dimakan serigala. Sungguh sangat mengejutkan, dan engkau tentu tidak akan percaya kepada kami dengan berita ini, sekalipun kami berkata benar. Hal itu karena cintamu yang berlebih-lebihan kepada yusuf, sehingga engkau berprasangka buruk kepada kami.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penjabaran dari beragam ulama tafsir berkaitan makna dan arti surat Yusuf ayat 16 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi ummat. Support dakwah kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dilihat

Ada ratusan halaman yang cukup sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 83, Ali Imran, Al-Mujadalah 11, Asy-Syams, Al-Hujurat 12, At-Takatsur. Ada juga An-Nur 2, Al-Ma’idah 2, Al-Baqarah 286, Yunus 40-41, Al-Isra 23, Az-Zalzalah.

  1. Al-Baqarah 83
  2. Ali Imran
  3. Al-Mujadalah 11
  4. Asy-Syams
  5. Al-Hujurat 12
  6. At-Takatsur
  7. An-Nur 2
  8. Al-Ma’idah 2
  9. Al-Baqarah 286
  10. Yunus 40-41
  11. Al-Isra 23
  12. Az-Zalzalah

Pencarian: al waqiah ayat 4, quran surah yunus ayat 40-41, al baqarah ayat 174, 10 ayat awal al kahfi, latin surah an naba

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: