Surat Yusuf Ayat 15

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَلَمَّا ذَهَبُوا۟ بِهِۦ وَأَجْمَعُوٓا۟ أَن يَجْعَلُوهُ فِى غَيَٰبَتِ ٱلْجُبِّ ۚ وَأَوْحَيْنَآ إِلَيْهِ لَتُنَبِّئَنَّهُم بِأَمْرِهِمْ هَٰذَا وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

Arab-Latin: Fa lammā żahabụ bihī wa ajma'ū ay yaj'alụhu fī gayābatil-jubb, wa auḥainā ilaihi latunabbi`annahum bi`amrihim hāżā wa hum lā yasy'urụn

Artinya: Maka tatkala mereka membawanya dan sepakat memasukkannya ke dasar sumur (lalu mereka masukkan dia), dan (di waktu dia sudah dalam sumur) Kami wahyukan kepada Yusuf: "Sesungguhnya kamu akan menceritakan kepada mereka perbuatan mereka ini, sedang mereka tiada ingat lagi".

« Yusuf 14Yusuf 16 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Terkait Dengan Surat Yusuf Ayat 15

Paragraf di atas merupakan Surat Yusuf Ayat 15 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan berbagai penjabaran dari berbagai mufassirun berkaitan makna surat Yusuf ayat 15, sebagiannya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka ya’qub melepasnya pergi bersama mereka. Lalu ketika mereka berhasil membawanya pergi bersama mereka dan telah bersepakat untuk melemparkannya ke dasar sumur, kami wahyukan kepada yusuf bahwa ”sesunggguhnya kamu nantinya benar-benar akan memberitahukan kepada saudara-saudaramu pada waktu yang akan datang tentang tindakan mereka yang mereka perbuat kepadamu, sedang mereka tidak merasa dan menyadari hal tersebuat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

15. Akhirnya Ya’qub mengizinkan mereka, setelah mereka menampakkan kasih sayang dan kepedulian terhadap Yusuf. Maka ketika mereka telah pergi bersama Yusuf, sedangkan mereka telah sepakat untuk membuangnya ke dasar sumur, maka mereka melepas baju Yusuf dan memasukkan Yusuf ke dalam sumur.

Akan tetapi penjagaan Allah cukup untuk menyelamatkan dan menenangkannya; ketika itu Allah berfiman kepadanya: “Sungguh kamu akan menyampaikan kepada saudara-saudaramu tentang perbuatan mereka terhadapmu ini, sedangkan mereka tidak menyadari siapa dirimu.” Ini adalah kabar gembira tentang keselamatannya dari mereka, dan dia akan mengolok mereka ketika mereka bertemu kembali meski tempat mereka sangat jauh. Dan Allah telah memenuhi janji-Nya sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya:

قال هل علمتم ما فعلتم بيوسف وأخيه إذ أنتم جاهلون

Yusuf berkata: "Apakah kamu mengetahui (kejelekan) apa yang telah kamu lakukan terhadap Yusuf dan saudaranya ketika kamu tidak mengetahui (akibat) perbuatanmu itu?". (Yusuf: 89)

Dan mereka ketika itu mendatangi Yusuf tanpa mengenali Yusuf ketika dengan penampilan dan kedudukannya saat itu, Allah mengisahkan:

وجاء إخوة يوسف فدخلوا عليه فعرفهم وهم له منكرون
Dan saudara-saudara Yusuf datang (ke Mesir} lalu mereka masuk ke (tempat)nya. Maka Yusuf mengenal mereka, sedang mereka tidak kenal (lagi) kepadanya. (Yusuf: 58)


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

15. Akhirnya Ya'qūb melepas Yusuf untuk pergi bersama saudara-saudaranya. Setelah mereka membawa Yusuf pergi ke tempat yang jauh dan berniat membuangnya ke dalam sumur, Kami wahyukan kepada Yusuf dalam keadaan seperti itu, "Sungguh engkau benar-benar akan menceritakan kepada mereka perihal perbuatan mereka ini, sedang mereka tidak menyadari siapa dirimu ketika engkau menceritakan hal itu kepada mereka."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

15. فَلَمَّا ذَهَبُوا۟ بِهِۦ (Maka tatkala mereka membawanya)
Dari sisi Ya’qub.

وَأَجْمَعُوٓا۟ (dan sepakat)
Yakni bersepakat dalam keputusan mereka.

أَن يَجْعَلُوهُ فِى غَيٰبَتِ الْجُبِّ ۚ (memasukkannya ke dasar sumur)
Tafsir dari kata (الغيابة) telah disebutkan pada ayat ke 10.

وَأَوْحَيْنَآ إِلَيْهِ (dan Kami wahyukan kepada Yusuf)
Sebagai penenang dari ketakutannya, padahal ketika itu ia masih kecil.
Saudara-saudaranya yang berjumlah sepuluh orang sepakat untuk menjerumuskan kedalam bahaya dengan penuh kekerasan hati yang telah dicabut darinya rasa kasih sayang.

لَتُنَبِّئَنَّهُم بِأَمْرِهِمْ هٰذَا (Sesungguhnya kamu akan menceritakan kepada mereka perbuatan mereka ini)
Yakni kamu akan memberitahukan kepada saudara-saudaramu apa yang mereka perbuat terhadapmu setelah kamu terbebas dari makar yang mereka rencanakan untukmu.
Pemberitahuannya ini akan disebutkan pada ayat 89 ketika mereka bertamu kepadanya setelah ia menjadi bendahara negeri Mesir.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

15. Ketika saudara-saudara Yusuf pergi bersamanya, mereka memutuskan untuk melemparkannya ke dalam lubang sumur, lalu mengabaikannya setelah melemparnya ke dalam sumur dalam keadaan masih remaja, yaitu 17 tahun dan menjadikannya budak. Sungguh kamu akan memberitahu saudara-saudaramu tentang apa yang mereka lakukan terhadapmu atau perbuatan mereka ini. Dan mereka itu tidak merasa bahwa kamu Yusuf, sebagaimana yang akan dijelaskan di ayat [89]


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Ketika mereka membawanya dan sepakat} sudah bertekad {untuk memasukkannya} melemparkannya {ke dasar sumur. Kami memberi wahyu kepadanya} kepada Yusuf {Kamu benar-benar akan menceritakan kepada mereka} kamu benar-benar akan memberitahu mereka {perbuatan mereka} perbuatan mereka {dan mereka tidak menyadarinya”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

15. ketika saudara saudara yusuf pergi bersamanya setelah meperoleh izin dari ayahnya, mereka berketetapan untuk menceburkannya kedasar sumur seperti yang telah dikatakan sebelumnya oleh si penggagas. mereka mampu untuk merealisasikan rencana yang telah mereka sepakati. Akhirnya, mereka menjalankan rencana mereka terhadapnya dan melemparkannya kedasar sumur. kemudian Allah menghiburnya dengan mewahyukan kepadanya saat dia dalam kondisi yang sulit tersebut. ”sesungguhnya kamu akan menceritakan kepada mereka perbuatan mereka ini, sedang mereka tiada ingat lagi” maksudnya akan terlontar celaan darimu kepada mereka dan (pembongkaran) informasi tentang tindakan mereka sementara mereka tidak menyadarinya. Dalam ayat ini, terdapat kabar gembira baginya bahwa ia akan selamat dari masalah yang sedang menghimpitnya, dan bahwa Allah akan menyatukannya dengan keluarga dan saudara saudaranya dalam keadaan penuh dengan kemuliaan dan kedudukan mapan di dunia ini.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT berfirman bahwa setelah nabi Yusuf pergi dengan para saudaranya dari sisi ayahnya setelah mereka mendesaknya (dan mereka sepakat untuk memasukkannya ke dasar sumur) Ini mengandung pernghormatan terhadap ayahnya ketika melakukannya. Sesungguhnya mereka semua setuju untuk melemparnya ke dalam sumur itu. Mereka mengambilnya dari sisi ayahnya dimana mereka menampakkan kepadanya penghormatan, menenangkan hati dan menggembirakannya.
Firman Allah: (dan (di waktu dia sudah dalam sumur) Kami wahyukan kepada Yusuf, "Sesungguhnya kamu akan menceritakan kepada mereka perbuatan mereka ini, sedangkan mereka tiada ingat lagi”) Allah SWT berfirman seraya menyebutkan tentang kelembutan, rahmat, dan pertolongan­Nya kepada nabi Yusuf; serta menurunkan kemudahan kepadanya di saat kesulitan. Allah menurunkan wahyu kepada nabi Yusuf pada keadaan sempit itu untuk menenteramkan dan meneguhkan hatinya,"Janganlah kamu bersedih terhadap nasibmu, karena sesungguhnya kamu akan menemui jalan keluar yang baik dari hal itu. Allah akan menolongmu terhadap mereka dan Dia akan mengangkat serta meninggikan derajatmu. Kamu akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka lakukan terhadapmu. Firman Allah: (sedangkan mereka tiada ingat lagi)
Mujahid dan Qatadah berkata tentang firmanNya, (mereka tidak menyadari) bahwa Allah menurunkan wahyu kepadanya.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(وَأَجۡمَعُوٓاْ) wa ajma’uu : sepakat untuk membuangnya ke dalam sumur.
(فِي غَيَٰبَتِ ٱلۡجُبِّۚ) fii ghayaabatil jubb : ke dalam kegelapan sumur.
(وَأَوۡحَيۡنَآ إِلَيۡهِ) wa awhainaa ilaihi : kami wahyukan kepadanya.

Makna ayat :
Masih mengenai kisah rencana para saudara Yusuf kepadanya, mereka telah membujuk ayah mereka kemarin untuk membiarkan Yusuf pergi bersama mereka menuju dataran, dan mereka telah berhasil membawanya bersama mereka. Tatkala mereka sudah menjauh, wajah-wajah mereka berubah, mereka mulai melemparkan kalimat-kalimat ejekan, terkadang pukulan dan tamparan. Dan mereka sebelumnya sudah sepakat untuk melemparkan Yusuf ke dalam sumur yang biasa mereka datangi di padang. Mereka pun melaksanakan rencana mereka dan melempar saudara mereka sedangkan ia menangis dengan keras, mereka juga melepas pakaiannya dan meninggalkannya tak berdaya di dasar sumur. Pada kala itu Allah mewahyukan kepadanya—Allah mengkabarkannya dengan perantara yang Dia kehendaki—ia kan memberitahu mereka suatu saat nanti tentang perlakuan buruk mereka. inilah makna firman-Nya ta’ala, (وَأَوۡحَيۡنَآ إِلَيۡهِ لَتُنَبِّئَنَّهُم بِأَمۡرِهِمۡ هَٰذَا وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُونَ).

Pelajaran dari ayat :
1. Bisa saja dosa besar muncul dari seseorang mukmin yang di masa depan akan berubah menjadi baik.
2. Kasih sayang Allah terhadap Yusuf dan pemuliaannya dengan wahyu, bahwa ia suatu saat nanti akan mengabarkan perbuatan ini kepada mereka. Dan ini mengandung kabar gembira akan keselamatannya dan akhir yang bahagia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yusuf ayat 15: Setelah mereka mengemukakan alasan agar Yusuf dilepas bersama mereka, kemudian segala alasan yang menghalangi mereka jawab, maka Nabi Ya’qub ‘alaihis salam akhirnya melepas Beliau pergi bersama mereka.

Mereka pun melakukannya. Mereka lepaskan bajunya setelah Beliau dipukuli terlebih dahulu dan dihinakan bahkan sampai hendak dibunuh, lalu mereka turunkan ke dalam sumur (sumur ersebut bagian bawahnya agak luas sedangkan bagian atasnya sempit). Ketika sampai di pertengahan sumur, mereka jatuhkan agar Beliau mati, namun Beliau terjatuh ke dalam air (tidak terkena batu yang ada di bawah), lalu Yusuf mendatangi batu yang ada di sana. Kemudian mereka memanggil Yusuf dari atas, maka Yusuf menjawabnya karena ia mengira bahwa mereka berubah menjadi kasihan terhadapnya, ternyata mereka malah hendak menimpakan batu besar kepada Beliau, maka Yahudza melarang mereka.

Saat Beliau berada di dalam sumur untuk menenteramkan hatinya, sedang usia Beliau ketika itu 17 tahun atau kurang.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yusuf Ayat 15

Setelah diuraikan tentang bujukan mereka kepada sang ayah, lalu sang ayah dengan berat hati mengizinkan mereka membawa serta nabi yusuf, ayat berikut ini menjelaskan tentang aksi mereka memisahkan nabi yusuf dari ayahnya. Maka ketika mereka membawanya pergi ke tengah padang pasir, dan setan pun memengaruhi mereka, sehingga mereka sepakat memasukkan nabi yusuf ke dasar sumur. Kemudian kami wahyukan kepadanya ketika berada di sumur, engkau wahai nabi yusuf kelak setelah dewasa pasti akan menceritakan perbuatan jahat ini kepada mereka, sedang mereka tidak menyadari bahwa orang yang pernah mereka aniaya itu adalah engkau. Setelah mereka menceburkan nabi yusuf ke dalam sumur dan meninggalkannya sendirian, kemudian mereka datang kepada ayah mereka pada petang hari sambil menangis sebagai ekspresi bahwa mereka sedih. Dengan cara ini mereka menduga bahwa ayahnya percaya dengan berita yang akan mereka sampaikan, sehingga perbuatan jahat mereka tertutupi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian variasi penafsiran dari berbagai mufassirun terkait isi dan arti surat Yusuf ayat 15 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi ummat. Bantulah syi'ar kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Banyak Dibaca

Kaji banyak materi yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Asy-Syams, Al-Mujadalah 11, Ali Imran, Al-Ma’idah 2, Al-Baqarah 83, Al-Isra 23. Ada pula Az-Zalzalah, Yunus 40-41, At-Takatsur, An-Nur 2, Al-Baqarah 286, Al-Hujurat 12.

  1. Asy-Syams
  2. Al-Mujadalah 11
  3. Ali Imran
  4. Al-Ma’idah 2
  5. Al-Baqarah 83
  6. Al-Isra 23
  7. Az-Zalzalah
  8. Yunus 40-41
  9. At-Takatsur
  10. An-Nur 2
  11. Al-Baqarah 286
  12. Al-Hujurat 12

Pencarian: al-maidah ayat 3, surat 19 ayat 8, surat al lail beserta artinya, surah takasur, surat al kahfi latin di hari jumat

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: