Surat Yusuf Ayat 12

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَرْسِلْهُ مَعَنَا غَدًا يَرْتَعْ وَيَلْعَبْ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ

Arab-Latin: Arsil-hu ma'anā gaday yarta' wa yal'ab wa innā lahụ laḥāfiẓụn

Artinya: Biarkanlah dia pergi bersama kami besok pagi, agar dia (dapat) bersenang-senang dan (dapat) bermain-main, dan sesungguhnya kami pasti menjaganya".

« Yusuf 11Yusuf 13 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Menarik Terkait Dengan Surat Yusuf Ayat 12

Paragraf di atas merupakan Surat Yusuf Ayat 12 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam pelajaran menarik dari ayat ini. Ditemukan beragam penjelasan dari kalangan ahli tafsir terkait makna surat Yusuf ayat 12, sebagiannya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

biarkanlah dia pergi bersama kami besok, ketika kami pergi keluar menuju padang rumput, tempat kami menggembala, agar dia dapat berlari, beraktifitas, bergembira, dan dapat bermain berloma-lomba dan lainnya dari berbagai macam permainan yang boleh. Dan sesungguhnya kami benar-benar akan menjaganya dari segala yang engkau khawatirkan padanya.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

12. Biarkanlah Yusuf pergi bersama kami besok ke tempat menggembala kambing, agar dia dapat bermain dan makan menikmati buah-buahan, tertawa dan bergembira. Sungguh kami akan mengawasinya dan menjaga keselamatannya.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

12. Izinkanlah kami mengajaknya pergi esok hari untuk bersenang-senang dan bermain. Sesungguhnya kami benar-benar siap menjaganya dari segala hal yang bisa membahayakan keselamatannya."


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

12. يَرْتَعْ (agar dia (dapat) bersenang-senang)
Bersenang-senang.
Makna (اللعب) yakni melakukan permainan yang mubah untuk sekedar menghilangkan penat.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1 ). Apakah anda termasuk orang yang kerap keluar menghibur diri di tempat rekreasi ?
Perhatikan... diantara tabi'at manusia adalah senang beristirahat dan senang tatkala ia keluar dari rumahnya : { أَرْسِلْهُ مَعَنَا غَدًا يَرْتَعْ وَيَلْعَبْ } "Biarkanlah dia pergi bersama kami besok pagi, agar dia (dapat) bersenang-senang dan (dapat) bermain-main".

2 ). Dari ayat ini diterangkan bahwa ayah mereka tidak menolak anaknya dibawa pergi oleh saudara-saudaranya; menjadi petunjuk bahwa aktifitas keluar jauh dari rumah telah terjadi sejak dahulu, dan ayat ini juga menjadi hujjah bagi kaum yang senang dengan permainan, namun mereka melampaui batas sehingga perkataan-perkataan keji untuk menyesatkan umat manusia dari jalan Allah, tetapi diantara umat manusia ada yang sangat keras dalam permasalahan ini sampai ia berlebih-lebihan, mereka sampai mengaramkan sesuatu yang diperbolehkan; oleh karena itu dalam perkara ini tidak boleh mengharamkan permainan secara mutlaq ataupun menghalalkannya tanpa melihat batas.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

12. Utuslah dia bersama kami ketika kami ke luar di padang rumput, dia bisa makan buah-buahan dan tanam-tanaman, dia akan bermain panahan dan permainan yang diperbolehkan. Sesungguhnya kami akan menjaga agar tidak ditimpa keburukan dan akan menjauhkannya dari mara bahaya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Utuslah dia} utuslah dia {bersama kami besok pagi agar dia bersenang-senang} leluasa untuk makan dan minum {dan bermain-main. Sesungguhnya kami benar-benar akan menjaganya”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

12. maka tatkala mereka sudah mampu menepis tuduhan dari diri mereka yang bisa menghalangi kepergian yusuf bersama mereka, maka mereka menyampaikan kepada ya’qub bahwa diantara bentuk kemaslahatan dan hiburan bagi yusuf yang diinginkan ayahnya terhadap yusuf adalah mengharuskan beliau memberi izin kepergiannya bersama mereka. MEreka mengatakan ”biarkanlah dia pergi bersama kami besok pagi, agar dia (dapat) bersenang senang dan (dapat) bermain main” untuk bertamasya di tempat yang jauh lagi sunyi dan bergembira. ”dan sesungguhnya kami pasti menjaganya” yakni, kami akan memperhatikannya dan melindunginya dari gangguan apapun yang akan menimpanya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 11-12
Setelah mereka bersekongkol untuk mengambil nabi Yusuf dan membuangnya ke dalam sumur, lalu mereka datang kepada ayah mereka, yaitu nabi Ya'qub dan berkata (Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang mengingini kebaikan baginya) Ini merupakan pendahuluan dan pengakuan. Mereka bermaksud lain dari itu, sesuai yang ada pada hati mereka berupa kedengkian karena kecintaan ayah kepada nabi Yusuf (Biarkanlah dia pergi bersama kami) yaitu utuslah dia bersama kami (besok pagi agar kami (dapat) bersenang-senang dan (dapat) bermain-main) sebagian ulama’ membacanya dengan huruf ya’ (yarta’ wa yal’ab) “agar dia (dapat) bersenang-senang dan (dapat) bermain-main”.
Ibnu Abbas berkata yaitu berlari-lari dan berkaktifitas. Demikian juga dikatakan oleh Qatadah, Adh-Dhahhak, As-Suddi, dan lainnya (Dan sesungguhnya kami pasti menjaganya) Mereka berkata,"Kami akan menjaga dan mengawasi keselamatannya demi engkau"


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata : (يَرۡتَعۡ وَيَلۡعَبۡ) yarta’ wa yal’ab : makan, minum, dan berlomba.

Makna ayat :
(أَرۡسِلۡهُ مَعَنَا غَدٗا يَرۡتَعۡ وَيَلۡعَبۡ) Biarkanlah ia pergi bersama kami besok, bermain di hutan, menyantap buah, minum susu, makan daging, dan berlomba lari dan panahan juga gulat, (وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ) kami akan menjaganya dari segala macam gangguan.”

Pelajaran dari ayat :
• Kejujuran seorang mukmin mengharuskan pembenaran sumpahnya dan meyakini perkataannya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yusuf ayat 12: Ke gurun.

Kaa-kata ini dimaksudkan agar bapak mereka (Ya’qub) melepas Yusuf pergi bersama mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yusuf Ayat 12

Kemudian mereka meminta kembali kepada ayahnya: biarkanlah dia pergi bersama kami besok pagi saat kami pergi menggembala kambing, agar dia bisa bersenang-senang dengan memakan buah-buahan segar dan bermain-main bersama kami dalam perlombaan dan permainan yang diperbolehkan, dan kami pasti menjaganya dengan baik serta melindunginya dari marabahaya. Mendengar bujukan putra-putranya dia nabi yakub berkata, sesungguhnya kepergian kamu bersama dia putraku yusuf, dan berpisahnya dia denganku sangat menyedihkanku dan aku khawatir dia akan dimakan serigala ketika jauh darimu, sedang kamu lengah darinya karena sibuk bermain atau sibuk dengan urusan lain.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari banyak pakar tafsir berkaitan makna dan arti surat Yusuf ayat 12 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita semua. Support kemajuan kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Paling Sering Dikunjungi

Tersedia ratusan topik yang paling sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Mujadalah 11, Az-Zalzalah, Al-Isra 23, Al-Hujurat 12, Yunus 40-41, At-Takatsur. Juga An-Nur 2, Ali Imran, Al-Baqarah 286, Al-Baqarah 83, Al-Ma’idah 2, Asy-Syams.

  1. Al-Mujadalah 11
  2. Az-Zalzalah
  3. Al-Isra 23
  4. Al-Hujurat 12
  5. Yunus 40-41
  6. At-Takatsur
  7. An-Nur 2
  8. Ali Imran
  9. Al-Baqarah 286
  10. Al-Baqarah 83
  11. Al-Ma’idah 2
  12. Asy-Syams

Pencarian: surah pendek dan artinya, surat 26 ayat 6, surat yusuf ayat 1 sampai 16, surat al hadid ayat 4, surat al kaf

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: