Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 89

قَالَ قَدْ أُجِيبَتْ دَعْوَتُكُمَا فَاسْتَقِيمَا وَلَا تَتَّبِعَانِّ سَبِيلَ الَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Qāla qad ujībad da'watukumā fastaqīmā wa lā tattabi'ānni sabīlallażīna lā ya'lamụn

Terjemah Arti: AlIah berfirman: "Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua, sebab itu tetaplah kamu berdua pada jalan yang lurus dan janganlah sekali-kali kamu mengikuti jalan orang-orang yang tidak mengetahui".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Allah berfirman kepada mereka berdua, ”Sesungguhnya aku telah mengabulkan permohonan kalian berdua terkait nasib Fir’aun dan para perbesarnya serta harta kekayaan mereka.“ Waktu itu Musalah yang berdoa, sedang Harun mengamini doanya. Dari sini, permohonan doa di nisbatkan kepada mereka berdua. ”Maka tetap teguhlah kalian di atas agama kalian, dan bertahanlah kalian dalam mendakwahi Fir’aun dan kaumnya untuk mentauhidkan Allah dan taat kepadaNya, dan janganlah kalian berdua menempuh jalan orang-orang yang tidak mengetahui hakikat janji dan ancamanKu.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

89. Allah berfirman, "Aku telah mengabulkan doa kalian berdua -wahai Musa dan Harun- untuk keburukan Fir'aun dan para pemuka kaumnya. Maka kuatkanlah hati kalian berdua untuk mempertahankan agama kalian. Dan janganlah kalian berdua berpaling darinya, dan mengikuti jejak orang-orang bodoh yang tidak mengetahui jalan yang benar."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

89. قَالَ قَدْ أُجِيبَت دَّعْوَتُكُمَا فَاسْتَقِيمَا (AlIah berfirman: “Sesungguhnya telah diperkenankan permohonan kamu berdua, sebab itu tetaplah kamu berdua pada jalan yang lurus)
Makna (الاستقامة) yakni memegang teguh agama mereka berdua, dan tidak menyalahi hukum-hukum agama dan seruan kepada Allah.

وَلَا تَتَّبِعَآنِّ سَبِيلَ الَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ(dan janganlah sekali-kali kamu mengikuti jalan orang-orang yang tidak mengetahui)
Yakni dan janganlah kalian berpaling dari syariat-Nya dengan mengikuti orang yang tidak memiliki pemahaman tentang agama.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

89 AlIah berfirman kepada Musa dan Harun: “Sesungguhnya permohonan kalian berdua telah Aku kabulkan, oleh sebab itu tetaplah kalian berdua untuk berdakwah dan menunaikannya serta berpegang teguh pada agama dan hukum-hukumnya sampai waktu datangnya azab (bagi orang kafir) dan janganlah sekali-kali kalian berdua mengikuti jalan orang-orang yang bodoh untuk meminta dipercepat azabnya dan tidak percaya terhadap janji Allah SWT”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Disebutkan “kamu berdua” sedangkan yang berdoa adalah Nabi Musa ‘alaihis salam adalah karena Nabi Harun mengaminkan. Hal ini menunjukkan, bahwa orang yang mengaminkan ikut serta dalam doa orang yang berdoa.

Di atas agama dan dakwah sampai azab datang kepada mereka.

Yakni jalan orang-orang yang jahil lagi sesat, yang menyimpang dari jalan yang lurus lagi menempuh jalan yang mengarah ke neraka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Menjawab doa nabi musa sebagaimana tersebut pada ayat di atas, dia yakni Allah berfirman, sungguh, telah diperkenankan permohonan kamu berdua, sebab itu tetaplah kamu berdua pada jalan yang lurus yang ditunjukkan Allah kepada kamu berdua dan jangan sekali-kali kamu mengikuti jalan orang yang tidak mengetahui jalan yang lurus, sehingga mereka tersesat. Ayat ini menjelaskan azab yang akan menimpa firaun dan pengikutnya. Dan kami selamatkan bani israil melintasi laut, yakni laut merah, kemudian fir'aun dan bala tentaranya mengikuti mereka, untuk menzalimi dan menindas mereka. Sehingga ketika fir'aun hampir mati tenggelam, karena air hampir menenggelamkannya, dia berkata, aku percaya bahwa tidak ada tuhan melainkan tuhan yang dipercayai oleh bani israil, dan aku termasuk orang-orang muslim, berserah diri, tunduk dan patuh.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 90 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 91 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 92, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 93, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 94, Makna Surat Yunus Ayat 95

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!