Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat At-Taubah Ayat 123

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قَاتِلُوا الَّذِينَ يَلُونَكُمْ مِنَ الْكُفَّارِ وَلْيَجِدُوا فِيكُمْ غِلْظَةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ qātilullażīna yalụnakum minal-kuffāri walyajidụ fīkum gilẓah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

Terjemah Arti: Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya, serta melaksanakan syariatNya, mulailah memerangi golongan orang-orang kafir yang terdekat dengan negeri islam dan begitu selanjutnya, dan biarlah mereka mendapati pada diri kalian sikap tegas dan ketegasan. Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa dengan dukungan dan pertolonganNya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

123. Allah -Ta'ālā- memerintahkan kepada orang-orang mukmin agar memerangi orang-orang kafir yang ada di dekat mereka, karena keberadaan orang-orang kafir di dekat mereka itu merupakan ancaman bagi mereka. Allah juga memerintahkan kepada orang-orang mukmin agar memperlihatkan kekuatan dan ketangguhan mereka untuk menakut-nakuti orang-orang kafir dan melawan kejahatan mereka. Dan Allah -Ta'ālā- bersama dengan orang-orang mukmin yang bertakwa dengan pertolongan dan dukungan-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

123. قٰتِلُوا۟ الَّذِينَ يَلُونَكُم مِّنَ الْكُفَّارِ(perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu)
Allah memerintahkan orang-orang beriman untuk bersungguh-sungguh dalam mererangi orang-orang kafir disekitar mereka.

وَلْيَجِدُوا۟ فِيكُمْ غِلْظَةً ۚ( dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu)
Allah memerintahkan mereka untuk memerangi orang-orang kafir yang berada di sekitar mereka dengan keras dan kuat.
Berjihad diwajibkan dengan melawan seluruh orang-orang kafir, namun harus dimulai dengan orang-orang kafir yang tinggal paling dekat dengan para mujahidin.

وَاعْلَمُوٓا۟ أَنَّ اللهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ(dan ketahuilah, bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertakwa)
Yakni Allah menolong orang yang bertakwa kepada-Nya dan berjihad di jalan-Nya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

Dunia dan syaithon adalah dua musuh di luar dari dirimu.. sedangkan nafsu adalah musuhmu yang melekat dalam dirimu sendiri, dan diantara sunnah jihad adalah : { قَاتِلُوا الَّذِينَ يَلُونَكُمْ } "perangilah orang-orang yang di sekitar kamu itu" yakni perangilah nafsu yang melekat pada dirimu.

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim

123. Wahai orang-orang mukmin, jika telah terpenuhi syarat dan ketentuan perang, maka mulailah memerangi orang-orang kafir terdekat dengan rumah-rumah Islam, dan dalam peperangan hendaklah mereka mendapatkan penderitaan dan kekerasan, serta keberanian dan kesabaran. Ketahuilah bahwa Allah itu bersama orang-orang yang bertakwa dengan memberi pertolongan, perlindungan dan bantuan.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ini pun termasuk pengarahan juga, yakni setelah diatur sapa yang berangkat berperang dan siapa yang belajar agama, maka Allah mengarahkan mereka dengan memulai yang bisa dilakukan, yaitu bersikap tegas, keras dalam berperang, berani dan teguh pendirian.

Keumuman ini ditakhshis (dikhususkan), jika maslahat terletak dalam memerangi yang tidak di sekitar kita.

Dengan memberikan pertolongan dan pembelaan. Oleh karena itu, hedaknya kamu mengetahui, bahwa pertolongan Allah turun bersama ketakwaan, oleh karenanya tetaplah bertakwa.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah dijelaskan pentingnya memperdalam pengetahuan agama dan menyebarluaskannya kepada masyarakat luas, lalu dijelaskan sikap ketika menghadapi orang kafir yang memusuhi orang mukmin. Wahai orang-orang yang beriman! perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu apabila mereka memerangi kamu, dan hendaklah mereka merasakan, mengetahui dan menyaksikan sikap tegas dan semangat juang yang tinggi darimu, dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa. Oleh karena itu jangan pernah putus asa apalagi menyerah. Setelah dijelaskan kebolehan orang mukmin memerangi orang yang melakukan penyerangan, lalu dijelaskan perbedaan antara orang munafik dengan orang yang beriman apabila mendengar bacaan alqur'an. Dan apabila diturunkan suatu surah dari Al-Qur'an yang berisi ajakan beriman, maka di antara mereka, yakni orang-orang munafik ada yang berkata sebagai nada ejekan, siapakah di antara kamu, sesama munafik, yang bertambah imannya dengan turunnya surah ini' adapun orang-orang yang beriman, maka surah yang diturunkan ini menambah imannya yang selama ini sudah tertanam di dada mereka, dan mereka merasa gembira dengan bertambahnya pengetahuan mereka lantaran ayat-ayat tersebut.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat At-Taubah Ayat 124 Arab-Latin, Surat At-Taubah Ayat 125 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat At-Taubah Ayat 126, Terjemahan Tafsir Surat At-Taubah Ayat 127, Isi Kandungan Surat At-Taubah Ayat 128, Makna Surat At-Taubah Ayat 129

Category: Surat At-Taubah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!