Surat At-Taubah Ayat 123

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قَٰتِلُوا۟ ٱلَّذِينَ يَلُونَكُم مِّنَ ٱلْكُفَّارِ وَلْيَجِدُوا۟ فِيكُمْ غِلْظَةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ qātilullażīna yalụnakum minal-kuffāri walyajidụ fīkum gilẓah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.

« At-Taubah 122At-Taubah 124 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Mengenai Surat At-Taubah Ayat 123

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 123 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai hikmah berharga dari ayat ini. Ditemukan berbagai penjabaran dari kalangan ahli tafsir terkait kandungan surat At-Taubah ayat 123, misalnya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya, serta melaksanakan syariatNya, mulailah memerangi golongan orang-orang kafir yang terdekat dengan negeri islam dan begitu selanjutnya, dan biarlah mereka mendapati pada diri kalian sikap tegas dan ketegasan. Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa dengan dukungan dan pertolonganNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

123. Allah memerintahkan orang-orang beriman untuk memerangi orang-orang kafir yang menjadi musuh mereka, dan menjelaskan agar memulai perang itu terhadap orang-orang kafir yang lebih dekat dengan negeri Islam terlebih dahulu, serta memerintahkan mereka untuk memperlakukan orang-orang kafir dengan penuh ketegasan dan keberanian, agar mereka berhenti dari kekafiran dan menganggu orang-orang beriman. Kemudian Allah menyebutkan pertolongan dan bantuan yang akan Dia berikan kepada orang-orang yang bertakwa.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

123. Allah -Ta'ālā- memerintahkan kepada orang-orang mukmin agar memerangi orang-orang kafir yang ada di dekat mereka, karena keberadaan orang-orang kafir di dekat mereka itu merupakan ancaman bagi mereka. Allah juga memerintahkan kepada orang-orang mukmin agar memperlihatkan kekuatan dan ketangguhan mereka untuk menakut-nakuti orang-orang kafir dan melawan kejahatan mereka. Dan Allah -Ta'ālā- bersama dengan orang-orang mukmin yang bertakwa dengan pertolongan dan dukungan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

123. قٰتِلُوا۟ الَّذِينَ يَلُونَكُم مِّنَ الْكُفَّارِ(perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu)
Allah memerintahkan orang-orang beriman untuk bersungguh-sungguh dalam mererangi orang-orang kafir disekitar mereka.

وَلْيَجِدُوا۟ فِيكُمْ غِلْظَةً ۚ( dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu)
Allah memerintahkan mereka untuk memerangi orang-orang kafir yang berada di sekitar mereka dengan keras dan kuat.
Berjihad diwajibkan dengan melawan seluruh orang-orang kafir, namun harus dimulai dengan orang-orang kafir yang tinggal paling dekat dengan para mujahidin.

وَاعْلَمُوٓا۟ أَنَّ اللهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ(dan ketahuilah, bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertakwa)
Yakni Allah menolong orang yang bertakwa kepada-Nya dan berjihad di jalan-Nya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Dunia dan syaithon adalah dua musuh di luar dari dirimu.. sedangkan nafsu adalah musuhmu yang melekat dalam dirimu sendiri, dan diantara sunnah jihad adalah : { قَاتِلُوا الَّذِينَ يَلُونَكُمْ } "perangilah orang-orang yang di sekitar kamu itu" yakni perangilah nafsu yang melekat pada dirimu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

123. Wahai orang-orang mukmin, jika telah terpenuhi syarat dan ketentuan perang, maka mulailah memerangi orang-orang kafir terdekat dengan rumah-rumah Islam, dan dalam peperangan hendaklah mereka mendapatkan penderitaan dan kekerasan, serta keberanian dan kesabaran. Ketahuilah bahwa Allah itu bersama orang-orang yang bertakwa dengan memberi pertolongan, perlindungan dan bantuan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Wahai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir di sekitar kalian} yang ada di sebelah kalian {dan hendaklah mereka merasakan dari kalin suatu sikap tegas} keras dan kuat {Ketahuilah sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

123. Ini adalah petunjuk lain: setelah Allah membimbing mereka untuk mengatur orang-orang yang terjun berperang, Dia kemudian membimbing mereka agar mulai memerangi orang-orang kafir yang paling dekat, lalu yang terdekat berikutnya, bersikap keras kepada mereka, tegas, berani, dan kokoh dalam memerangi mereka. “Dan ketahuilah, bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” Yakni hendaknya kamu mengetahui bahwa pertolongan Allah datang sesuai dengan ketakwaaan, maka pegang teguhlah takwa secara terus menerus, niscaya Dia menolongmu dan membantumu melawan musuhmu. Keumuman pada Firman Allah, “Perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu,” dikhususkan dari ayat ini dengan suatu keadaan ketika kemaslahatan ada pada memerangi orang-orang kafir yang jauh, dan jenis-jenis kemaslahatan (itu sendiri) sangatlah banyak.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang mukmin untuk memerangi orang-orang kafir satu per satu, dari yang paling dekat lalu selanjutnya sampai lewati negeri Islam. Oleh karena itu Rasulullah SAW mulai memerangi orang-orang musyrik di Jazirah Arab. Setelah selesai dari mereka, Allah memberikan kemenangan kepada beliau atas Makkah, Madinah, Thaif, Yaman. Yamamah, Hajar, Khaibar, Hadramaut dan lainnya dari daerah-daerah Jazirah Arab. Orang-orang dari seluruh kabilah Arab masuk agama Allah (Islam) secara berbondong-bondong. Kemudian beliau mulai memerangi ahli kitab, dan membuat persiapan memerangi Romawi
Firman Allah SWT: (dan hendaklah mereka menemui kekerasan dari kalian) yaitu hendaklah orang-orang kafir itu mendapati sikap keras dari kalian peperangan kalian melawan mereka. Sesungguhnya orang mukmin yang sempurna adalah orang yang lemah lembut terhadap saudaranya yang mukmin dan keras terhadap musuhnya yang kafir sebagaimana firman Allah SWT: (Maka Kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir) (Surah Al-Maidah: 54) dan (Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi kasih sayang sesama mereka) (Surah Al-Fath: 29) serta (Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka) (Surah At-Taubah: 73)
Firman Allah: (dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa) yaitu perangilah orang-orang kafir dan berserah dirilah kepada Allah serta ketahuilah bahwa Allah selalu beserta kalian jika kalian bertakwa dan menaatiNya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 123: Ini pun termasuk pengarahan juga, yakni setelah diatur sapa yang berangkat berperang dan siapa yang belajar agama, maka Allah mengarahkan mereka dengan memulai yang bisa dilakukan, yaitu bersikap tegas, keras dalam berperang, berani dan teguh pendirian.

Keumuman ini ditakhshis (dikhususkan), jika maslahat terletak dalam memerangi yang tidak di sekitar kita.

Dengan memberikan pertolongan dan pembelaan. Oleh karena itu, hedaknya kamu mengetahui, bahwa pertolongan Allah turun bersama ketakwaan, oleh karenanya tetaplah bertakwa.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 123

Setelah dijelaskan pentingnya memperdalam pengetahuan agama dan menyebarluaskannya kepada masyarakat luas, lalu dijelaskan sikap ketika menghadapi orang kafir yang memusuhi orang mukmin. Wahai orang-orang yang beriman! perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu apabila mereka memerangi kamu, dan hendaklah mereka merasakan, mengetahui dan menyaksikan sikap tegas dan semangat juang yang tinggi darimu, dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa. Oleh karena itu jangan pernah putus asa apalagi menyerah. Setelah dijelaskan kebolehan orang mukmin memerangi orang yang melakukan penyerangan, lalu dijelaskan perbedaan antara orang munafik dengan orang yang beriman apabila mendengar bacaan alqur'an. Dan apabila diturunkan suatu surah dari Al-Qur'an yang berisi ajakan beriman, maka di antara mereka, yakni orang-orang munafik ada yang berkata sebagai nada ejekan, siapakah di antara kamu, sesama munafik, yang bertambah imannya dengan turunnya surah ini' adapun orang-orang yang beriman, maka surah yang diturunkan ini menambah imannya yang selama ini sudah tertanam di dada mereka, dan mereka merasa gembira dengan bertambahnya pengetahuan mereka lantaran ayat-ayat tersebut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah berbagai penjabaran dari beragam pakar tafsir terkait isi dan arti surat At-Taubah ayat 123 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita. Sokong syi'ar kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Sering Dikaji

Baca ratusan halaman yang paling sering dikaji, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 83, Al-Mujadalah 11, Al-Hujurat 12, Al-Ma’idah 2, Al-Isra 23, Az-Zalzalah. Termasuk Ali Imran, An-Nur 2, Al-Baqarah 286, Asy-Syams, Yunus 40-41, At-Takatsur.

  1. Al-Baqarah 83
  2. Al-Mujadalah 11
  3. Al-Hujurat 12
  4. Al-Ma’idah 2
  5. Al-Isra 23
  6. Az-Zalzalah
  7. Ali Imran
  8. An-Nur 2
  9. Al-Baqarah 286
  10. Asy-Syams
  11. Yunus 40-41
  12. At-Takatsur

Pencarian: surah al kursi, surat al baqarah ayat 6, surah fatir ayat 37, wasamsi, surah al baqarah ayat 30 bahasa latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: