Surat At-Taubah Ayat 68

وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلْمُنَٰفِقِينَ وَٱلْمُنَٰفِقَٰتِ وَٱلْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَا ۚ هِىَ حَسْبُهُمْ ۚ وَلَعَنَهُمُ ٱللَّهُ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُّقِيمٌ

Arab-Latin: Wa'adallāhul-munāfiqīna wal-munāfiqāti wal-kuffāra nāra jahannama khālidīna fīhā, hiya ḥasbuhum, wa la'anahumullāh, wa lahum 'ażābum muqīm

Artinya: Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

« At-Taubah 67At-Taubah 69 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Mengenai Surat At-Taubah Ayat 68

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 68 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah menarik dari ayat ini. Tersedia beraneka penafsiran dari para mufassirin terhadap makna surat At-Taubah ayat 68, misalnya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan orang-orang munafik perempuan serta orang-orang kafir bahwa tempat kembali mereka adalah neraka jahanam, mereka kekal abadi di dalamnya selamanya. Itu sudah cukup bagi mereka sebagai siksaan atas kekafiran mereka kepada Allah. Dan Allah mengusir mereka dari rahmatNYa, dan bagi mereka siksaan yang abadi.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

68. Allah menjanjikan neraka jahanam bagi orang-orang munafik dan orang-orang kafir yang tidak bertaubat, mereka akan kekal di dalamnya. Neraka itu cukup bagi mereka sebagai siksaan. Dan Allah akan menjauhkan mereka dari rahmat-Nya, dan bagi mereka azab yang terus menerus.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

68. Allah mengancam orang-orang munafik dan orang-orang kafir yang tidak mau bertobat bahwa Dia akan memasukkan mereka ke dalam Neraka Jahanam untuk selama-lamanya sebagai hukuman yang cukup berat bagi mereka, serta menjauhkan mereka dari rahmat-Nya dan menyediakan azab yang tiada henti bagi mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

68. هِىَ حَسْبُهُمْ (Cukuplah neraka itu bagi mereka)
Yakni cukup bagi mereka tanpa perlu menambah azab mereka.

وَلَعَنَهُمُ اللهُ ۖ (dan Allah melaknati mereka)
Yakni menjauhkan mereka dari rahmat-Nya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

68. Allah menyiapkan neraka Jahanam untuk orang-orang munafik dan kafir. Mereka abadi di dalamnya. Cukuplah neraka itu sebagai hukuman dan balasan mereka. Allah menolak mereka dari rahmatNya. Dan bagi mereka itu azab yang abadi dan terus-menerus.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Allah telah menjanjikan orang-orang munafik laki-laki dan perempuan serta orang-orang kafir dengan neraka Jahanam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka} cukuplah balasan itu atas kekufuran mereka {Allah melaknat mereka} menjauhkan mereka dari rahmatNya {Bagi mereka azab yang kekal} kekal


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

68. “Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan Nereka Jahanam. Mereka kekal di dalamNya, cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.” Allah menggabungkan orang-orang munafik dan orang-orang kafir di Neraka Jahanam, laknat dan kekekalan di dalamnya, karena di dunia mereka sama-sama kafir, memusuhi Allah dan rasulnya serta mengingkari ayat-ayatNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 67-68
Allah SWT berfirman mengingkari orang-orang munafik yang berbeda dengan sifat orang-orang mukmin. DImana orang-orang mukmin memerintahkan kebaikan dan melarang perbuatan mungkar, sedangkan mereka (mereka menyuruh membuat yang mungkar dan melarang berbuat yang makruf, dan mereka menggenggamkan tangannya) yaitu dari berinfak di jalan Allah (Mereka telah lupa kepada Allah) yaitu lupamengingat Allah (maka Allah melupakan mereka) Allah menghadapi mereka dengan perlakuan orang yang melupakan mereka. sebagaimana firmanNya: (Pada hari ini Kami melupakan kalian sebagaimana kalian telah melupakan pertemuan (dengan) hari kalian sekarang ini) (Surah Al-Jatsiyah: 34) (Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik) yaitu orang yang menyimpang dari jalan kebenaran dan masuk ke dalam jalan kesesatan (Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam) yaitu terhadap perbuatan ini yang telah disebutkan tentang mereka (mereka kekal di dalamnya) yaitu tinggal di dalamnya dengan kekal bersama orang-orang kafir (Cukuplah neraka itu bagi mereka) cukup bagi mereka dalam aab itu (dan Allah melaknati mereka) yaitu mengusir dan menjauhkan mereka (dan bagi mereka azab yang kekal)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 68: Sebagai balasan untuk mereka.

Yakni menjauhkan mereka dari rahmat-Nya.

Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengumpulkan kaum munafik dan orang-orang kafir di dalam neraka karena mereka berkumpul di atas kekafiran ketika di dunia, menentang Allah dan Rasul-Nya serta kafir kepada ayat-ayat-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 68

Atas perilaku mereka itulah Allah menjanjikan hukuman bagi orangorang munafik laki-laki dan perempuan dan juga orang-orang kafir dengan neraka jahanam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka. Di sanalah Allah melaknat mereka, dan mereka mendapat azab yang kekal sebagai balasannya yang setimpal. Keadaan orang-orang munafik yang terpedaya oleh kenikmatan duniawi sehingga berani menentang kebenaran adalah seperti orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka memiliki fisik lebih kuat daripada kamu, dan lebih banyak harta dan anak-anaknya. Maka dengan kenikmatan duniawi itu mereka telah menikmati bagiannya, dan kamu juga telah menikmati bagianmu sebagaimana orang-orang yang sebelummu menikmati bagiannya sehingga melalaikanmu dari ayat-ayat Allah dan petunjuk rasul-Nya, dan kamu mempercakapkan hal-hal yang batil sebagaimana mereka juga mempercakapkannya. Padahal, dengan itu semua, mereka dan juga kamu itu benar-benar telah sia-sia amalnya di dunia karena tidak dilandasi dengan keikhlasan dan sia-sia di akhirat karena tidak dilandasi iman yang benar. Mereka itulah orang-orang yang rugi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Itulah pelbagai penjabaran dari para ahli tafsir terkait kandungan dan arti surat At-Taubah ayat 68 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Bantulah syi'ar kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dibaca

Tersedia berbagai materi yang sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 2, An-Nur 2, Al-Hujurat 12, Al-Mujadalah 11, Az-Zalzalah, Ali Imran. Ada pula Al-Isra 23, At-Takatsur, Asy-Syams, Al-Baqarah 83, Yunus 40-41, Al-Baqarah 286.

  1. Al-Ma’idah 2
  2. An-Nur 2
  3. Al-Hujurat 12
  4. Al-Mujadalah 11
  5. Az-Zalzalah
  6. Ali Imran
  7. Al-Isra 23
  8. At-Takatsur
  9. Asy-Syams
  10. Al-Baqarah 83
  11. Yunus 40-41
  12. Al-Baqarah 286

Pencarian: qs annaziat, annisa ayat, al balad ayat 4, surah arrahman ayat 33, qashash ayat 77

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: