Surat At-Taubah Ayat 48

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

لَقَدِ ٱبْتَغَوُا۟ ٱلْفِتْنَةَ مِن قَبْلُ وَقَلَّبُوا۟ لَكَ ٱلْأُمُورَ حَتَّىٰ جَآءَ ٱلْحَقُّ وَظَهَرَ أَمْرُ ٱللَّهِ وَهُمْ كَٰرِهُونَ

Arab-Latin: Laqadibtagawul-fitnata ming qablu wa qallabụ lakal-umụra ḥattā jā`al-ḥaqqu wa ẓahara amrullāhi wa hum kārihụn

Artinya: Sesungguhnya dari dahulupun mereka telah mencari-cari kekacauan dan mereka mengatur pelbagai macam tipu daya untuk (merusakkan)mu, hingga datanglah kebenaran (pertolongan Allah) dan menanglah agama Allah, padahal mereka tidak menyukainya.

« At-Taubah 47At-Taubah 49 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Mendalam Berkaitan Dengan Surat At-Taubah Ayat 48

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 48 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan hikmah mendalam dari ayat ini. Didapati sekumpulan penjabaran dari banyak ahli ilmu mengenai isi surat At-Taubah ayat 48, antara lain sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya orang-orang munafik berusaha mencari cara untuk menyimpangkan kaum mukminin dari agama mereka dan menghalangi mereka dari jalan Allah sebelum perang tabuk dan terbongkarnya jati diri mereka. Dan mereka melancarkan berbagai usaha terhadapmu (wahai nabi), untuk menghapuskan risalah yang kamu bawa, sebagaimana yang telah mereka perbuat pada perang uhud dan perang khandaq, dan mereka telah mengatur rencana jahat kepadamu hingga akhirnya datanglah pertolongan dari sisi Allah, dan Dia menguatkan tentaraNya dan memenangkan agamaNYa, sedang mereka amat membenci kejadian tersebut.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

48. Kemudian Allah menyebutkan bentuk lain dari tipu daya orang-orang munafik dan kerusakan hati mereka, dengan berfirman: "Sungguh orang-orang munafik itu telah berusaha untuk membuat kerusakan dengan memecah belah persatuan dan kesatuan orang-orang beriman sebelum terjadinya perang Tabuk.

Hai Rasulullah, mereka telah melakukan berbagai tipu daya terhadapmu agar tipu daya itu dapat melemahkan sikapmu dalam berjihad; hingga datanglah pertolongan Allah bagimu, sehingga Allah memenangkan agama-Nya dan menaklukkan musuh-musuh-Nya, sedangkan orang-orang munafik itu tidak menyukai kemenangan tersebut karena mereka mengharapkan kemenangan kebatilan atas kebenaran."


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

48. Sungguh orang-orang munafik itu telah berusaha keras untuk membuat kerusakan dengan memecah belah persatuan dan kesatuan orang-orang mukmin sebelum perang Tabuk. Mereka melancarkan berbagai macam tipu daya kepadamu -wahai Rasul- untuk menggoyahkan semangat jihadmu sampai pertolongan dan dukungan Allah datang kepadamu, dan Allah memenangkan agama-Nya serta mengalahkan musuh-musuh-Nya, sedangkan orang-orang kafir tidak menyukai hal itu. Karena orang-orang kafir itu menginginkan agar kebatilan dapat mengalahkan kebenaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

48. لَقَدِ ابْتَغَوُا۟ الْفِتْنَةَ مِن قَبْلُ (esungguhnya dari dahulupun mereka telah mencari-cari kekacauan)
Mereka telah berharap untuk dapat berbuat kerusakan, kekacauan, dan perselisihan diantara orang-orang beriman, serta mencerai-beraikan persatuan mereka sebelum peperangan ini.

وَقَلَّبُوا۟ لَكَ الْأُمُورَ(dan mereka mengatur pelbagai macam tipu daya untuk (merusakkan)mu)
Yakni membuat berbagai tipu daya dengan harapan salah satunya dapat mengenaimu sehingga keteguhanmu untuk berjihad menjadi kendor.

حَتَّىٰ جَآءَ الْحَقُّ(hingga datanglah kebenaran (pertolongan Allah))
Yakni pertolongan dan penguatan bagimu.

وَظَهَرَ أَمْرُ اللهِ (dan menanglah agama Allah)
Yakni dengan memuliakan agama-Nya, meninggikan syariat-Nya, dan mengalahkan musuh-musuh-Nya.

وَهُمْ كٰرِهُونَ (padahal mereka tidak menyukainya)
Yakni kekalahan mereka merupakan suatu keterpaksaan bagi mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

48. Sungguh orang-orang munafik itu memberi ketakutan tentang musuh, mencari kerusakan, memberi pertentangan-pertangan di antara orang-orang mukmin sebelum perang Tabuk, memikirkan rencana konspirasi dan muslihat kepadamu wahai Nabi, dan membolak-balik pandangan mereka supaya mereka bisa memilih sesuatu yang bisa membahayakan kalian, serta mencari pandangan untuk membatalkan dakwah dan agamamu sehingga datang kepadamu pertolongan dan dukungan Tuhan, lalu meninggikan agama dan syariat Allah meskipun mereka ingin merendahkannya. Dan mereka membenci kemenangan agama ini


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh mereka benar-benar menginginkan kekacauan} menginginkan kekacauan, menimbulkan perbedaan dan memecah belah pendapat {sebelumnya} sebelum perang Tabuk {mereka membolak-balik berbagai urusan} mereka menyusun tipu daya dan muslihat {untukmu, sehingga datanglah kebenaran} pertolongan {dan menanglah urusan Allah} agama Allah {dan mereka adalah orang-orang yang tidak menyukainya (48)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

48. kemudian Allah menyebutkan bahwa mereka bahwa mereka telah menanam keburukan sebelumnya, Dia berfirman, “Sesungguhnya dari dahulu pun mereka telah mencari-cari kekacauan.” Yakni ketika kamu hijrah ke Madinah, mereka berusaha sekuat tenaga, “dan mereka mengatur berbagai macam tipu daya untuk merusakkanmu.” Yakni mereka memutar otak dan membuat tipu daya untuk membatalkan dakwahmu dan menghinakan agamamu, dan mereka tidak lalai dalam melakukan hal itu. “hingga datanglah pertolongan Allah, dan menanglah agama Allah, padahal mereka tidak menyukainya.” Maka batallah tipu daya mereka dan terkikislah kebatilan mereka, maka orang yang seperti mereka memang pantas di waspadai oleh hamba-hamba Allah yang beriman dan agar orang-orang yang beriman tidak peduli dengan ketidakberangkatan mereka untuk berjihad.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT berfirman seraya mengingatkan NabiNya terhadap orang-orang munafik (Sesungguhnya dari dahulu pun mereka telah mencari-cari kekacauan dan mereka mengatur berbagai macam tipu daya untuk (merusakkan)mu) yaitu sungguh mereka telah menggunakan pikiran dan pendapat mereka untuk membuat tipu daya terhadapmu dan para sahabatmu, menghinakan agamamu dan memadamkannya dalam waktu yang lama. Hal ini terjadi di permulaan Nabi SAW tiba di Madinah. Orang Arab melancarkan permusuhan kepada beliau dalam satu kesatuan, begitu juga orang-orang Yahudi dan orang-orang munafik Madinah. Setelah Allah memberi beliau kemenangan dalam perang Badar dan meninggikan kalimahNya, maka Abdullah bin Ubay dan teman-temannya berkata bahwa agama ini merupakan perkara yang terarah. Maka mereka masuk Islam secara lahir, kemudian setiap kali Allah memenangkan Islam dan para pemeluknya, hal itu membuat mereka marah dan tidak suka. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (hingga datanglah kebenaran (pertolongan Allah), dan menanglah agama Allah padahal mereka tidak menyukainya)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 48: Tipu daya mereka pun kalah dan sia-sia.

Mereka pun masuk ke dalam agama Islam di luarnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 48

Bukan hanya saat itu, sungguh, sebelum itu mereka, kaum munafik, memang sudah berusaha membuat kekacauan, melemahkan mental kaum muslim dan bahkan mengatur berbagai macam tipu daya bagimu dengan memutarbalikkan persoalan dan memutar otak untuk memadamkan api islam, hingga datanglah kebenaran, pertolongan Allah, dan menanglah urusan, yakni agama, Allah, padahal dengan kenyataan itu mereka tidak menyukainya. Ayat ini membeberkan sifat orang munafik yang lain, yakni berpura-pura. Dan di antara mereka ada orang yang berkata, berilah aku izin untuk tidak pergi berperang karena ada uzur pada diriku, dan janganlah engkau, wahai Muhammad, menjadikan aku terjerumus ke dalam kesulitan terutama terhadap anak istriku jika tetap pergi ke medan perang. Lalu Allah menegaskan kalau mereka sebenarnya berpura-pura. Ketahuilah, wahai nabi Muhammad, bahwa sungguh dengan sikap kepurapuraannya itu, sesungguhnya mereka telah terjerumus ke dalam kemunafikan dan kekufuran. Dan sungguh tempat mereka kelak di jahanam, dan jahanam akan selalu meliputi orang-orang yang kafir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjelasan dari banyak ulama tafsir berkaitan makna dan arti surat At-Taubah ayat 48 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita semua. Bantu perjuangan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Sering Dilihat

Kami memiliki berbagai topik yang paling sering dilihat, seperti surat/ayat: Yunus 40-41, An-Nur 2, Al-Hujurat 12, Asy-Syams, Ali Imran, Al-Mujadalah 11. Ada pula At-Takatsur, Al-Ma’idah 2, Az-Zalzalah, Al-Baqarah 83, Al-Baqarah 286, Al-Isra 23.

  1. Yunus 40-41
  2. An-Nur 2
  3. Al-Hujurat 12
  4. Asy-Syams
  5. Ali Imran
  6. Al-Mujadalah 11
  7. At-Takatsur
  8. Al-Ma’idah 2
  9. Az-Zalzalah
  10. Al-Baqarah 83
  11. Al-Baqarah 286
  12. Al-Isra 23

Pencarian: baqarah 285-286, surat an nisa ayat 146 beserta artinya, surat ke 7 dalam al quran, ayat 82 surat yasin, surah al baqoroh

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: