Surat Al-A’raf Ayat 183

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأُمْلِى لَهُمْ ۚ إِنَّ كَيْدِى مَتِينٌ

Arab-Latin: Wa umlī lahum, inna kaidī matīn

Artinya: Dan Aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh.

« Al-A'raf 182Al-A'raf 184 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-A’raf Ayat 183

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 183 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir mendalam dari ayat ini. Didapati sekumpulan penjabaran dari kalangan ahli ilmu terhadap makna surat Al-A’raf ayat 183, misalnya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan aku menangguhkan bagi orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami sampai mereka menyangka bahwa sesungguhnya mereka tidak akan tertimpa siksaan, sehingga mereka bertambah kafir dan melampaui batas. Dengan demikian, siksaan mereka akan berlipat ganda. sesungguhnya rencaana hukuman balasanKu adalah mantap, yakni kuat lagi dahsyat, tidak dapat ditolak dengan kekuatan maupun strategi apa pun.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

183. Allah akan memanjangkan umur orang-orang yang mendustakan yang diberi istidraj itu, dan melapangkan sebab-sebab kehidupan mewah bagi mereka, hingga mereka merasa tidak akan disiksa, sehingga mereka semakin kafir dan membangkang, serta menambah keburukan; dengan begitu siksaan bagi mereka akan semakin berat dan berlipatganda, sehingga mereka telah membahayakan diri mereka tanpa mereka sadari. Sungguh tipu daya Allah sangat kuat, tidak ada yang mampu melawannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

183. Kami menunda hukuman mereka sampai mereka mengira bahwa mereka tidak dihukum, sehingga mereka terus melanjutkan penolakan dan kekafiran mereka hingga azab mereka dilipatgandakan. Sesungguhnya tipu daya-Ku sangat kuat. Maka Aku memperlihatkan kebaikan kepada mereka, padahal Aku menghendaki kehinaan bagi mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

183. وَأُمْلِى لَهُمْ ۚ (Dan Aku memberi tangguh kepada mereka)
Yakni Aku akan memberi mereka tenggang waktu dan mengakhirkan siksaan atas mereka.

إِنَّ كَيْدِى مَتِينٌ (Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh)
Karena secara kasat mata itu merupakan kenikmatan namun sebenarnya merupakan kehinaan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

183-184 Aku memberi tangguh hukuman kepada mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh, perkasa tanpa terucap. Apakah mereka lalai dan tidak memikirkan dengan akal mereka atau tidak memperhatikan bahwa teman mereka (Muhammad) tidak berpenyakit gila. Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan atas siksa Allah.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Aku memberi tenggang waktu kepada mereka} Aku memberi tenggang waktu mereka dan memanjangkan waktu umur mereka {Sesungguhnya rencanaKu sangat teguh} janjiKu sangat kuat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

183 “dan aku memberi tangguh kepada mereka” yakni aku menunda mereka sehingga mereka mengira bahwa mereka dibiarkan dan tidak diazab. maka kejahatan, kekufuran dan keburukan mereka semakin bertambah dengan itu siksa azab mereka bertambah, maka tanpa mereka sadari justru mereka merugikan diri mereka. Oleh karena itu Allah berfirman ”sesungguhnya rencanaKu amat teguh” yakni kuat lagi kokoh.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 182-183
Firman Allah SWT: (Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dengan cara yang tidak mereka ketahui (182) yaitu, Allah membukakan bagi mereka pintu-pintu rezeki dan semua kebutuhan penghidupan di dunia, sehingga mereka teperdaya dengan apa yang sedang mereka terima, dan mereka yakin bahwa mereka mempunyai sesuatu. Sebagaimana Allah berfirman: (Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka. Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa (44) Maka orang-orang yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (45)) (Al-An'am: 44-45) Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Dan Aku memberi tangguh kepada mereka) yaitu Aku akan menangguhkan mereka, yaitu Aku memperpanjang masa mereka pada hal itu (Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh) yaitu sangat kuat.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 183: Sehingga mereka mengira bahwa mereka tidak akan disiksa dan diberikan hukuman.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 183

Dan sebaliknya, orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami, baik berupa ayat-ayat Al-Qur'an, maupun mukjizat para nabi atau buktibukti keesaan dan kekuasaan Allah yang terhampar, akan kami biarkan mereka berangsur-angsur, setahap demi setahap, menuju ke arah kebinasaan, hingga mencapai tahap maksimal. Di saat tingkat kekayaan dan kesenangan dunia telah membuat mereka lupa daratan, maka mereka akan sangat terkejut ketika kebinasaan itu datang dengan cara yang tidak mereka ketahui, dan aku akan memberikan tenggang waktu berupa kesempatan hidup yang cukup, atau menangguhkan siksa dengan menganugerahkan kenikmatan kepada mereka yang menjadikan mereka lupa daratan, tanpa melupakan kejahatan-kejahatan yang mereka lakukan. Sungguh, rencana-ku yang pada lahirnya adalah kenikmatan untuk mereka, tetapi tujuannya adalah kebinasaan, sangat teguh, tidak satu pun yang dapat membatalkannya dan akan sangat menyakitkan mereka, sesuai dengan kadar kejahatan yang mereka lakukan. Mereka terlalu cepat mendustakan, dan karena pengingkaran mereka terhadap ayat-ayat Allah lahir dari pengingkaran terhadap rasul yang menyampaikannya, maka ayat ini menyatakan, dan apakah mereka yang mendustakan ayat-ayat Allah dan ditangguhkan siksa atas mereka itu lengah dan tidak merenungkan bahwa teman yang selalu bersama mereka, yaitu nabi Muhammad, tidak gila. Rasulullah sama sekali tidak gila! dia, nabi Muhammad, tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan, lagi pemberi penjelasan tentang akibat perbuatan syirik mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah variasi penjabaran dari banyak ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-A’raf ayat 183 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk ummat. Sokong perjuangan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Banyak Dikunjungi

Kaji ratusan halaman yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 153, Juz al-Qur’an, Al-An’am, Ali Imran 190-191, Al-‘Adiyat, Al-Insyirah 5-6. Juga Al-Balad, Al-Maidah, Al-Fajr, Al-Baqarah 185, Ar-Ra’d 11, Luqman 14.

  1. Al-Baqarah 153
  2. Juz al-Qur’an
  3. Al-An’am
  4. Ali Imran 190-191
  5. Al-‘Adiyat
  6. Al-Insyirah 5-6
  7. Al-Balad
  8. Al-Maidah
  9. Al-Fajr
  10. Al-Baqarah 185
  11. Ar-Ra’d 11
  12. Luqman 14

Pencarian: at takwir 1-3, al baqarah ayat 285 dan artinya, tafsir surat al hujurat ayat 10, surah al baqarah ayat 284 286 latin, surat alkahpi

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: