Surat Al-A’raf Ayat 112

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَأْتُوكَ بِكُلِّ سَٰحِرٍ عَلِيمٍ

Arab-Latin: Ya`tụka bikulli sāḥirin 'alīm

Artinya: Supaya mereka membawa kepadamu semua ahli sihir yang pandai".

« Al-A'raf 111Al-A'raf 113 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Tentang Surat Al-A’raf Ayat 112

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 112 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah menarik dari ayat ini. Diketemukan beraneka penjelasan dari berbagai mufassir terkait kandungan surat Al-A’raf ayat 112, antara lain seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Agar mereka mengumpulkan untukmu semua tukang sihir yang mumpuni kemampuan sihirnya.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

112. Maka setiap orang yang kamu kirim untuk mengumpulkan para penyihir dari berbagai kota, akan membawa penyihir yang sangat mahir dan hebat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

112. يَأْتُوكَ (supaya mereka membawa kepadamu)
Yakni agar orang-orang yang kamu utus tersebut dapat mendatangkan kepadamu.

بِكُلِّ سٰحِرٍ عَلِيمٍ(semua ahli sihir yang pandai)
Seluruh ahli sihir yang berpengalaman dalam urusan sihir ini.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

112. (Para pemimpin daerah) yang mendatangkan untukmu setiap penyihir yang mahir dalam ilmu sihir


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{mereka membawa semua penyihir yang pandai kepadamu.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

111-112 pada saat pendapat mereka menyatu dengan mengatakan kepada fir’aun “beri tangguhlah dia dan saudaranya” yakni tahan mereka dan beri mereka berdua waktu, dan utuslah orang orang ke penjuru kota untuk mengumumkan kepada penduduknya agar mereka menghadirkan semua penyihir yang ahli, yakni mereka mendatangkan para penyihir yang mumpuni untuk melawan apa yang dibawa oleh musa, maka mereka berkata ”(wahai musa) buatlah suatu waktu untuk pertemuan antara kami dan kamu, yang kami tidak akan menyalahinya dan tidak (pula) kamu di suatu tempat yang pertengahan (letaknya), musa berkata ”waktu untuk pertemuan (kami dengan) kamu itu adalah di hari raya dan hendaklah manusia dikumpulkan pada waktu matahari sepenggalahan naik, maka fir’aun menginggalkan (tempat itu) lalu mengatur tipu dayanya, kemudian dia datang. ”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 111-112
Ibnu Abbas berkata tentang firmanNya (Arjih) yaitu “beri tangguhlah dia”.
Qatadah berkata adalah “tahanlah dia” (kirimkanlah), yaitu utuslah (ke kota-kota beberapa orang) yaitu ke seluruh daerah dan kota di kerajaanmu (yang akan mengumpulkan) yaitu orang yang mengumpulkan para ahli sihir untukmu dari semua penjuru negeri. Saat itu kebanyakan orang pandai menggunakan sihir, dan itu merupakan hal yang diyakini. Sebagian dari mereka menduga bahwa apa yang dibawa oleh nabi Musa itu termasuk sesuatu yang mempermainkan sihir mereka. Jadi mereka mengumpulkan para ahli sihir untuk melawannya, yaitu untuk melawan mukjizzat yang mereka lihat, sebagaimana Allah SWT memberitahukan tentang Fir'aun yang berkata: (Adakah kamu datang kepada kami untuk mengusir kami dari negeri kami (ini) dengan sihirmu, hai Musa? (57) Dan kami pun pasti akan mendatangkan (pula) kepadamu sihir semacam itu. Maka buatlah suatu waktu untuk pertemuan antara kami dan kamu, yang kami tidak akan menyalahinya dan tidak (pula) kamu, di suatu tempat yang pertengahan (letaknya)" (58) Berkata Musa, "Waktu untuk pertemuan (kami dengan) kalian itu ialah di hari raya, dan hendaklah dikumpulkan manusia pada waktu matahari sepenggalah naik" (59) Maka Fir'aun meninggalkan (tempat itu), lalu mengatur tipu dayanya, kemudian dia datang (60)) (Surah Thaha) Di sini Allah berfirman:


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 112: Untuk menandingi apa yang dibawa Nabi Musa ‘alaihis salam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 112

Agar mereka membawa secara paksa atau suka rela semua pesihir yang pandai kepadamu. Dengan berkumpulnya para ahli sihir itu di hadapanmu, mereka akan membeberkan hakikat yang sebenarnya dibawa musa. Dengan demikian, tak seorang pun yang dapat diperdayafir'aun pun mengikuti saran tersebut dan menangguhkan persoalan nabi musa dan nabi harun, sambil mengumpulkan para pesihir yang pandai di negeri itu. Dan tak berapa lama kemudian para pesihir yang dikumpulkan oleh bala tentara itu pun datang kepada fir'aun. Mereka tahu peristiwa yang terjadi dan menyadari akan pentingnya ke-beradaan mereka, sehingga mereka berani berkata kepada fir'aun, apakah kami benar-benar akan mendapat imbalan yang besar, sesuai tugas berat yang kami emban, jika kami menang dan berhasil mengalahkan sihir musa' begitulah keadaan para penyihir yang selalu merasa butuh dan mengejar materi, sehingga seringkali mati dalam keadaan miskin dan dalam bentuk yang mengerikan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjelasan dari kalangan ahli tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Al-A’raf ayat 112 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa faidah untuk kita bersama. Dukung kemajuan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dilihat

Tersedia berbagai halaman yang cukup sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Maidah, Ali Imran 190-191, Luqman 14, Al-Balad, Al-Baqarah 185, Al-Baqarah 153. Serta Ar-Ra’d 11, Al-‘Adiyat, Al-An’am, Juz al-Qur’an, Al-Fajr, Al-Insyirah 5-6.

  1. Al-Maidah
  2. Ali Imran 190-191
  3. Luqman 14
  4. Al-Balad
  5. Al-Baqarah 185
  6. Al-Baqarah 153
  7. Ar-Ra’d 11
  8. Al-‘Adiyat
  9. Al-An’am
  10. Juz al-Qur’an
  11. Al-Fajr
  12. Al-Insyirah 5-6

Pencarian: al an'am surat ke, yunus ayat 10, al qasas ayat 77 menjelaskan tentang, 1 juz berapa surat, idz qola yusufu tulisan arab

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: