Surat Al-A’raf Ayat 83

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَأَنجَيْنَٰهُ وَأَهْلَهُۥٓ إِلَّا ٱمْرَأَتَهُۥ كَانَتْ مِنَ ٱلْغَٰبِرِينَ

Arab-Latin: Fa anjaināhu wa ahlahū illamra`atahụ kānat minal-gābirīn

Artinya: Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali isterinya; dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).

« Al-A'raf 82Al-A'raf 84 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Tentang Surat Al-A’raf Ayat 83

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 83 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah menarik dari ayat ini. Didapatkan aneka ragam penjabaran dari berbagai pakar tafsir terhadap makna surat Al-A’raf ayat 83, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kemudian kami menyelamatkan Luth dan keluarganya dari siksaan, yaitu dengan memerintahkannya untuk meninggalakan kota tersebut, kecuali istrinya. Sesungguhnya wanita itu termasuk manusia yang binasa dan tinggal dalam deraan siksaan Allah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

83-84. Dan ketika Kami memutuskan akan menghukum mereka dengan azab yang buruk, maka -dengan keagungan dan kekuasaan Kami yang sempurna- Kami selamatkan Luth dan keluarganya dari azab tersebut, kecuali istrinya yang tetap tinggal bersama kaumnya di tempat turunnya azab, karena dia termasuk orang kafir.

Kami menimpakan mereka hujan batu yang sangat lebat; maka lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berbuat dosa?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

83. Kemudian Kami menyelamatkannya (Lūṭ) beserta keluarganya dengan menyuruh mereka keluar di malam hari dari desa yang akan ditimpa azab itu, kecuali istrinya yang memilih tinggal bersama kaumnya. Maka ia pun terkena azab yang menimpa mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

83. فَأَنجَيْنٰهُ وَأَهْلَهُۥٓ (Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya)
Allah menyelamatkan Nabi Luth dan para pengikutnya dengan mengeluarkan mereka di malam terjadinya azab yang menimpa negeri tersebut di pagi hari. Kisah ini dijelaskan lebih terperinci pada surat huud: 77-83. Allah tidak mengecualikan istri Nabi Luth dari golongan keluarganya karena ia tidak beriman kepada Nabi Luth.

كَانَتْ مِنَ الْغٰبِرِينَ (dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan))
Yakni termasuk orang-orang yang mendapat azab Allah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

83. Lalu Kami selamatkan Luth dan keluarganya serta orang-orang mukmin, kecuali istrinya yang ingkar. Dia (istri luth) termasuk kelompok orang-orang yang dibinasakan bersama kaumnya di tempat turunnya azab itu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Lalu Kami selamatkan dia dan pengikutnya, kecuali istrinya. Dia termasuk orang-orang yang tertinggal} orang-orang yang dihancurkan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

83 “kemudian kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali istinya, dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan)” yakni yang tertinggal dan ditimpa azab. Allah memerintahkan luth agar menyingkir di waktu malam karena azab akan turun di pagi hari, maka luth membawa keluarganya kecuali istrinya ia tertimpa apa yang menimpa kaumnya


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-84
Allah SWT berfirman,"Kami menyelamatkan nabi Luth dan keluarganya, dan tidak ada seorang pun dari mereka yang beriman kepadanya selain keluarganya saja" sebagaimana Allah SWT berfirman: (Lalu Kami keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di negeri kaum Luth itu (35) Dan Kami tidak mendapati di negeri itu kecuali sebuah rumah dari orang-orang yang berserah diri (36)) (Surah Adz-Dzariyat) kecuali istrinya, karena dia tidak beriman kepadanya, bahkan dia tetap pada agama kaumnya. Dia adalah orang yang memberitahu kepada bereka tentang tamu-tamu yang datang kepada nabi Luth dengan isyarat antara dirinya dan mereka. Oleh karena itu, ketika nabi Luth diperintahkan untuk pergi di malam hari dengan keluarganya, dia diperintahkan agar tidak memberitahu istrinya dan tidak membawanya keluar dari negeri itu. Di antara ulama’ ada yang berkata bahwa istrinya mengikuti nabi Luth dan para pengikutnya, tetapi ketika azab itu turun, dia menoleh ke belakang, lalu dia ditimpa azab yang menimpa kaumnya.
dan yang paling jelas bahwa dia tidak keluar dari negeri itu dan nabi Luth tidak memberitahunya, bahkan istrinya tetap bersama kaumnya. Oleh karena itu Allah berfirman di sini: (kecuali istrinya; dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan)) yaitu mereka tetap tinggal. Dikatakan bahwa dia termasuk orang-orang yang dibinasakan. Itu merupakan penafsiran yang lazim.
Firman Allah SWT: (Dan Kami turunkan kepada mereka hujan) ditafsirkan dengan firmanNya: (dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah-tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi, yang diberi tanda oleh Tuhan kalian dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang-orang yang zalim (83)) (Surah Hud) Oleh karena itu Allah berfirman: (maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu) yaitu wahai Muhammad, lihatlah bagaimana akibat orang yang berani berbuat durhaka terhadap Allah SWT dan mendustakan para rasulNya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 83: Allah memerintahkan Luth beserta pengikutnya pergi di malam hari meninggalkan negeri Sodom tersebut.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 83

Karena kedurhakaan kaum nabi lut yang terus meningkat, Allah menjatuhkan siksa-Nya. Namun sebelum siksaan tersebut diturunkan, terlebih dahulu Allah menyelamatkan nabi lut dan pengikutnya. Kemudian kami selamatkan dia, yakni nabi lut, keluarga, dan pengikutnya yang beriman, kecuali istrinya karena tidak beriman dan tidak mau keluar dari negeri tersebut bersama nabi lut dan pengikutnya. Dia, istri nabi lut itu, termasuk orang-orang yang tertinggal dan dibinasakan bersama kaum nabi lut yang ingkar. Sebelum azab diturunkan, Allah memerintahkan nabi lut dan pengikutnya yang beriman agar meninggalkan negerinya. Kisah ini dapat pula dilihat pada surah hud/11: 8 setelah menyelamatkan nabi lut dan pengikutnya, Allah menurunkan siksaan dan azab-Nya kepada kaum yang ingkar. Dan kami hujani, yakni kami turunkan dari langit sehingga mengenai bagian atas mereka, dengan hujan batu yang membinasakan mereka dan meluluhlantakkan negeri mereka. Maka perhatikanlah wahai orang yang mengambil pelajaran dari kisah ini bagaimana kesudahan dan akibat yang diterima orang yang berbuat dosa itu. Mereka hanya memperoleh kebinasaan dan azab lantaran perbuatan mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beragam penjelasan dari banyak mufassirun terhadap makna dan arti surat Al-A’raf ayat 83 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita bersama. Support kemajuan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dikunjungi

Telaah berbagai topik yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Ar-Ra’d 11, Al-Maidah, Al-Baqarah 153, Juz al-Qur’an, Al-Baqarah 185, Al-An’am. Serta Luqman 14, Al-‘Adiyat, Al-Insyirah 5-6, Ali Imran 190-191, Al-Balad, Al-Fajr.

  1. Ar-Ra’d 11
  2. Al-Maidah
  3. Al-Baqarah 153
  4. Juz al-Qur’an
  5. Al-Baqarah 185
  6. Al-An’am
  7. Luqman 14
  8. Al-‘Adiyat
  9. Al-Insyirah 5-6
  10. Ali Imran 190-191
  11. Al-Balad
  12. Al-Fajr

Pencarian: surat al baqarah 285 286, al-qasas ayat 77, niat puasa ramadhan arab, surah taubah, surah ar rahman ayat 55

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: