Surat Al-An’am Ayat 126

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَهَٰذَا صِرَٰطُ رَبِّكَ مُسْتَقِيمًا ۗ قَدْ فَصَّلْنَا ٱلْءَايَٰتِ لِقَوْمٍ يَذَّكَّرُونَ

Arab-Latin: Wa hāżā ṣirāṭu rabbika mustaqīmā, qad faṣṣalnal-āyāti liqaumiy yażżakkarụn

Artinya: Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran.

« Al-An'am 125Al-An'am 127 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Terkait Dengan Surat Al-An’am Ayat 126

Paragraf di atas merupakan Surat Al-An’am Ayat 126 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan tafsir mendalam dari ayat ini. Diketemukan sekumpulan penjabaran dari banyak ahli tafsir mengenai kandungan surat Al-An’am ayat 126, antara lain seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

126 Apa yang kami jelaskan kepadamu ini (wahai rasul), itulah jalan yang mengantarkan menuju keridhaan tuhanmu dan surgaNYa. Sungguh kami telah menerangkan berbagai bukti petunjuk bagi siapa saja yang mau mengambil pelajaran dari orang-orang yang memiliki akal yang kuat.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

126-127. Hai Muhammad, agama yang kamu peluk ini merupakan agama yang agung dari Tuhanmu.

Kami telah menjelaskan ayat-ayat dan tanda-tanda kekuasaan Allah yang dapat didengar maupun dilihat bagi orang yang mau mengambil pelajaran dan manfaat darinya; balasan bagi mereka adalah surga dari Tuhan mereka yang senantiasa mengatur urusan mereka dengan memberi balasan yang mulia atas amal kebaikan yang mereka kerjakan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

126. Agama yang telah Kami syariatkan untukmu -wahai Rasul- adalah jalan Allah yang lurus, tidak bengkok sedikitpun. Kami telah menjelaskan banyak ayat kepada orang yang memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami pelajaran dari Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

126 Jalan ini adalah jalan Tuhanmu yang harus ditempuh oleh Nabi dan orang-orang mukmin; ini adalah jalan yang lurus tanpa belokan. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat Kami kepada orang-orang yang mau mengingat, berfikir, mengambil pelajaran dan mengambil manfaat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Inilah jalan} jalan {yang lurus dari Tuhanmu. Sungguh Kami telah merincikan} menjelaskan {ayat-ayat kepada orang-orang yang mengambil pelajaran


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

126. Maksudnya, jalan yang seimbang dan mengantarkan kepada Allah dan kepada rumah kemuliaanNya. Hukum-hukumNya telah dijelaskan, syariat-syariatNya telah terperinci, kebaikan dan keburukan telah dibedakan, akan tetapi perincian dan penjelasan keburukan telah dibedakan, akan tetapi perincian dan penjelasan ini bukan untuk setiap orang, ia hanya untuk “orang-orang yang mengambil pelajaran.” Karena merekalah orang-orang yang mengetahui dan mengambil manfaat dari ilmunya, dan Allah menyiapkan untuk mereka balasan yang besar dan pahala yang baik.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 126-127
Ketika Allah SWT menyebutkan jalan orang-orang yang tersesat dan menolak jalanNya. Dia memberitahukan tentang kemuliaan yang Dia sampaikan kepada RasulNya, yaitu petunjuk dan agama yang benar. Lalu Allah SWT berfirman: (Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus) menjadi manshub sebagai haal, yaitu ini adalah agama yang Kami syariatkan untukmu, wahai Muhammad, melalui apa yang Kami wahyukan kepadamu berupa Al-Qur'an ini, yaitu jalan Allah yang lurus. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits Al-Harits dari Ali tentang sifat Al-Qur'an, yaitu: “Jalan Allah yang lurus, dan tali Allah yang kuat. Al-Qur’an juga merupakan peringatan yang bijaksana. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At-Turmudzi.
(Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami)) yaitu kami menjelaskan, menerangkan, dan menafsirkannya (kepada orang-orang yang mengambil pelajaran) yaitu bagi orang yang memiliki pemahaman, kesadaran dan berpikir tentang Allah dan RasulNya (Bagi mereka (disediakan) rumah keselamatan) yaitu surge (Pada sisi Tuhannya) yaitu hari kiamat. Allah menggambarkan surga di sini dengan “Darus salam” karena keselamatan mereka dalam jalan yang mereka lewati berupa jalan yang lurus yang mengikuti jejak dan jalan para nabi. Sebagaimana mereka selamat dari malapetaka penyimpangan, mereka dapat mencapai surga. (dan Dialah Pelindung mereka) Dzat yang memelihara, menolong, dan mendukung mereka. (disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan) yaitu balasan atas amal shalih mereka, Allah membimbing dan memberi mereka surga dengan karunia dan kemurahanNya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-An’am ayat 126: Yang menghubungkan kepada Allah dan ke surga-Nya. Jalan tersebut telah dijelaskan, dirincikan, dan dipisahkan dari yang batil.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-An’am Ayat 126

Kemudian Allah menjelaskan tentang jalan kehidupan yang benar. Dan inilah jalan tuhanmu yang lurus, yaitu agama islam yang diridai Allah. Sungguh kami telah menjelaskan ayat-ayat kami yang ada di dalam Al-Qur'an, berupa janji dan ancaman, halal dan haram, pahala dan siksa, dan lain-lainnya kepada orang-orang yang menerima peringatan. Bagi mereka ada beberapa penghargaan yang agung dari Allah. Pertama, disediakan tempat yang damai, yaitu surga yang tidak ada kesulitan apa pun di dalamnya. Kedua, mereka berada di suatu tempat yang sangat terhormat yaitu di sisi tuhannya yang telah membimbing mereka. Dan, ketiga, dialah pelindung mereka yang selalu mengasihi dan menyertai mereka dalam segala suasana. Hal itu semua disebabkan karena amal kebajikan yang mereka kerjakan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beraneka penafsiran dari banyak ulama tafsir terhadap kandungan dan arti surat Al-An’am ayat 126 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita semua. Sokong dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dikaji

Telaah berbagai topik yang cukup banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Insyirah 5-6, Al-Balad, Al-Maidah, Luqman 14, Ar-Ra’d 11, Juz al-Qur’an. Ada pula Al-Fajr, Al-Baqarah 185, Al-‘Adiyat, Ali Imran 190-191, Al-An’am, Al-Baqarah 153.

  1. Al-Insyirah 5-6
  2. Al-Balad
  3. Al-Maidah
  4. Luqman 14
  5. Ar-Ra’d 11
  6. Juz al-Qur’an
  7. Al-Fajr
  8. Al-Baqarah 185
  9. Al-‘Adiyat
  10. Ali Imran 190-191
  11. Al-An’am
  12. Al-Baqarah 153

Pencarian: albaqarah 221, surat 10 ayat 22, qs. al hujurat ayat 13, latin surat al isra ayat 23, tabarakallazi biyadihil mulk

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: