Surat Al-An’am Ayat 92

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَهَٰذَا كِتَٰبٌ أَنزَلْنَٰهُ مُبَارَكٌ مُّصَدِّقُ ٱلَّذِى بَيْنَ يَدَيْهِ وَلِتُنذِرَ أُمَّ ٱلْقُرَىٰ وَمَنْ حَوْلَهَا ۚ وَٱلَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِٱلْءَاخِرَةِ يُؤْمِنُونَ بِهِۦ ۖ وَهُمْ عَلَىٰ صَلَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ

Arab-Latin: Wa hāżā kitābun anzalnāhu mubārakum muṣaddiqullażī baina yadaihi wa litunżira ummal-qurā wa man ḥaulahā, wallażīna yu`minụna bil-ākhirati yu`minụna bihī wa hum 'alā ṣalātihim yuḥāfiẓụn

Artinya: Dan ini (Al Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al Quran) dan mereka selalu memelihara sembahyangnya.

« Al-An'am 91Al-An'am 93 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Berkaitan Surat Al-An’am Ayat 92

Paragraf di atas merupakan Surat Al-An’am Ayat 92 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran berharga dari ayat ini. Didapatkan beberapa penafsiran dari banyak mufassirun mengenai isi surat Al-An’am ayat 92, di antaranya sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kitab al-qur’an ini adalah kitab yang kami turunkan kepadamu (wahai rasul), merupakan kitab yang memiliki manfaaat yang agung, yang membenarkan kitab-kitab yang datang sebelumnya yang diturunkan. Dan sesungguhnya ia merupakan dari sisi Allah. Kami menurunkannya agar dengan kitab itu engkau menakut-nakuti orang-orang (Makkah) dan sekitarnya dari seluruh penduduk penjuru dunia terhadap azab dan siksaan Allah. Dan orang-orang yang membenarkan kehidupan akhirat, mereka itu membenarkan al-qur’an adalah firman Allah dan memperhatikan penegakan shalat dalam waktu-waktunya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

92. Hai Muhammad, al-Qur'an yang Aku turunkan kepadamu ini mengandung kebaikan, kebajikan, keberkahan, hukum-hukum, dan mukjizat-mukjizat. Ia menjadi saksi atas kebenaran kitab-kitab samawi yang telah diturunkan sebelumnya; dan untuk kamu gunakan sebagai peringatan bagi penduduk Makkah dan negeri-negeri lain di sekitarnya, agar tidak terjerumus ke dalam kesesatan dan kekafiran terhadap Allah.

Dan orang-orang yang beriman kepada hari akhir dan hari kebangkitan setelah mati akan membenarkan al-Qur'an ini, bahwa ia adalah kalam Allah yang diturunkan kepadamu, dan mereka adalah orang-orang yang senantiasa menjaga salat dengan mendirikannya pada waktu-waktu yang telah ditentukan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

92. Dan kitab suci Al-Qur`ān ini Kami turunkan kepadamu wahai Nabi, sebagai kitab suci yang penuh berkah dan membenarkan kitab-kitab suci sebelumnya. Dan hendaknya kamu menjadikan kitab suci ini sebagai bahan untuk memperingatkan penduduk Makkah dan seluruh umat manusia yang ada di timur dan barat agar mereka mendapatkan petunjuk ke jalan yang benar. Orang-orang yang percaya akan adanya Akhirat pasti percaya kepada kitab suci Al-Qur`ān ini dan mengamalkan isinya. Dan mereka akan senantiasa menjaga salat-salat mereka dengan cara menunaikan rukun-rukunnya, hal-hal yang wajib, dan sunah-sunahnya pada waktu-waktu yang telah ditetapkan untuknya secara syariat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

92. وَهٰذَا كِتٰبٌ أَنزَلْنٰهُ مُبَارَكٌ (Dan ini (Al Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi)
Yang diturunkan kepada Muhammad. Lalu bagaimana kalian mengatakan bahwa Allah tidak menurunkan sesuatupun kepada manusia.
Makna (المبارك) yakni yang memiliki berkah yang banyak.

مُّصَدِّقُ الَّذِى بَيْنَ يَدَيْهِ (membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya)
Yakni yang sesuai dengan kitab-kitab yang telah diturunkan Allah kepada para rasul sebelumnya seperti Taurat dan Injil.

وَلِتُنذِرَ (dan agar kamu memberi peringatan)
Yakni Kami menurunkannya untuk keberkahan dan untuk kamu jadikan peringatan.

أُمَّ الْقُرَىٰ (kepada (penduduk) Ummul Qura)
Yakni kota Makkah yang merupakan kota yang paling agung, ialah bangunan pertama yang didirikan untuk manusia sebagai tempat ibadah, dan ia merupakan kiblat dan tempat berhaji bagi umat ini. Maka peringatan bagi penduduk kota Makkah akan serta merta diikuti oleh peringatan bagi seganap penduduk bumi.

وَمَنْ حَوْلَهَا ۚ( dan orang-orang yang di luar lingkungannya)
Yakni manusia yang berada di bumi Allah yang luas ini.

وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْءَاخِرَةِ يُؤْمِنُونَ بِهِۦ ۖ(Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya)
Salah satu hak bagi orang yang percaya terhadap kehidupan akhirat adalah ia akan percaya pula dengan kitab ini. Karena kapercayaan terhadap akhirat melazimkan penerimaan terhadap seruan orang menuju apa yang dapat mendatangkan kebaikan akhirat tersebut dan menjauhkan dari kemudharatannya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

{ وَهَٰذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ } "Dan ini (Al Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkah" kitab yang penuh dengan keberkahan dan kebaikan, barangsiapa yang mempelajarinya dan mengamalkan segala syariat yang terkandung di dalamnya, niscaya kebaikan di dunia dan di akhirat akan membanjirinya, para ulama tafsir mengatakan : "kami sibuk dengan al-Qur'an dan sungguh keberkahan menyelimuti kami sebagai bukti akan kebenaran firman Allah : { كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ }. Dan sesungguhnya al-Qur'an ini Allah tidak memudahkan bagi siapapun untuk di amalkan kecuali bagi orang-orang yang baik dan mendapat berkah dari Allah, karena ia adalah kalam tuhan semesta alam, maka barangsiapa yang menjalankan segala perintah yang disampaikan oleh kitab ini dan menjauhi segala larangannya, dan darinya ia mengetahui aqidah yang benar, ia juga mengetahui asal-asal halal dan haram, dan akhlaq yang mulia, niscaya Allah akan memudahkan baginya segala urusan di dunia dan di akhirat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

92 Dan Al-Quran ini adalah kitab yang telah Kami turunkan terdapat banyak manfaat dan keberkahan. Kami turunkan kepadamu wahai Rasul, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya seperti Taurat dan Injil dan agar kamu memberi peringatan kepada penduduk Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. Di kota itu tedapat Ka’bah yang mulia, rumah yang pertama kali dibangun untuk manusia. Ka’bah adalah kiblat umat manusia Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya Al Quran, sebab siapa yang mengimani hari akhirat sebelum menerima balasan baik dan mereka selalu memelihara sembahyangnya dengan takut kepada siksa akhirat.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ini} Al-Qur’an {adalah kitab yang telah Kami turunkan, yang diberkahi, membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura} penduduk Makkah {dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Orang-orang yang beriman pada akhirat itu beriman padanya dan mereka selalu memelihara shalatnya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

92. “Dan ini,” al-Qur,an yang “kami turunkan” kepadamu. “Yang diberkahi,” maksudnya, Allah memberi sifat keberkahan. Hal itu karena kebaikannya yang banyak dan luas. “Membenarkan kitab-kitab sebelumnya.” Maksudnya, sesuai dengan kitab-kitab sebelumnya dan beraksi atas kebenaran. “dan agar kamu memberi peringatan kepada penduduk Makkah dan orang-orang yang diluar lingkungannya.” Maksudnya, Kami menurunkan Al-Qur’an juga agar kamu memberi peringatan kepada penduduk Ummul Qura-Makkah Al-Mukaramah-dan Daerah Arab sekelilingNya bahkan seluruh negeri. Peringatkan manusia dari azab Allah dan siksaNya terhadap umat-umat, peringatkan mereka dari penyebabnya. “orang-orang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya Al-Qur’an,” karena jika rasa takut dalam hati telah memenuhi bagiannya, maka ia akan tunduk kepada keridhaanNya. “Dan mereka selalu memelihara shalatnya.” Mereka terus nenerus menetapinya, menjaga rukun-rukun, batasan-batasan, syarat-syarat, adab-adab, dan penyempurnaan-penyempurnaaNya. Semoga Allah menjadikan kita termasuk dari mereka.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 91-92
Allah SWT berfirman bahwa mereka tidak mengagungkan Allah dengan penghormatan yang khusus untukNya, ketika mereka mendustakan rasul-rasulNya yang diutus kepada mereka.
Ibnu Abbas, Mujahid, dan Abdullah bin Katsir berkata bahwa ayat ini diturunkan tentang orang-orang Quraisy. Pendapat ini dipilih oleh Ibnu Jarir.
Allah SWT berfirman: (Katakanlah, "Siapakah yang menurunkan kitab (Taurat) yang dibawa oleh Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia?”) yaitu Katakanlah, Wahai Muhammad, kepada orang-orang yang ingkar dengan turunnya kitab dari sisi Allah. Hal ini untuk menyangkal sangkaan buruk mereka yang umum, yaitu dengan menetapkan keputusan bagian demi bagian dengan baik, (Siapakah yang menurunkan kitab (Taurat) yang dibawa oleh Musa? ) yaitu Taurat yang telah kalian ketahui, dan telah diketahui juga oleh semua orang, bahwa Allah telah menurunkannya kepada nabi Musa (sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia) yaitu sebagai cahaya untuk menyelesaikan masalah dan petunjuk di dalam masalah syubhat yang samar.
Firman Allah: (kalian menjadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kalian perlihatkan (sebagiannya), dan kalian sembunyikan sebagian besarnya) yaitu kalian menjadikan keseluruhan kitab itu menjadi kertas-kertas, yaitu potongan-potongan yang kalian tulis dari Al-Kitab yang asli yang ada pada kalian, dan kalian mengubah sebagian dari kitab itu, dan kalian mengganti serta menafsirkannya, kemudian kalian berkata,”Ini dari sisi Allah” yaitu dari KitabNya yang diturunkan, padahal itu bukan dari sisi Allah, Oleh karena itu Allah berfirman (Kalian jadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kalian perlihatkan (sebagiannya) dan kalian sembunyikan sebagian besarnya)
Firman Allah: (padahal telah diajarkan kepada kalian apa yang kalian dan bapak-bapak kalian tidak mengetahuinya) yaitu siapa yang menurunkan Al-Qur'an, yang melalui Al-Qur’an itu Allah mengajarkan dan menyampaikan kepada kalian sebagian berita masa lalu dan berita yang akan datang yang tidak kalian ketahui, baik kalian maupun leluhur kalian.
Qatadah berkata,”Mereka adalah orang-orang musyrik Arab”
Firman Allah: (Katakanlah "Allah-lah (yang menurunkan-Nya)!") Ali bin Abu Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, maknanya adalah,"Katakanlah, “Allahlah yang menurunkannya"
Firman Allah: (Kemudian biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya) yaitu biarkanlah mereka dalam kebodohan dan kesesatan mereka itu bermain-main, sampai datang kepada mereka keyakinan dari Allah. Mereka akan mengetahui apakah mereka yang akan mendapat akibatnya ataukah hamba-hamba Allah yang bertakwa?
Firman Allah: (Dan kitab ini) yaitu Al-Qur'an (yang telah Kami turunkan yang diberkati, membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura)
yaitu Makkah (dan orang-orang yang di luar lingkungannya) dari orang-orang Arab dan semua bangsa dari keturunan nabi Adam, baik Arab maupun non-Arab, Sebagaimana Allah berfirman dalam ayat-ayat lain: (Katakanlah "Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kalian semua”) (Surah Al-A'raf: 158), (supaya dengan Al-Qur'an ini aku memberi peringatan kepada kalian dan kepada orang-orang yang sampai Al-Qur'an (kepadanya)) (Surah Al-An'am: 19), (Dan barang siapa di antara mereka (orang-orang Quraisy) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada Al-Qur'an, maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya) (Surah Hud: 17), (Mahasuci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (1)) (Surah Al-Furqan) dan (Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: "Apakah kamu (mau) masuk Islam". Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.) (Surah Ali Imran: 20), serta disebutkan dalam hadits shahih Bukhari Muslim bahwa Rasulullah SAW bersabda:”Aku dianugerahi lima perkara yang belum pernah diberikan kepada seorang nabi sebelumku” Lalu beliau menyebutkan di antara lima hal itu “Dahulu nabi diutus hanya khusus kepada kaumnya, sedangkan aku diutus untuk seluruh umat manusia” Oleh karena itu Allah berfirman: (Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al-Qur'an)) yaitu setiap orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir serta beriman kepada kitab yang penuh berkah yang Kami turunkan kepadamu, wahai Muhammad, yaitu Al-Qur’an (dan mereka selalu memelihara salatnya)
yaitu mereka mendirikan apa yang diwajibkan kepada mereka, yaitu mendirikan shalat fardhu pada waktunya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-An’am ayat 92: Karena banyak kebaikannya.

Sesuai dan menjadi saksi terhadap kebenaran.

Yaitu kitab-kitab dan sahifah-sahifah (lembaran) yang diturunkan sebelum Al Quran.

Yakni semua manusia.

Menjaga syarat dan rukunnya, adab dan penyempurnanya, semoga Allah menjadikan kita termasuk golongan mereka, Alahumma aamin.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-An’am Ayat 92

Usai menjelaskan tujuan Allah menurunkan kitab kepada nabi musa, pada ayat ini Allah menegaskan tujuan diturunkannya Al-Qur'an. Dan ini, yakni Al-Qur'an, kitab yang telah kami turunkan dengan penuh berkah yang berisi tuntunan yang dapat mengantar kepada kebajikan yang melimpah; membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya seperti taurat dan injil, dan agar engkau, hai nabi Muhammad, memberi peringatan kepada penduduk ummul qura, yakni mekah, dan orangorang yang ada di sekitarnya yang tidak memercayainya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya, yaitu Al-Qur'an, dan mereka selalu memelihara salatnya dengan tekun dan sungguh-sungguh. Ayat sebelumnya menguraikan bahwa Al-Qur'an bersumber dari Allah. Ayat ini mengecam orang-orang yang mengaku-ngaku mendapat wahyu dari Allah. Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah seperti halnya orang-orang yahudi, atau siapa yang lebih zalim daripada orang yang berkata, telah diwahyukan kepadaku oleh Allah, padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya, dan siapa pula yang lebih zalim dari orang yang berkata, aku akan menurunkan, yaitu menyampaikan, seperti apa yang diturunkan Allah yaitu Al-Qur'an yang dipercayai oleh kaum muslim' tidak ada yang lebih zalim kecuali tiga macam manusia tersebut, maka wajar kalau mereka mendapat siksa. Alangkah ngerinya sekiranya engkau melihat pada waktu orang-orang zalim yang sudah mencapai puncak kezalimannya berada dalam kesakitan sakratulmaut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya sambil berkata, keluarkanlah nyawamu! pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan, karena kamu mengatakan terhadap Allah perkataan yang tidak benar dan karena kamu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya yakni enggan menerimanya bahkan melecehkannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beraneka penjelasan dari banyak ahli ilmu terkait isi dan arti surat Al-An’am ayat 92 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita. Dukung kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Banyak Dikunjungi

Ada banyak materi yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Luqman 14, Al-Baqarah 185, Al-Balad, Al-Maidah, Al-Baqarah 153, Al-An’am. Juga Ar-Ra’d 11, Ali Imran 190-191, Al-Insyirah 5-6, Juz al-Qur’an, Al-‘Adiyat, Al-Fajr.

  1. Luqman 14
  2. Al-Baqarah 185
  3. Al-Balad
  4. Al-Maidah
  5. Al-Baqarah 153
  6. Al-An’am
  7. Ar-Ra’d 11
  8. Ali Imran 190-191
  9. Al-Insyirah 5-6
  10. Juz al-Qur’an
  11. Al-‘Adiyat
  12. Al-Fajr

Pencarian: quran surat an naba, surah al baqarah ayat 32, surah kulya, qs yunus 40, surat ke 29

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: