Surat Al-Kafirun Ayat 5

وَلَا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ

Arab Latin: Wa lā antum 'ābidụna mā a'bud

Terjemahan Arti: Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.

TERJEMAH TAFSIR

Kalian juga tidak akan pernah menyembah apa yang aku sembah,” Ayat ini turun berkaitan dengan orang orang musyrik tertentu yang Allah telah mengetahui bahwa mereka tidak akan beriman selamanya,

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5. Dan kalian bukanlah penyembah Tuhanku di waktu yang sama ketika Aku menyembahNya. Kalian tidak beribadah sesuai peribadatanku yang benar.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dan Allah memerintahkan juga agar Nabi ﷺ berkata kepada mereka : Kalian juga demikian, tidak akan mengibadahi Tuhanku yang Maha Benar, selama kalian tetap dalam keadaan kafir.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

5. Aku tidak akan menyembah saat ini atau yang akan datang apa yang kamu sembah dari berhala-berhala.

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Sebagai penekanan dan penguatan, juga sebagai pembantah atas keinginan mereka yang mencampur adukkan ibadah yang berbeda, diriwayatkan bahwasanya orang-orang usyrikin berkata kepada Rasulullah : "kami akan menyembah tuhanmu wahai Muhammad selama satu tahun, kemudian kami akan kembali kepada tuhan kemi selama satu tahun juga, maka Allah pun menurunkan surah ini.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Dan kamu tidak pernah pula menjadi penyembah apa yang aku sembah. Kamu tidak tunduk pada perintah dan syariat Allah dalam menyembah-Nya. Kamu bahkan menyembah tuhan dengan penuh kemusyrikan dan cara-cara yang kamu buat-buat berdasarkan hawa nafsumu. 6. Tidak ada tukar-menukar dengan pengikut agama lain dalam hal peribadahan kepada tuhan. Wahai orang kafir, untukmu agamamu, yakni kemusyrikan yang kamu yakini, dan untukku agamaku yang telah Allah pilihkan untukku sehingga aku tidak akan berpaling ke agama lain. Inilah jalan terbaik dalam hal toleransi antar umat beragama dalam urusan peribadahan kepada tuhan.

Tafsir Ringkas Kemenag

Penggalan Surat Al Kafirun/1109aya 5