Surat Al-Fil Ayat 5

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ

Arab Latin: Fa ja'alahum ka'aṣfim ma`kụl

Terjemahan Arti: Lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

TERJEMAH TAFSIR

Maka dia menghancurkan mereka sehingga mereka seperti daun daun kering yang disantap hewan ternak kemudian mengeluarkannya dalam bentuk kotoran.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5. Hal itu menjadikan mereka seperti dedaunan pohon yang tertiup angin, kemudian dimakan oleh hewan peliharaan lalu dirobek olehnya. Allah menghancurkan mereka semua

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah menjelaskan ketika batu-batu ini dijatuhkan kepada masing-masing pasukan, mereka di uji dengan penyakit cacar dan Aku jadikan mereka orang binasa sebagaimana kertas-kertas kering yang bertaburan yang jatuh ke bumi, dan dengan ringan disapu oleh angin dan berhamburanlah. Nabi dilahirkan setelah kejadian pasukan bergajah ini atau di tahun gajah ini.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

5. Maka Allah telah menjadikan mereka seperti daun tumbuhan yang dimakan ulat dan rusak.
Faidah;
1. Kerugian bagi mereka yang tidak memiliki keimanan dan tidak beramal shaleh.
2. Saling menasehati dalam kebenaran dan dalam keshabaran.
3. Larangan mencaci maki dengan ucapan dan perbuatan kepada manusia.
4. Penjagaan Allah terhadap rumah-Nya baitulllah al Haram dan ini keamanan yang Allah takdirkan untuknya.

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

Allah kemudian menjadikan mereka setelah ditempa dengan batu-batun api, tubuh mereka perlahan hancur seperti dedaunan dimakan ulat, itulah akibat bagi orang-orang yang mnentang keesaan Allah - عز وجل - , sebesar apapun kesombongan mereka tidak akan bertahan sampai musibah datang menghancurkan mereka.

Peristiwa-peristiwa seperti diatas adalah pelajaran yang sangat berharga bagi siapa yang mau mempelajarinya, Allah - عز وجل - tidak akan tinggal diam saat rumah-Nya yang suci itu akan dihancurkan oleh orang-orang yang hina.

Dan diantara ayat-ayat Allah - عز وجل - bahwasanya sejak zaman Nabi Ibrahim sampai saat ini dan sampai masa yang diinginkan oleh Allah - عز وجل - dan Dia ﷻ akan ada selamanya, sebesar apapun rencana kejahatan orang-orang kafir terhadap rumah Allah yang suci ini mereka tidak akan mampu untuk berbuat jahat kepadanya, bahkan orang-orang yang tinggal di sekitar Al-Harom sekalipun tidak akan mampu untuk berbuat jahat kepada rumah Allah itu.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Batu-batu yang dijatuhkan oleh burung-burung itu tepat mengenai tentara abrahah sehingga mereka dijadikan-Nya bergelimpangan tak berdaya dan binasa seperti daun-daun yang dimakan ulat. Itulah balasan bagi orang yang angkuh dan hendak menghancurkan kakbah, simbol agama Allah. 1. Wahai manusia, kamu akan dibuat kagum karena kebiasaan orang-orang quraisy, suatu kabilah besar yang mempunyai peranan sentral pada masyarakat arab dalam bidang politik dan sosial.

Tafsir Ringkas Kemenag