Surat Al-Humazah Ayat 1

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽูŠู’ู„ูŒ ู„ู‘ููƒูู„ู‘ู ู‡ูู…ูŽุฒูŽุฉู ู„ู‘ูู…ูŽุฒูŽุฉู

Arab-Latin: Wailul likulli humazatil lumazah

Artinya: Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,

ยซ Al-'Ashr 3 โœต Al-Humazah 2 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Mengenai Surat Al-Humazah Ayat 1

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Humazah Ayat 1 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan berharga dari ayat ini. Didapatkan sekumpulan penafsiran dari para ahli ilmu berkaitan kandungan surat Al-Humazah ayat 1, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Keburukan dan kebinasaan bagi setiap orang yang mengghibahi orang dan mencela mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

1. Allah mengancam akan membinasakan orang yang menyakiti kaum muslimin dengan perkataan dan perbuatannya; yaitu dengan menghina dan melecehkan mereka.

Dan dikatakan bahwa yang dimaksud dengan (ู‡ู…ุฒุฉ) adalah orang yang menggunjing (ghibah), dan (ู„ู…ุฒุฉ) adalah orang yang menghina menggunakan isyarat mata dan alis.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

1. Celaka dan siksa yang pedih bagi orang yang banyak menggunjing manusia dan mencela mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1. ูˆูŽูŠู’ู„ูŒ ู„ู‘ููƒูู„ู‘ู ู‡ูู…ูŽุฒูŽุฉู ู„ู‘ูู…ูŽุฒูŽุฉู (kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela)

Yakni kehinaan atau adzab atau kecelakaan untuk al-humazah, yaitu mereka yang mencela seseorang di hadapannya. Dan untuk lumazah, yakni yang menggibah di belakangnya. Dikatakan buka bahwa al-humazah adalah yang menyakiti rekan-rekan duduknya dengan perkataan yang buruk. Dan al-lumazah adalah yang memicingkan matanya kepada rekan duduknya. Dan dia menunjuk-nunjuk dengan menggunakan tangannya, atau kepalanya, atau alisnya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

1. Kehancuran, kerendahan dan siksaan yang sangat berat bagi setiap pengumpat (para pengumpat) yaitu orang yang menyakiti dan menghina kehormatan dan kemuliaan orang, dan bagi pencela (para pencela) yaitu pembuka aib, yang mencemarkan aib orang banyak yang dirahasiakan dalam lisan, mata, tangan, kepala atau bagian tubuh lainnya untuk merendahkan mereka dan menaikkan derajatnya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kecelakaanlah} kehinaan dan kehancuran {bagi setiap pengumpat} orang yang mengumpat pada orang lain {lagi pencela} dan mencerca mereka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1. โ€œKecelakaanlah,โ€ yaitu ancaman, bencana, dan kerasnya siksa, โ€œbagi setiap pengumpat lagi pencela,โ€ yakni orang yang mengumpat sesama dengan perbuatannya dan mencela sesama dengan perkataannya. โ€˜Alhammaazuโ€™ adalah orang yang mencela dan memfitnah orang lain dengan isyarat dan tindakan, sedangkan โ€˜Allammaazuโ€™ adalah orang yang mencela sesama dengan perkataan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-9
โ€œAl-hammazโ€ dilakukan dengan ucapan dan โ€œal-lammazโ€dilakukan dengan perbuatan. yaitu mencela dan merendahkan orang lain. Penjelasan tentang hal itu telah disebutkan dalam firmanNya: (yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur hasutan (11)) (Surah Al-Qalam)
Ibnu Abbas berkata bahwa (humazah lumazah) adalah orang yang suka mencela dan membuka aib.
Ar-Rabi' bin Anas berkata bahwa โ€œal-humazahโ€ adalah orang yang mencela di depan, sedangkan โ€œal-lumazahโ€ adalah mencela dari belakang.
Qatadah berkata bahwa itu adalah mencela orang lain dengan lisan dan matanya, dan suka mengumpat serta menjatuhkan orang lain.
Mujahid berkata bahwa โ€œAl-humazahโ€ itu dilakukan tangan dan mata, sedangkan โ€œAl-lumazahโ€ itu dengan lisan. Demikian juga dikatakan Ibnu Zaid.
Mujahid berkata bahwa ayat ini umum.
Firman Allah: (yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya (2)) yaitu mengumpulkan sebagiannya atas sebagian lain dan menghitung jumlahnya, sebagaimana firmanNya: (Serta mengumpulkan (harta benda), lalu menyimpannya (18)) (Surah Al-Ma'arij) Pendapat itu dikatak Ibnu Jarir.
Firman Allah: (dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya (3)) yaitu, mengira bahwa dengan mengumpulkan harta, maka itu akan membuatnya kekal di dunia ini, (Sekali-kali tidak!) yaitu perkaranya tidak seperti yang dia kira dan duga. Kemudian Allah SWT berfirman: (Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Hutamah) yaitu, sungguh orang yang menghimpun dan menghitung-hitung harta akan dicampakkan ke dalam Hutamah. Itu adalah salah satu nama neraka, karena ia meremuk redamkan orang yang dimasukkan ke dalamnya. Oleh karena itu Allah berfirman: (Dan tahukah kamu apa Hutamah itu? (5) (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan (6) yang (membakar) sampai ke hati (7)) Tsabit Al-Bannani berkata bahwa itu membakar mereka sampai ke hati, sedangkan mereka dalam keadaan hidup.
Firman Allah: (Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka (8)) yaitu ditutup rapat, sebagaimana yang dijelaskan dalam tafsir surah Al-Balad.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ((sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang (9)) yaitu pintu-pintu yang merupakan tiangโ€“tiang panjang
Abu Shalih berkata tentang firmanNya: ((sedangkan mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang (9)) yaitu belenggu-belenggu yang memanjang.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ ูˆูŽูŠู’ู„ูŒ } Kecelakaanlah { ู„ููƒูู„ู‘ู ู‡ูู…ูŽุฒูŽุฉู ู„ูู…ูŽุฒูŽุฉู } bagi setiap pengumpat dan pencela, dua sifat ini sangat buruk pada hakikatnya, berasal dari kata "ุงู„ู‡ู…ุฒ" yaitu mengumpat, sifat yang ini didiketahui dengan perbuatan, dan "ุงู„ู„ู…ุฒ" mencela, yitu dengan perkataan, Allah - ุนุฒ ูˆุฌู„ - berfirman : { ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู„ู’ู…ูุฒููƒูŽ ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุงุชู ููŽุฅูู†ู’ ุฃูุนู’ุทููˆุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฑูŽุถููˆุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูุนู’ุทูŽูˆู’ุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ู‡ูู…ู’ ูŠูŽุณู’ุฎูŽุทููˆู†ูŽ } ( Dan di antara mereka ada orang yang mencelamu tentang (distribusi) zakat; jika mereka diberi sebahagian dari padanya, mereka bersenang hati, dan jika mereka tidak diberi sebahagian dari padanya, dengan serta merta mereka menjadi marah. ) [ At-Taubah : 58 ] , mereka mencela Rasulullah ๏ทบ perihal zakat, mereka tidak mementingkat hal lain selain diri mereka sendiri, maka seharusnya setiap muslim menjauh dari dua sifat keji ini.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ูˆูŽูŠู’ู„ูŒ ู„ููƒูู„ู‘ู ู‡ูู…ูŽุฒูŽุฉู ู„ูู…ูŽุฒูŽุฉู " Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela," Pada surat ini, Allah Subhaanahu wa Ta'ala memulai dengan kata ูˆูŽูŠู’ู„ูŒ [Wail] ini adalah kata untuk mengancam. Maknanya: Bahwa kata tersebut menunjukkan adanya ancaman bagi orang-orang yang memiliki sifat-sifat ini: ู‡ูู…ูŽุฒูŽุฉู ู„ูู…ูŽุฒูŽุฉู " pengumpat lagi pencela," hingga akhir yang disebutkan. Dikatakan juga bahwa ูˆูŽูŠู’ู„ูŒ [Wail] adalah salah satu nama lembah di neraka jahannam. Tetapi penafsiran yang pertama yang lebih tipat ู„ููƒูู„ู‘ู ู‡ูู…ูŽุฒูŽุฉู ู„ูู…ูŽุฒูŽุฉู " setiap pengumpat lagi pencela," Kata ูƒูู„ [Kull: setiap] adalah di antara bentuk kata yang menunjukkan umum, al-humazah dan al-Lumazah adalah dua sifat untuk satu orang yang disifati, apakah kedua kata tersebut bermakna satu? Ataukah berbeda makna?

Sebagian ulama mengatakan: Keduanya adalah lafaz yang memiliki satu makna, yakni humazah adalah lumazah.

Ulama lainnya mengatakan: Setiap kata memiliki makna tersendiri.

Di sini kaedah yang ingin saya utarakan dalam tafsir dan di luar pembahasan tafsir, yaitu: Bahwa apabila dalam sebuah konteks, ada dua kata yang bisa jadi keduanya satu makna atau setiap kata memiliki makna yang berbeda, maka kita menerapkan bahwa masing masing memiliki makna, karena jika kita menjadikan keduanya hanya bermakna dengan satu makna, maka konsekuansinya adalah tidak ada gunanya ada pengulangan kata (yang bermakna sama), tetapi jika kita terapkan setiap kata memiliki makna maka ini menjadi landasan dan pembeda antara dua kata tersebut, dan yang benar dalam ayat ini ู„ููƒูู„ู‘ู ู‡ูู…ูŽุฒูŽุฉู ู„ูู…ูŽุฒูŽุฉู "setiap pengumpat lagi pencela," adalah kedua kata tersebut memiliki perbedaan makna: Al-Hamz: (celaan) dengan perbuatan. Al-Lamz (celaan) dengan lisan, sebagaimana Allah ta'ala berfirman: ูˆูŽู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู„ู’ู…ูุฒููƒูŽ ูููŠ ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุงุชู ููŽุฅูู†ู’ ุฃูุนู’ุทููˆุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฑูŽุถููˆุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูุนู’ุทูŽูˆู’ุง ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฅูุฐูŽุง ู‡ูู…ู’ ูŠูŽุณู’ุฎูŽุทููˆู†ูŽ " Dan di antara mereka ada orang yang mencelamu tentang (pembagian) zakat; jika mereka diberi sebahagian daripadanya, mereka bersenang hati, dan jika mereka tidak diberi sebahagian daripadanya, dengan serta merta mereka menjadi marah. "(QS. At-Taubah: 58)

Sedangkan al-Hamz dengan perbuatan, yakni: Mencela dengan gerakan, bisa dengan memalingkan wajah, atau menampakkan wajah murka, atau dengan menunjuk orang lain, sambil mengatakan: lihatlah dia dalam rangka menghinanya, atau yang semisal. Al-Hamz adalah celaan dengan gerakan (perbuatan) sedangkan al-lamz celaan dengan lidah.

Sebagian orang -wal'iyaadzu billaah- gemar menghina orang, bisa dengan perbuatannya, sehingga disebut hammaz atau dengan ucapannya ini disebut lammaz, ini seperti firman Allah Ta'ala: ูˆูŽู„ูŽุง ุชูุทูุนู’ ูƒูู„ู‘ูŽ ุญูŽู„ู‘ูŽุงูู ู…ูŽู‡ููŠู†ู (10) ู‡ูŽู…ู‘ูŽุงุฒู ู…ูŽุดู‘ูŽุงุกู ุจูู†ูŽู…ููŠู…ู "Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah,"(QS. Al-Qolam: 10-11)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Humazah ayat 1: Allah memulai surat ini dengan teguran akan adzab yang keras, kecelakaan, penghinaan, dan kebinasaan bagi pencemooh manusia dan tukang ghibah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kata โ€˜wailโ€™ merupakan kata siksaan, ancaman dan kerasnya azab, atau sebuah lembah di neraka Jahannam.

Menurut penyusun tafsir Al Jalaalain, ayat ini turun berkenaan dengan orang-orang yang sering menggunjing Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan kaum mukmin, seperti Umayyah bin Khalaf, Walid bin Mughirah dan lain-lain, wallahu aโ€™lam.

Humazah artinya yang mencela manusia dengan isyarat dan perbuatannya, sedangkan lumazah adalah yang mencela dengan ucapannya. Di antara sifat para pengumpat (penggunjing) lagi pencela adalah seperti yang disebutkan dalam ayat selanjutnya, yaitu tidak ada maksud selain mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, tidak suka berinfak di jalur-jalur kebaikan, menyambung tali silaturrahim, dan sebagainya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Humazah Ayat 1

Celakalah bagi setiap pengumpat atau pencaci, baik dengan ucapan atau isyarat, dan demikian pula pencela dengan menampilkan keburukan orang lain untuk menghinakannya. Perbuatan ini berdampak buruk dalam pergaulan karena mencoreng wibawa dan kehormatan seseorang, serta menghilangkan kepercayaan kepada orang tersebut. 2. Celakalah orang yang sifatnya demikian, yang selalu menyibukkan diri dan berorientasi pada mengumpulkan harta benda dan menghitung-hitungnya. Dia merasa nyaman untuk menumpuk dan menghitung harta untuk menjamin kehidupannya di masa datang, dan enggan me-nunai'kan hak Allah dalam hartanya itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penafsiran dari kalangan mufassir terkait makna dan arti surat Al-Humazah ayat 1 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita. Sokong syi'ar kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dilihat

Terdapat ratusan materi yang cukup sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Ma’un, Al-Fath, Al-Insyirah, Al-‘Alaq, Al-Bayyinah, Al-Baqarah 183. Serta At-Tin, Yusuf 4, Al-Fil, Inna Lillahi, Ali ‘Imran 159, Alhamdulillah.

  1. Al-Ma’un
  2. Al-Fath
  3. Al-Insyirah
  4. Al-‘Alaq
  5. Al-Bayyinah
  6. Al-Baqarah 183
  7. At-Tin
  8. Yusuf 4
  9. Al-Fil
  10. Inna Lillahi
  11. Ali ‘Imran 159
  12. Alhamdulillah

Pencarian: surat yusuf ayat 2, surah al quraisy dan artinya, surat ali imran ayat 26 27, surat yasin ayat 52, surat 18

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: